Monthly Archives July 2016

28 Pejabat di Lingkungan Pemprov.Bali Ikuti Pemetaan Jabatan Gel.II melalui Assessment Center

Denpasar. Assessment Center Kanreg X BKN kembali digunakan untuk kedua kalinya oleh Pemerintah Provinsi Bali dalam Pemetaan jabatan bagi Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali pada Selasa (26/07) hingga Jumat (29/07). Tes Kompetensi yang diikuti 28 Pejabat Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita ,M.Si yang didampingi Eka Wiyata SE,  M.Si  selaku Perwakilan dari BKD Provinsi Bali.

AC1Drs. Made Ardita ,M.Si saat memberikan sambutan

Dalam pengarahannya, Drs. Made Ardita ,M.Si menyampaikan rasa terima kasihnya atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini dengan pihak BKD Provinsi Bali dalam rangka pembinaan ASN. Selain itu, diungkapkan pula bahwa sesuai dengan UU No.5 Tahun 2014 tentang ASN, seorang PNS yang menduduki suatu jabatan haruslah sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Karena itu, menjadi salah satu langkah maju saat Pemprov.Bali melakukan penilaian kompetensi dengan menggunakan Assessment Center. ”Maksud dan tujuan dilaksanakannya uji kompetensi ini juga untuk mengetahui sejauh mana kompetensi yang dimiliki masing-masing ASN, sehingga nantinya dapat menjadi dasar dalam melakukan mutasi, rotasi dan promosi. Ini suatu hal yang rasional karena tidak ada lagi berkaitan dengan KKN, jadi saya kira Pemrov. Bali cukup maju dalam pembinaan ASN di lingkungan Provinsi Bali” ” ungkapnya. Made Ardita juga mengatakan, uji kompetensi ini pun dapat menjadi dasar oleh pengelola dan pembina kepegawaian dalam melakukan langkah-langkah berikutnya, khususnya dalam hal peningkatan kualitas ASN sehingga dapat lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya.

Sementara itu, dalam sambutan Kepala BKD Provinsi Bali yang disampaikan Eka Wiyata selaku salah satu perwakilan BKD Provinsi Bali mengatakan bahwa tujuan penilaian kompetensi ini untuk memetakan atau membuat proyeksi kompetensi pejabat administrator di lingkungan Pemprov.Bali pada Jabatan Struktural serta sebagai dasar pertimbangan bagi pejabat pembina kepegawaian dalam menyusun pengembangan karier pejabat administrator di Provinsi Bali. Sehingga ke depan diharapkan ASN di lingkungan Pemprov.Bali dapat menjalankan tugas secara profesional dan pelayanan publik dapat meningkat.  “Memperoleh aparatur yang dapat menjalankan kerja sesuai fungsi dan tugasnya menjadi satu hal yang sangat penting, maka Penempatan PNS  seyogyanya sesuai prinsip the right man in the right place melalui sebuah penilaian kompetensi yang obyektif. Dengan demikian untuk mewujudkan aparatur yang kompeten dan profesional dapat diwujudkan dan berpengaruh pada meningkatnya kualitas pelayanan publik” tegasnya.

Sebelumnya, Pemprov.Bali sudah mengadakan penilaian uji kompetensi untuk 30 pejabat administrator di lingkungan Pemprov.Bali pada Bulan Mei 2016 lalu. Untuk tahap kedua dilakukan 26 hingga 29 Juli 2016 yang diikuti 28 pejabat administrator di lingkungan Pemprov.Bali. Sama seperti uji kompetensi sebelumnya, peserta harus mengikuti tes psikometri dan Proposal Writing, dimana seluruh peserta diminta untuk menganalisa sebuah permasalahan kemudian menuliskan dalam selembar kertas terkait rencana strategi yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Selanjutnya Tes DISC (Dominance Influence Steadiness dan Compliance),  papikostik , wartegg dan terakhir grafis. 

