Monthly Archives April 2017

Never Stop Learning,  Never Stop Teaching

Denpasar.  Menutup Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian Keterampilan dan Keahlian Tahun 2017,  Kepala Kantor Regional X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi berpesan kepada seluruh peserta untuk selalu belajar meski diklat sudah selesai dilaksanakan dan membagikan ilmu dengan memberi pengajaran kepada pns lainnya. “Dalam kehidupan tidak ada istilah berhenti belajar, never stop learning, karena kita selalu hidup bersosialisasi dengan masyarakat, karier dan keluarga. Belajarlah untuk menyelesaikan permasalahan kepegawaian. Selain itu juga jangan berhenti mengajar, never stop teaching dalam lingkungan keluarga dan instansi,“ ungkapnya.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Regional X BKN berpesan untuk Never Stop Learning,  Never Stop Teaching

Pihaknya berharap seluruh peserta nantinya dapat diangkat menjadi analis kepegawaian, menjadi pengelola kepegawaian yang handal serta menjadi narasumber terkait permasalahan kepegawaian di instansi daerah masing-masing.

Dalam penutupan diklat dilakukan pula pelepasan tanda peserta diklat serta penyerahan sertifikat penghargaan  kepada tiga (3) terbaik dari masing-masing kelas. Di Kelas Ahli I juara pertama diraih I P G Oktariana , juara kedua I Gusti Agung Yuni Savitri, dan juara ketiga Anak Agung Hintan W. Di Kelas Ahli II, juara pertama diraih Made Nina Saptarini, juara kedua Putu Kartika Udayani, dan ketiga Wihelmus Wibisono Kenon. Sementara di Kelas Terampil, juara pertama diraih Andi Ashari, juara kedua Agus Karyawanto dan ketiga I Gede Januana Tegmini.

Anak Agung Hintan W (batik biru) menerima sertifikat penghargaan sebagai peserta terbaik juara ketiga untuk kelas Ahli I

Diklat Analis Kepegawaian Tingkat Keterampilan dan Keahlian yang dimulai sejak 17 April 2017 lalu,  ditutup oleh Kakanreg X BKN bertempat di Aula Bimasena Kanreg X BKN.  Kegiatan diikuti 120 peserta yang terbagi dalam 3 kelas,  2 kelas merupakan Tingkat Keahlian dan 1 kelas Tingkat Keterampilan. Selain keaktifan di kelas,  kelulusan juga ditentukan dari attitude peserta,  tugas, serta nilai ujian akhir yang menggunakan sistem CAT. Selain untuk mengembangkan karier, kegiatan ini dapat menjadi media untuk menjalin keaktraban antar PNS melalui beberapa kegiatan diantaranya senam serta dinamika kelompok. (IRN)

 

Read more

Pesan Kartini Sebagai Pengingat Bagi Perempuan Masa Kini

Denpasar. Kartini dengan keterbatasan di masanya, berusaha membuka pikiran yang selama ini mengekang kaum perempuan untuk maju. Semasa hidupnya Kartini telah menulis banyak surat. Salah satu Pesan Kartini sebagai pengingat bagi perempuan masa kini  diantaranya “Perubahan akan datang di bumiputera. Jika tidak karena kami, pasti dari orang lain. Emansipasi telah berkibar di udara, sudah ditakdirkan”. Pesan ini tidak hanya ditujukan bagi wanita, namun mengajak kita semua untuk jangan pernah menyerah atau bahkan mengalah dengan keadaan. Jangan pernah putus asa dalam melakukan suatu inovasi baru agar dapat menghasilkan perubahan yang lebih baik. Hal tersebut diungkapkan Kepala BKN Bima Haria Wibisana melalui sambutannya yang disampaikan Drs. Abdul Salam Gassing, MH dalam upacara bendera memperingati Hari Kartini pada Senin pagi (21/04) di Halaman depan Kanreg X BKN.

Drs. Abdul Salam Gassing, MH saat menyampaikan sambutan Kepala BKN

Dalam kesempatan ini, Kepala BKN juga menyampaikan Rencana kegiatan Rakornas Kepegawaian  2017 yang akan digelar 10 Mei 2017 dengan tema “Transformasi Digital dalam Manajemen ASN” serta penyelenggaraan Uji Kompetensi Dasar (UKD) oleh Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) dan dilanjutkan dengan 7 (tujuh) sekolah ikatan dinas lainnya. Terobosan terbaru para peserta dapat mengakses informasi terkait pelaksanaan seleksi menggunakan CAT BKN melalui aplikasi “Official CAT BKN” yang dapat diunduh melalui google playstore. Para peserta bisa mengetahui jadwal ujian, lokasi bahkan hasil nilai ujian yang telah dilaksanakan. Ditegaskan, hal tersebut perlu disampaikan seluas-luasnya kepada masyarakat agar kepercayaan terhadap sistem seleksi penerimaan dengan menggunakan CAT BKN yang transparan dan akuntabel semakin meningkat.

