Monthly Archives January 2019

Memasuki BUP, Frederik Hendrik Tetap Akan Semangat Berolahraga

Denpasar. Frederik Hendrik, salah satu pegawai yang kerap dipanggil “Babe” di lingkungan Kanreg X BKN akan memasuki BUP pada 1 Februari 2019. Banyak kenangan dan peristiwa yang sudah dilewatkan bersama dengan seluruh pegawai di lingkungan Kanreg X BKN. Nama Babe pun tidak jauh dari Olah Raga. Banyak pegawai yang mengenalnya sebagai atlet tenis meja dan catur, sehingga tak jarang babe sering dikirim sebagai perwakilan atlet dalam Pekan Olah Raga di lingkungan Badan Kepegawaian Negara. Sebagai apresiasi terhadap dedikasi, kinerja serta semangatnya dalam membangun Kanreg X BKN, sebuah acara perpisahan pun digelar dengan mengundang Kepala Kanreg X BKN, Jajaran Pejabat Adminsitrator dan Pengawas, serta seluruh pegawai pada Senin (28/01).

Seorang Babe di mata orang-orang terdekatnya dikenal sebagai pribadi yang ramah dan baik kepada siapa pun serta memiliki hobby berolah raga. Menurut Kepala Bidang Pensiun dan Pengangkatan serta sejumlah pegawai di Bidang Pensiun dan Pengangkatan, Gusti Ayu Putu Lili Santina dan Septiliani, Babe menjadi salah satu motivasi untuk berolah raga yang bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu juga lebih nyaman untuk berdiskusi serta terbuka dalam menyampaikan pendapat. Diharapkan tali silahturahmi juga akan terus tersambung meski kini sudah pensiun.

https://photos.app.goo.gl/cugj2FBqAgZbHTvz5

Sementara itu, diungkapkan Frederik Hendrik, banyak peristiwa dan kenangan yang sudah terlewatkan di Kanreg X BKN. Frederik Hendrik memulai kariernya di BKN Pusat di Jakarta. Masa-masa susah pun sudah pernah dilewati di BKN Pusat, hingga akhirnya memutuskan untuk mengabdi di Kanreg X BKN sejak masih berkantor di Renon hingga pindah ke Pesanggaran, Denpasar. Selain di bidang pekerjaan, olah raga juga menjadi salah satu hobby sekaligus kegiatan yang akan selalu dikenangnya. Karena melalui hobby inilah, Frederik Hendrik dapat mengunjungi sejumlah Kanreg di Indonesia untuk mengikuti Pekan Olah Raga yang rutin digelar BKN setiap tahun. Ia pun mengaku akan tetap melanjutkan hobbynya di bidang olah raga untuk menjaga stamina dan kesehatan badan.

Selamat menjalankan masa purna bhakti bagi bapak Frederik Hendrik…..terimakasih atas dedikasi serta pengabdian yang telah diberikan bagi perkembangan Kanreg X BKN….

(IRN)

Read more

Apresiasi Kinerja Pegawai, Kanreg X BKN Lakukan Pemilihan Pegawai Berprestasi

Denpasar.“Pemilihan Pegawai Berprestasi ini merupakan salah satu kegiatan yang luarbiasa dan ke depan dapat lebih ditingkatkan mungkin dengan ditambahnya kriteria pegawai berprestasi di bidang inovasi. Selain itu, ke depan diharapkan tak hanya sertifikat dan plakat yang diberikan sebagai penghargaan tetapi juga Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB), tentu dengan seleksi yang lebih ketat. Tak hanya sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap pretasi dan kineja pegawai, kiranya kegiatan ini juga dapat memotivasi pegawai yang lain untuk dapat meningkatkan kinerjanya.” Hal tersebut diungkapkan Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto dalam Pemilihan Pegawai Berprestasi semester II Tahun 2018 Kanreg X BKN yang digelar pada Senin (28/01) di Aula A.E.Manihuruk.

Pemilihan Pegawai Berprestasi pada semester II ini dipilih secara tranparan dan terbuka yang dilakukan dengan sistem voting atau pengambilan suara terbanyak. Namun sebelumnya sudah diusulkan perwakilan pegawai berprestasi dari masing-masing Bagian/Bidang di lingkungan Kanreg X BKN, yakni Mela Melati dari Bidang INKA, I Nyoman Lanus dari Bagian Tata Usaha, Koming Diah Untari dari Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian, I Wayan Brati dari Bidang Pensiun dan Pengangkatan, dan terakhir Adi Wahyu Wicaksono dari Bidang Pengembangan dan Supervisi  Kepegawaian.

https://photos.app.goo.gl/2mV1rWkGL12VFoH4A

Tahapan penilaian 5 besar hingga ke 3 besar dilakukan dengan menjawab pertanyaan yang sebelumnya telah diundi. Pada tahap penilaian ini, Adi Wahyu Wicaksono dan Mela Melati bersaing dengan ketat. Adi Wahyu Wicaksono mampu menjawab pertanyaan seputar perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) secara gamblang. Menurutnya TIK kini menjadi kebutuhan sekaligus gaya hidup di lingkungan masyarakat. Di instansi pemerintahan sendiri, TIK kini menjadi sarana utama dalam menyebarluaskan informasi terkait peraturan serta program kerja yang dijalankan, sekaligus mengajak masyarakat untuk menyukseskan program pemerintah. Sementara Mela Melati juga mampu menjelaskan deskripsi mengenai integritas seorang PNS dalam melaksanakan tugas dan tangungjawabnya.