AC2Leaderless Group Discussion (LGD) menjadi salah satu penilaian dalam uji kompetensi bagi Pejabat Administrator di lingkungan Pemprov. Bali

Usai mengikuti ujian tertulis, seluruh peserta diminta untuk berdiskusi terkait permasalahan yang telah diberikan Assessor untuk didiskusikan dalam  Leaderless Group Discussion (LGD) dalam ruang tertutup di Ruang Assessment Center. Berlanjut di hari kedua, dilakukan tes wawancara dengan tim assessor. Dalam satu wawancara, satu peserta harus melakukan wawancara dengan dua orang assessor yang telah ditunjuk sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.  (IRN)

Read more

Tingkatkan Pelayanan, Kanreg X BKN Berhasil Raih ISO 9001:2015

iso3

Denpasar. Setelah diadakan penilaian sertifikasi ISO dari PT. Asrinternasional Indonesia pada awal Juni 2016 lalu, akhirnya Kanreg X BKN berhasil meraih sertifikat ISO 9001 : 2015 pada Pelayanan Kepegawaian Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian, Bidang Pengangkatan dan Pensiun, Bidang Informasi Kepegawaian, Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, Bagian Tata usaha serta Pemanfaatan Computer Assisted Test dan Assessment Center. Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita M.Si pada Rabu (20/07) bersamaan dengan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kinerja Semester I Tahun 2016.

iso4Kabag.TU Istiyarno S.IP menyerahkan sertifikat ISO 9001:2015 kepada Kakanreg X BKN didampingi Kepala Bidang di lingkungan Kanreg X BKN

Penilaian dalam Sertifikat ISO 9001:2015 ini berdasarkan hasil audit yang dilakukan oleh pihak PT. Amerika System Registrasi Internasional Indonesia Certification pada awal Juni 2016 lalu terkait pelayanan kepegawaian di lingkungan Kanreg X BKN. Tak hanya kelengkapan dokumen, penilaian ini juga meliputi Standar Operational Procedur serta fasilitas layanan kepegawaian. Tim auditor juga melakukan wawancara dengan Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita M.Si serta seluruh Kepala Bidang dan kepala Bagian di lingkungan Kanreg X BKN.

Ditemui di ruang kerjanya, Drs. Made Ardita M.Si mengatakan pihaknya bangga dengan bertambahnya satu prestasi yan berhasil diraih oleh Kanreg X BKN. Menurutnya hal tersebut tidak lepas dari dukungan semua pihak. “Penghargaan ini berhasil diraih karena kerjasama dan solidaritas seluruh tim. ISO inipun dapat menjadi nilai tambah, namun demikian tetap harus ditindaklanjuti dengan pengembangan manajemen. Karena melalui ISO ini kita dapat mengetahui risk manajemen di masing-masing unit kerja, sehingga dapat mengambil langkah untuk mengatasinya.“ ungkapnya.

Tak lupa, Made Ardita juga berpesan agar tak berpuas diri dengan diraihnya ISO 9001:2015 ini. Seluruh pegawai Kanreg X BKN harus menindaklanjutinya dengan to develop, to increase dan to improve. Dengan demikian  diharapkan pelayanan kepegawaian  serta pengembangan manajemen di Kanreg X BKN dapat terus meningkat. (IRN/YDN)

Read more

Evaluasi Kinerja, Kanreg X BKN Serahkan Penghargaan Bagi Pegawai Berprestasi

Denpasar. Setelah melalui proses yang cukup panjang, Kanreg X BKN akhirnya menetapkan I Nyoman Dedi Rupawan, SE sebagai Pegawai berprestasi pada semester I tahun 2016. Penghargaan diserahkan pada Rabu (20/07) di Aula Gedung Tata Naskah Lantai 3 Kanreg X BKN. Penyerahan penghargaan ini dilakukan bersamaan dengan pemaparan tugas dan inovasi dari masing-masing bidang yang dikemas dalam acara Monitoring dan Evaluasi Kerja Kinerja Semester I Tahun 2016.

dedi2Kakanreg X BKN (kiri) menyerahkan Penghargaan Pegawai Berprestasi kepada I Nyoman Dedi Rupawan, SE (kanan)

Dalam acara ini, Kakanreg X BKN Drs. Made Ardita M.Si mengatakan penilaian prestasi kinerja yang diperoleh berdasar PP no.46 Tahun 2011 tentang penilaian pretasi kerja. “Dari beberapa yang sudah dinilai merupakan filter awal menentukan penilaian atau prestasi. Tepat atau tidaknya seorang PNS mendapat penghargaan. Selain itu, penilaian juga meliputi perilaku dan tingkah laku di lingkungan Kanreg X BKN” tegasnya.

