Sejarah Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara

Dibentuk bersamaan dengan Kantor Regional XI BKN di Manado dan Kantor Regional XII di Pekanbaru, Kantor Regional X BKN mulai dibangun di sebuah kantor kecil di Jl. Letda Tantular No. 01, Renon, Denpasar pada 2006 lalu. Meski demikian, Kantor Regional X BKN terus berupaya maksimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Kantor Regional X BKN Denpasar dibentuk berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Ne-gara Nomor 14 Tahun 2006 tanggal 29 Maret 2006 tentang Pembentukan Kantor Regional X, XI, dan XII Badan Kepegawaian Negara. Perka BKN ini diterbitkan sebagai tindak lanjut surat persetujuan MENPAN No. B/761/M.PAN/3/2006 tanggal 23 Maret 2006 tentang persetujuan pembentukan Kantor Regional X, XI dan XII Badan Kepegawaian Negara. Pembentukan ketiga Kantor Regional ini dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan administrasi dan pengawasan dan pengendalian bidang kepegawaian di daerah secara efektif dan efisien. Drs. Djudjun Djuarma yang saat itu menjabat sebagai Direktur Perencanaan dan Program BKN diberi kepercayaan untuk menjadi orang nomor satu di Kantor Regional X BKN sesuai Keputusan Kepala BKN No. 106/KEP/2006 tanggal 31 Oktober 2006. Pelantikan Kepala Kantor Regional X BKN dilaksanakan tanggal 23 November 2006 oleh Gubernur Bali, Dewa Made Beratha bertempat di Kantor Gubernur Propinsi Bali.

Kedudukan Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Regional BKN adalah :

Kedudukan

  1. Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara yang selanjutnya disebut Kanreg BKN adalah Instansi BKN di daerah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala BKN
  1. Kanreg BKN dipimpin oleh seorang Kepala.

Tugas

Kantor Regional BKN mempunyai tugas menyelenggarakan sebagian tugas pokok dan fungsi BKN di bidang administrasi dan manajemen kepegawaian negara di wilayah kerjanya yang kewenangannya masih melekat pada pemerintah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Fungsi

  1. Koordinasi, bimbingan, pemberian petunjuk teknis, dan pengendalian terhadap pelaksan-aan peraturan perundang-undangan di bidang kepegawaian.
  1. Pemberian pertimbangan dan atau penetapan mutasi kepegawaian bagi Pegawai Negeri SipilPusat dan Daerah di wilayah kerjanya sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  1. Penetapan pensiun Pegawai Negeri Sipil Pusat dan penetapan status Kepegawaian di wilayah kerjanya.
  1. Pemberian pertimbangan pensiun Pegawai Negeri Sipil daerah dan penetapan status Kepegawaian di wilayah kerjanya.
  1. Penyelenggaraan dan pemeliharaan jaringan informasi data kepegawaian Pegawai Negeri Sipil Pusat dan Daerah di wilayah kerjanya.
  1. Penetapan pemindahan Pegawai Negeri Sipil antar Daerah Propinsi atau antar daerah Propinsi atau antara Daerah Kabupaten/Kota dan DaerahKabupaten/Kota lain Propinsi.
  1. Tugas-tugas lain yang ditetapkan oleh KepalaBKN

“Laskar 19”

Nama tersebut muncul karena pada awal terbentuknya, pegawai Kantor Regional X BKN hanya berjumlah 19 orang yang terdiri dari satu orang Pejabat Eselon II, empat orang Pejabat Eselon III dan lima pejabat eselon IV dan sembilan orang fungsional umum (staff/pelaksana). Sementara itu, Kepala Bidang Bimtek dan 13 Pejabat Eselon IV masih kosong.Untuk menjalankan rodaorganisasi maka pada tanggal 12 Januari 2007 diadakan pelantikan seluruh Pejabat Eselon III dan Eselon IV oleh Kepala Kantor Regional X BKN.

Berkantor di salah satu gedung kantor dua lantai yang beralamat di Renon Denpasar pinjaman dari Pemerintah Propinsi Bali , “Laskar 19” menjalankan tugas pokok dan fungsi Kantor Regional X BKN dengansarana dan prasana yang sangat terbatas.

Di bawah kepemimpinan Drs. Djudjun Djuarma, para pegawai Kantor Regional X BKN memberikan pelayanan di bidang administrasi dan kepegawaian di Propinsi Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Dengan beban kerja sekitar 300.000 PNS, pelaksanaan tupoksi tidak terbatas pada bidang masing-masing. Setiap kegiatan dikerjakan secara bersama-sama dan  saling membantu hingga pekerjaan selesai, tanpa memandang dari bidang atau bagian apa.