Berdasar penilaian dewan juri independen yang terdiri dari Kepala Kanreg X BKN dan Jajaran pejabat Administrator, terpilih 3 besar Calon Pegawai Berprestasi yakni Adi Wahyu Wicaksono, Mela Melati dan I Nyoman Lanus. Untuk menentukan pemenangnya, ketiga calon pegawai berprestasi harus mampu menjelaskan deskripsi Profesional, Unggul dan Bermartabat yang merupakan motto Kanreg X BKN. Berdasar jawaban yang sudah disampaikan dan pengambilan suara terbanyak, maka terpilih Mela Melati dari Bidang INKA sebagai Pegawai Berprestasi Semester II Tahun 2018. Sementara Pegawai Berprestasi Terfavorit semester II Tahun 2018 diraih oleh Adi Wahyu Wicaksono.

Selamat kepada Pegawai Berprestasi….semogadapat memberi warna baru bagi perkembangan Kanreg X BKN…

(IRN)

Read more

KANREG X BKN GELAR EVALUASI KINERJA TA 2018 DAN PEMANTAPAN RENCANA KERJA TA 2019

Denpasar. Menindaklanjuti rapat kerja yang telah dilaksanakan di Pusbang BKN pada 27 hingga 28 Desember 2018, Kanreg X BKN menggelar Evaluasi Kinerja TA 2018 dan Pemantapan Rencana Kerja TA 2019 pada Senin (28/01) di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN. Kegiatan yang dihadiri Pejabat Administrator dan Pengawas, serta seluruh pegawai ini dibuka oleh Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto, usai memberikan pengarahan.

Dalam kesempatan ini, Kakanreg mengapresiasi partisipasi seluruh pegawai di lingkungan Kanreg X BKN  dalam mensukseskan kegiatan seleksi SKD dan SKB dan tidak ada kendala yang serius. Hal tersebut juga dapat dijadikan evaluasi dalam pelaksanaan kegiatan ke depan. Kemudian, Bambang Hari Smasto juga menyampaikan hasil Rapat Koordinasi yang diselenggarakan di Batam , diantaranya pada Tahun 2019 Pemerintah akan melakukan kegiatan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sejumlah 150 Ribu Pegawai, dan diperkirakan akan dimulai pada Bulan Februari 2019. Sementara itu, Tahun 2019 Pemerintah juga akan melakukan kembali perekrutan CPNS sejumlah 100 ribu. Namun rekrutmen p3k dan cpns ini dibatasi hanya untuk jabatan penyuluh pertanian, pendidikan dan kesehatan.

Selain itu, Kakanreg juga menekankan untuk pelayanan kepegawaian Kenaikan Pangkat dan Pensiun harus sudah paper less di Tahun 2019. Pelaksanaan program kerja tersebut sudah diawali dengan  pelatihan Rekonsiliasi dan update data bagi seluruh admin di daerah pada awal bulan Januari 2019. Pelaksanaan program paper less ini dilakukan dengan fokus dengan data, harus valid dan sama antara SIMPEG dan SAPK milik BKN.

https://photos.app.goo.gl/BVtkjBvjbQHQvyfj8

Dalam kegiatan ini, masing-masing bagian dan bidang di lingkungan Kanreg X BKN juga memberikan pemaparan terkait Rapat evaluasi kinerja tahun 2018 dan pemantapan rencana kerja Tahun Anggaran 2019. Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian memaparkan sejumlah permasalahan kepegawaian termasuk Disiplin PNS dan Kasus PNS yang terlibat kasus TIPIKOR di Tahun 2018 serta berbagai kegiata diklat dan bimbingan teknis di wilayah kerja Kanreg X BKN. Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian menyampaikan penyelesaian berkas KP di Tahun 2018 dan target capaian di tahun 2019, sementara Bidang Pensiun menyampaikan penetapan SK Pensiun, dan  Bidang Tata Usaha memaparkan evaluasi anggaran kegiatan Tahun 2018 dan rencana pengelolaan anggaran pada 2019. Di sesi terakhir, Bidang Informasi Kepegawaian memaparkan laporan kinerja pada 2018 terkait rekonsiliasi dan asistensi SAPK dan pelaksanaan Seleksi CPNS dengan sistem CAT di wilayah kerja Kanreg X BKN. (IRN)

Read more

Di Tahun 2019 Atau Tahun Politik, Seluruh ASN Harus Mampu Menjaga Netralitas

Denpasar. “Saya tekankan kepada seluruh ASN di lingkungan BKN khususnya, bahwa salah satu fungsi ASN adalah sebagai perekat pemersatu bangsa. Saya ingin menyampaikan kembali bahwa tahun 2019 ini adalah tahun demokrasi atau tahun politik. Untuk itu kita harus mampu menjaga netralitas agar kita  tidak terlibat dalam  politik praktis.” Berikut ditekankan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam sambutan upacara bendera yang disampaikan Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto pada Kamis (17/01).

