Monthly Archives February 2019

Dorong Optimalisasi Kinerja, Kepala BKN Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator dan Pengawas

https://photos.app.goo.gl/qdmjYSzQTsT8bA6P9

OTOK KUSWANDARU, S.Sos., M.Si.
DEPUTI BIDANG PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN

https://photos.app.goo.gl/fRc3g1UqYTMvzT5P9

SUHARMEN, S.Kom., M.Si.

DEPUTI BIDANG SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN

Jakarta-Humas BKN, Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) digelar di Kantor BKN Pusat, Jakarta, Selasa (19/02/2019).

Kepala BKN, Bima Haria Wibiana menyampaikan bahwa pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya saat ini dilakukan demi pelaksanaan percepatan perubahan positif di BKN. Selain itu perubahan jabatan dilakukan demi menyesuaikan kompetensi, agar kinerja yang diberikan dapat dilakukan secara maksimal dan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. “Saya percaya kepada para pegawai yang dilantik dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab.”

Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, Otok Kuswandaru yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Deputi Kesejahteraan Sumber Daya Manusia Aparatur pada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) dilantik menjadi Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN. Selain itu Suharmen yang sebelumnya adalah Kepala Pusat Data dan Informasi BAPPENAS dilantik menjadi Deputi Bidang Sistem Sistem Informasi Kepegawaian BKN.

Informasi selengkapnya tentang data pejabat yang dilantik,

  1. Keputusan Presiden RI tentang Pengangkatan dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan BKN
  2. Keputusan Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, dan Pengawas di Lingkungan BKN
  3. Power Point Pelantikan JPT Madya, JPT Pratama, Administrator, dan Pengawas di Lingkungan BKN
Read more

Diklat Pelayanan Prima Kanreg X BKN : The Spirit Of Service Excellent

Denpasar. “Ada banyak  hal penting dalam melakukan pelayanan di sebuah instansi. Tak hanya senyum dan sapa ramah, tetapi juga harus mengenal bagaimana harus melayani customer atau stakeholder dengan mengetahui bagaimana karakternya. “ Hal tersebut diungkapkan Ketut Wiratama SS, MNLP, CI, DCI, CEI seorang Profesional Trainer & Inner Motivation Coach yang hadir sebagai narasumber dalam Diklat Pelayanan Prima bertema The Spirit Of Service Excellent yang digelar Kamis (14/02) bertempat di aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN.

ZI5

Ketut Wiratama saat membagi ilmu seputar The Spirit Of Service Excellent

Menurut Ketut Wiratama, ada 3 macam karakter costumer, yakni Visual, Audio dan Kinestetik. “Orang visual biasanya akan mengatakan sering melihat misalnya melihat di televisi atau media cetak. Sementara orang audio lebih ke suara misalnya mendengar melalui radio dan orang kinestetik lebih menggunakan perasaan seperti mengatakan dengan menambahkan sejujurnya atau seharusnya.” Dengan mengetahui karakter tersebut, maka costumer service dapat menyamakan bahasa dengan costumer.

Lebih lanjut, Wiratama mengungkapkan dalam memberikan pelayanan, seorang costumer service harus mampu memberikan kesan pertama yang terbaik. Hal ini dapat dilakukan melalui Self Management, bagaimana mengolah Emotional, Feelings Dan Thinking. Tak hanya itu, perlu juga mengolah mental untuk membentuk pola budaya kerja dalam menjalankan pekerjaan serta komitmen yang kuat untuk melakukan pengembangan diri.

Menutup pelatihan, Wiratama memberikan penjelasan tentang apa itu service. Menurutnya service merupakan sebuah singkatan, yang terdiri dari S adalah self awareness (percaya dengan kemampuan dirinya sendiri), E adalah enthusiasm yakni antusias melakukan perubahan untuk lebih bersemangat, R adalah Reform menciptakan hal baik di lingkungan kerja, V adalah values, I merupakan impressive , C yakni care, yang artinya peduli dgn diri sendiri sebelum kepada org lain, dan terakhir E evaluation. (IRN)

Read more

DORONG PERCEPATAN PELAYANAN KEPEGAWAIAN, KANREG X BKN LAKUKAN AUDIENSI

Denpasar. Mengawali kepemimpinannya di Kanreg X BKN Denpasar, Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto mulai melakukan langkah strategis dalam rangka percepatan layanan kepegawaian secara digitalisasi, sehingga ke depan tak ada lagi berkas menumpuk atau pelayanan yang tertunda. Sebagai langkah awal, Kepala Kanreg X BKN melakukan audiensi untuk menggandeng BKD/BKPSDM di wilayah kerja Kanreg X BKN. Namun tak hanya itu, audiensi ini juga dimaksudkan untuk mengetahui segala permasalahan serta keluhan pengelola kepegawaian di daerah terkait dengan pelayanan kepegawaian.