“Gedung Baru, Semangat Baru”

Pada tahun 2007 Kantor Regional X BKN ikut mendukung pelaksanaan rekrutmen CPNS untuk pertama kalinya. Pada tahun yang sama dilaksanakan pula pengadaan sarana dan prasarana termasuk pembelian tanah yang akan dijadikan lokasi gedung baru.

Akhirnya pada tahun 2008 mulai dilaksanakan pembangunan gedung Kantor Regional X BKN Tahap I yang terletak di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai no.646 Denpasar Selatan, Bali. Selain gedung, juga dilaksanakan pembangunan guest house dan rumah jabatan eselon II. Pembangunan Tahap II gedung di atas tanah seluas 2.500 m2 ini dilanjutkan pada tahun 2009. Pertengahan tahun berikutnya, tepatnya tanggal 30 Juni 2010, gedung Kantor Regional X BKN diresmikan oleh Kepala BKN dan Gubernur Provinsi Bali.

TUJUAN DAN SASARAN STRATEGIS

TUJUAN

  1. Terwujudnya penyelenggaraan pengadaan, kepangkatan / mutasi, pensiun, status dan kedudukan kepegawaian yang mampu memacu peningkatan kinerja dan kesejahteraan PNS.
  1. Terwujudnya sistem informasi kepegawaian yang mampu menyajikan data dan informasi kepegawaian yang lengkap, akurat dan terkini.
  1. Terwujudnya pelaksanaan manajemen kepega-waian sesuai dengan peraturan perundang-un-dangan kepegawian yang berlaku.
  1. Terwujudnya kapasitas Kantor Regional X BKN yang ideal sesuai kebutuhan organisasi dalam mengemban tugas dan fungsinya.

SASARAN STRATEGIS

  1. Terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan di bidang pengadaan, kepangkatan dan mu-tasi lainnya, pelayanan pensiun PNS, serta pen-etapan pertimbangan status dan kedudukan kepegawaian.
  1. Terbangunnya sistem informasi kepegawian yang terpadu.
  1. Terbangunnya database kepegawaian yang leng-kap, akurat dan terkini.
  1. Meningkatnya efektifitas pelaksanaan penga-wasan dan pengendalian kepegawaian.
  1. Miningkatnya efektifitas koordinasi perenca-naan program dan kegiatan, sumberdaya, serta pengelolaan administrasi di lingkungan Kantor Regional X BKN.
  1. Terlaksananya pembangunan, pengadaan dan peningkatan sarana dan prasarana di Kantor Re-gional X BKN

VISI

Pegawai Negeri Sipil yang Profesional dan Sejahtera di Wilayah Kerja Kantor Regional X BKN Denpasar

MISI

  1. Menyelenggarakan pelayanan prima bidang kepegawaian di wilayah kerja Kantor Regional X BKN.
  1. Mengembangkan sistem informasi manajemen kepegawaian
  1. Menyelenggarakan pengawasan dan pengen-dalian kepegawaian di wilayah kerja Kantor Regional X BKN
  1. Menyelenggarakan manajemen internal Kantor Regional X BKN.

Selanjutnya Kantor Regional X BKN fokus pada penyelesaian Pembangunan Gedung Tata Naskah yang terletak di belakang gedung utama. Ini merupakan salah satu cita-cita Drs.Djudjun Djuarma yang belum sempat terwujud, dikarenakan memasuki masa purna tugas pada awal 2012.Gedung Tata Naskah akhirnya selesai dibangun dan diresmikan oleh Kepala BKN Eko Sutrisno pada 13 November 2014.

Tidak hanya sarana-prasarana fisik, Kantor Regional X BKN juga terus berupaya untuk memperhatikan pegawai sebagai asset berharga. Peningkatan kuantitas SDM dilakukan sesuai dengan kebutuhan pegawai, sementara peningkatan kualitas melalui pelaksanaan diklat, baik diklat prajabatan maupun dalam jabatan. Hingga kini, pegawai Kantor Regional X BKN berjumlah 75 (enam puluh) orang. Memang masih belum memadai bila dibandingkan dengan jumlah beban kerja yang ada. Namun lagi-lagi kebersamaan dan keikhlasan men-jadi kunci dari pelaksanaan pekerjaan.