 

 17 jan 2 copy

Kakanreg X BKN menyampaikan sambutan Kepala BKN

Lebih lanjut dikatakan, dalam menghadapi tahun politik 2019 ini dirasa penting untuk mengedepankan 4 (empat) pilar bangsa, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 45 , Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika. Internalisasi 4 pilar tersebut dapat diimplementasikan diantaranya dengan tidak menyebarkan konten hoax bermuatan SARA, melakukan kegiatan sosial media sesuai dengan Pancasila, menjadikan nilai-nilai 4 pilar dalam referensi digital, dan membangun image “ASN Baik” dengan menyebarluaskan konten-konten positif. Selanjutnya sebagai upaya preventif dalam pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap netralitas, integritas, loyalitas, dan memegang teguh 4 pilar kebangsaan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi PNS BKN, Kepala BKN meminta seluruh Pejabat yang Berwenang di lingkungan BKN agar membina dan mengawasi seluruh PNS di lingkungannya.

17jan ok

Peserta Upacara melakukan penghormatan saat pengibaran bendera

Sementara itu, diungkapkan pula berdasar hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) 2018, masih terdapat 8 tantangan kinerja RB di lingkungan BKN. Tantangan tersebut meliputi Pengintegrasian kinerja organisasi dengan program RB, Percepatan penerapan Zona Integritas atau Wilayah Bebas dari Korupsi pada seluruh unit kerja, Peningkatan share vision kepada seluruh elemen organisasi untuk mendukung percepatan pencapaian tujuan organisasi sekaligus tujuan RB, kepastian seluruh layanan terinternalisasi dengan penerima layanan, Review definisi kinerja pada tingkat kelembagaan dan unit kerja di lingkungan BKN, penetapan pola penilaian kinerja individu SDM yang selaras terhadap kinerja organisasi, Review dan penyempurnaan roadmap RB yang terintegrasi dengan Restra 2020 – 2025, dan terakhir Pengelola agen perubahan sesuai PermenPANRB Nomor 17 tahun 2014 tentang Pedoman Agen Perubahan di Instansi Pemerintah. (IRN)

 

 

 

Read more

2019, KANREG X BKN TARGETKAN SELURUH WILAYAH KERJA SUDAH GUNAKAN SAPK SECARA ONLINE

Denpasar.“Tahun 2019, Kanreg X BKN menargetkan seluruh pelayanan kepegawaian di wilayah kerja Kanreg X BKN sudah menggunakan SAPK secara online. Namun Kanreg X BKN tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan peran serta dari seluruh pengelola kepegawaian di seluruh  instansi daerah, baik provinsi, kabupaten dan kota untuk mengupdate data kepegawaian mulai dari sekarang. Sehingga data BKN di SAPK sama dengan data yang tersimpan dalam aplikasi  SIMPEG.” Berikut ditegaskan Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto saat membuka kegiatan  Workshop Rekonsiliasi Data Kenaikan Pangkat dan Pensiun PNS di wilayah kerja Kanreg X BKN menjadi awal Kanreg X BKN, yang dilaksanakan di ruang CAT Kanreg X BKN pada Selasa (15/01).

rekon data web
Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto tegaskan penggunaan SAPK secara Online

Lebih lanjut disampaikan, jika sudah terlaksana secara online, maka pihak BKD dalam mengajukan usulan Kenaikan Pangkat dan Pensiun tidak lagi menyertakan berkas hard copy. Meski demikian, masih ada beberapa berkas yang masih memerlukan berkas hard copy, seperti SKP sebagai kelengkapan berkas Kenaikan Pangkat dan Surat Pernyataan Tidak Pernah dipidana dan Dijatuhi Hukuman Disiplin sebagai kelengkapan berkas Pensiun.

“Secara garis besar, mulai sekarang harus melakukan update data plus foto. Jika ada perbaikan silakan diperbaiki segera, jika perlu lengkapi dengan data dukung. Selanjutnya BKN akan memperbaiki data sesuai kewenagan, dan BKD sebagai admin juga dapat memperbaiki data sesuai kewenangan instansi.” Tegas Kakanreg.

Sebelum menutup pengarahan, Kakanreg juga menghimbau kepada seluruh BKD terkait  usul Kenaikan Pangkat harus diajukan paling lambat Februari 2019. Sementara untuk berkas Pensiun paling lambat diajukan 6 bulan sebelum TMT, bila perlu 12 bulan sebelum TMT sudah diusulkan. Melalui kegiatan rekonsiliasi data ini,

Workshop Rekonsiliasi Data Kenaikan Pangkat dan Pensiun PNS di wilayah kerja Kanreg X BKN ini akan dilaksanakan hingga besok (16/01), dengan dihadiri Pejabat PT.TASPEN cabang Denpasar dan seluruh BKD di wilayah kerja Kanreg X BKN di Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Timur. (IRN)

Read more