 

Audiensi pertama diarahkan ke BKD Propinsi Bali pada Senin (21/01). Didampingi Pejabat Administrator di lingkungan Kanreg X BKN, Bambang Hari Samasto menyampaikan bahwa di Tahun 2019, pelayanan kepegawaian akan lebih cepat, karena sudah tidak lagi menggunakan berkas, tetapi melalui SAPK secara online. Menanggapi hal tersebut, Plt. Kepala BKD Provinsi Bali, Ketut Lihadnyana menyambut baik dengan adanya sistem pelayanan kepegawaian secara online. Untuk mempersiapkannya, pihaknya akan melakukan update data kepegawaian secara berkelanjutan. Selain itu juga akan berkoordinasi dengan OPD di lingkungan Propinsi Bali sehingga nantinya dapat berjalan sesuai dengan harapan bersama.

Berlanjut di hari yang sama, Kakanreg X BKN Bambang Hari Samasto melanjutkan audiensinya ke BKPSDM Kota Denpasar. Ditemui di ruangan Kepala BKPSDM Kota Denpasar, Plt Kepala Wayan Sudiana mengaku keakuratan data kepegawaian di lingkungan Pemkot. Denpasar masih harus diupdate secara continue. “Untuk data kepegawaian di aplikasi SIMPEG sudah akurat, namun untuk data di SAPK masih kurang karena ada beberapa yang belum terupdate.” Dalam kesempatan ini, Wayan Sudiana menyampaikan perlunya integrasi data di SAPK dengan aplikasi SIMPEG. Dengan demikian, update data dapat lebih dengan cepat dilakukan.

Menanggapi hal tersebut, Kakanreg mengatakan update data menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan untuk menjalankan SAPK secara online. Sehingga  BKD tidak perlu mengirim berkas saat harus megurus berkas kepegawaian ke Kanreg X BKN. Kakanreg optimis pelaksanaan SAPK secara online dapat berjalan dengan lancar jika ada kerjasama dari semua pihak, termasuk Badan Pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kanreg X BKN. Dirinya menghimbau, pihak BKPSDM dapat segera mengajukan surat ke BKN Pusat terkait integrasi data kepegawaian.

Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto beserta jajaran Pejabat Administrator dan Pengawas kembali melanjutkan audiensinya pada Selasa Pagi (29/01) ke BKPSDM Kab.Badung dan Kab.Tabanan.

Sampai di BKPSDM Kab.Badung, langsung ditemui oleh Sekda Kab.Badung Wayan Adi Arnawa didampingi Kepala BKPSDM Kab.Badung Gede Wijaya beserta jajarannya di Puspem Kab.Badung. Dalam kesempatan ini, Kepala Kanreg X BKN mengajak Pemerintahan Kabupaten Badung untuk mendukung pelaksanaan Pelayanan Kepegawaian secara digitalisasi.

Menanggapi hal tersebut Adi Arnawa dan Gede Wijaya menyambut baik rencana tersebut. Pihaknya mengaku, saat ini pun sudah sangat terbantu dengan sistem kepegawaian SAPK milik BKN. Ke depan, Adi Arnawa berharap SAPK dapat terintegrasi dengan SIMPEG kepegawaian yang dmiliki Pemkab. Badung.

Usai menemui Sekda Kab.Badung dan Kepala BKPSDM Kab.Badung, Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto melanjutkan audiensinya ke Pemkab. Tabanan. Tiba di BKPSDM Kab.Tabanan, Kepala Kanreg X BKN langsung diterima oleh Kepala BKPSDM Kab.Tabanan I Wayan Sugatra beserta jajarannya. Dalam hal ini, Kepala BKPSDM Kab.Tabanan menyampaikan sejumlah permasalahan terkait Administrasi Pelayanan Kepegawaian, karena beberapa hari sebelumnya sejumlah PNS mendatangi Kantor BKPSDM untuk menanyakan SK Kepegawaian.

Menanggapi hal tersebut, Kakanreg X BKN menyampaikan banyaknya kegiatan di BKN menyebabkan sejulah pelayanan terhambat. Oleh karena itu, pihaknya mengajak Kepala BKPSDM Kab.Tabanan beserta jajarannya untuk mengubah pola pelayanan kepegawaian dari banyak berkas menjadi lebih sedikit berkas yang dapat dilakukan dengan sistem digitalisasi. Hal ini dapat diawali dengan melakukan update dan rekonsiliasi data kepegawaian. Sehingga diharapkan nantinya pelayanan kepegawaian dapat menjadi lebih mudah dan cepat.

Menutup audiensi di beberapa BKPSDM, Kakanreg X BKN menyerahkan SK Pensiun , SK Kenaikan Pangkat serta sertifikat pemetaan jabatan pelaksana.

(IRN)

Read more