Disampaikan lebih lanjut, dari beberapa nominasi yang telah dipilih dan berdasarkan rapat dalam Baperjakat, maka ditetapkan I Nyoman Dedi Rupawan, SE sebagai Pegawai Berprestasi pada semester pertama Tahun 2016. Diharapkan, dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi seluruh pegawai untuk selalu meningkatkan prestasinya.

dedi1Drs. Made Ardita M.Si (memegang mic) memberikan ucapan selamat kepada Pegawai Berprestasi semester I Tahun 2016, I Nyoman Dedi Rupawan (paling kanan)

Dalam kesempatan ini pula, masing-masing bidang memaparkan tugas dan inovasi di hadapan Kepala Kantor Regional X BKN serta seluruh pegawai. Dimulai dari Bagian Tata Usaha yang lebih banyak memaparkan penggunaan anggaran di semester I Tahun 2016. Dilanjutkan dari Bidang INKA yang memaparkan pengelolaan Tata Naskah Kepegawaian. Sementara Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian memaparkan mengenai berkas kepegawaian yang telah diproses. Bidang Pengangkatan dan Pensiun memaparkan berkas pensiun yang telah diproses pada Januari hingga Juni 2016. Dan terakhir Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian yang memaparkan jumlah surat masuk tentang permintaan fasilitasidan konsultasi terkait berbagai permasalahan kepegawaian yang sudah ditangani. (IRN/YDN)

herip1Kepala Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian (paling kanan) saat memaparkan evaluasi kinerja dan inovasi di unit kerjanya
Read more

Pererat silahturahmi, Kanreg X BKN gelar Halal Bi Halal

Denpasar. “Moment Lebaran memiliki makna krusial dan significant. Idul Fitri juga  merupakan moment integritas dan solid bagi masyarakat. Dengan mudik misalnya. Mereka ingin menemukan kembali masa lalunya di tempat asalnya, bersilahturahmi, berkumpul dengan keluarga, menjalin kembali tali persaudaraan yang dipisahkan jarak”. Hal tersebut diungkapkan Drs. Made Ardita M.Si saat memberikan sambutan Halal Bi Halal di lingkungan Kanreg X BKN yang bersamaan dengan pelepasan kedinasan pegawai Kanreg X BKN.

halal1Kakanreg X BKN saat memberikan sambutan

Lebih lanjut dikatakan, Silahturahim dan halal bi halal adalah tradisi untuk saling memaafkan antara anak dan orang tua, istri dan suami, teman, tetangga, atasan dan bawahan, sehingga terjadi hubungan harmonis. Alangkah indahnya, jika tercipta hubungan harmonis, mengesampingkan kepentingan pribadi shg muncul solidaritas. Diharapkan, moment Idul Fitri ini dapat menjadikan kita pribadi yang fitri suci lahir batin, ajang ini merupakan suatu kegiatan untuk selalu memaafkan satu sama lain.

adri1Kepala Bidang INKA (kiri) memberikan cinderamata kepada Adrie S.Sos, SH, MH (kanan)

Bersamaan dengan halal bi halal ini , dilakukan pula pelepasan dinas dua pegawai Kanreg X BKN, yakni Adrie S.Sos, SH, MH yang akan pindah tugas ke Kopertis sebagai tenaga pengajar dan B.Maptuhah Rahmi S.Sos, M.Si yang akan menduduki jabatan sebagai Kepala Unit Penyelenggara Seleksi  Calon Dan Penilaian Kompetensi di Kota Mataram. Kesan pesan pun disampaikan sejumlah pegawai terkait perjalanan karir bersama kedua pegawai tersebut. Dalam kesempatan ini pun dilakukan penyerahan cinderamata kepada kedua pegawai sebagai kenang-kenangan.

Diakhir acara, satu persatu pegawai bersalam-salaman untuk mengucapkan selamat hari raya idul fitri sekaligus saling bermaaf-maafan.(IRN/YDN)

halal2Seluruh pegawai Kanreg X BKN bersalam-salaman saling mengucap maaf
Read more