Selain itu pihaknya juga mengapresiasi terhadap 2 (dua) penghargaan yang diterima BKN pada triwulan pertama, yaitu penghargaan atas kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2016 terbaik kelima untuk K/L dengan pagu kecil; dan penghargaan Public Relations Indonesia Award dalam kategori Media Relations sub kategori Lembaga Pemerintah Non Kementerian. (IRN)

Salah satu petugas upacara (tengah) membacakan Pembukaan UUD 1945
Read more

Ciptakan ASN Profesional, BKN Gelar Diklat Analis Kepegawaian di Bali

Denpasar. Kanreg X BKN bekerjasama dengan Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian BKN dan Pusat Pengembangan ASN BKN mengadakan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Analis Kepegawaian Keahlian dan Ketrampilan Tahun 2017. Kegiatan yang dibuka oleh Sesma BKN Usman Gumanti SH, M.Si ini dihadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan ASN BKN Ahmad Jalis, M.A,  Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si serta Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Kepegawaian BKN Dr. Ir. Aswin Eka Adhi,  M.Si.

Sekretaris Utama BKN saat memberikan pengarahan

Sebelum membuka, Usman Gumanti mengungkapkan bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) merupakan pilar pemerintah dalam menjalankan pembangunan. “ASN tak hanya menjadi perencana,  tetapi juga pelaksana program pemerintah. Karena itu diperlukan ASN Profesional yang berkualitas, sehingga nantinya mampu melaksanakan tugasnya , memiliki etos kerja serta memprioritaskan kepentingan organisasi.” Usman Gumanti berharap melalui diklat ini para peserta dapat meningkatkan pengetahuan,  keahlian dan ketrampilan untuk dapat melaksanakan teknis manajemen kepegawaian serta dapat menguasai peraturan kepegawaian sebagai calon Analis Kepegawaian.

Usai membuka acara, Sesma BKN juga melakukan pengalungan tanda peserta kepada 3 orang perwakilan dari Prov.  Bali,  Nusa Tenggara Barat,  dan Nusa Tenggara Timur. Peserta merupakan Pejabat Fungsional Analis Kepegawaian Keahlian dan Ketrampilan dari Kanreg X BKN serta instansi pemerintah daerah provinsi/kabupaten/ kota di wilayah kerja Kanreg X BKN.

Diklat Analis Kepegawaian Keahlian dan Ketrampilan yang akan berlangsung hingga 29 April 2017 ini seluruh peserta akan diberikan materi antara lain disiplin PNS,  gaji, tunjangan dan kesejahteraan,  karya tulis ilmiah,  mutasi kepegawaian serta pemberhentian PNS. (IRN)

*foto dapat dilihat di https://www.facebook.com/pg/Kanreg10BKN/photos/?tab=album&album_id=1235748859826959

 

Read more

Kanreg X BKN Turut Berdukacita

Kanreg X BKN turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya Ibunda Bapak Kepala BKN Bima Haria Wibisana, RA.Sumarti Wik Djatmika binti RM. Suwarko Tjakrawerdaja pada hari Senin, 3 April 2017 pukul 14.30 WIIB. Jenasah disemayamkan di rumah duka Jl. Dwijaya Raya No.15, Radio Dalam, Jakarta Selatan dan rencananya akan dikebumikan di pemakaman keluarga Karang Suci Cilacap. Semoga amal ibadah beliau diterima dan diampuni segala dosanya. Amin.

 

Read more

Kanreg X BKN Berlakukan Libur Fakultatif Jelang Hari Raya Galungan

Terkait dengan pelaksanaan Hari Raya Galungan dan Kuningan, Kanreg X BKN akan memberlakukan libur fakultatif pada tanggal 4 dan 6 April 2017 serta pada tanggal 5 April 2017 seluruh pegawai libur. Untuk lebih lanjutnya dapat dibaca dalam Nota Dinas No.3/PEG/ND/III/2017 berikut ini.

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2017/04/3.-Libur-Galungan.pdf”]

Read more