Monthly Archives July 2019

Dibuka Oktober, BKN Proyeksi Pelamar Seleksi ASN 2019 Capai 5,5 Juta

[SIARAN PERS] Nomor: 070/RILIS/BKN/VII/2019

Hari ini pemerintah mengumumkan secara resmi seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diagendakan pada Oktober 2019. Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memprediksi peserta seleksi akan mencapai 5,5 juta. Pada pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 total pelamar sebanyak 3.636.251 juta, dengan rincian jumlah pelamar di 76 instansi pusat mencapai 1.446.460 dan pelamar di 481 instansi daerah sebanyak 2.189.791. Selanjutnya formasi CPNS 2018 Provinsi Papua diberikan sebanyak 12.831 dan Provinsi Papua Barat sejumlah 6.208.

Sementara untuk seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Tahap Pertama sejumlah 51.293 peserta melampaui passing grade. Formasi P3K Tahap Pertama ini dibuka khusus bagi tenaga honorer dengan jabatan Guru, Tenaga Kesehatan, Dosen dan Tenaga Kependidikan PTN baru, serta Penyuluh Pertanian.

Selaku Ketua Pelaksana Panitia Seleksi ASN Nasional (Panselnas), Kepala BKN juga menyampaikan sejumlah kendala yang dialami pelamar CPNS 2018, di antaranya: 1) Database kependudukan yang tidak update, terutama kesulitan pelamar melakukan update Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) daerah dan pusat; 2) Sejumlah ijazah pelamar tidak sesuai kualifikasi Pendidikan yang dipersyaratkan; 3) KTP yang diunggah pelamar tidak jelas/bukan KTP asli, dan 4) Sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap. Beberapa permasalahan ini yang menjadikan peserta tidak memenuhi syarat administrasi.

Untuk rencana pelaksanaan seleksi ASN pada Oktober 2019 akan dibuka dengan dua jenis pilihan, yakni seleksi CPNS dan P3K Tahap Kedua. Total kebutuhan ASN nasional 2019 sejumlah 254.173 yang mencakup 100.000 ribu formasi CPNS dan 100.000 formasi P3K Tahap Kedua, dan sisanya sudah dilaksanakan pada seleksi P3K Tahap Pertama. Dari aspek infrastruktur seleksi, 108 titik lokasi di seluruh Indonesia dapat dimanfaatkan melalui fasilitas yang disediakan BKN dan bekerja sama dengan sejumlah instansi pusat dan daerah. Jumlah ini tentu tidak cukup untuk pelaksanaan seleksi serentak, oleh karena itu beberapa opsi sedang disiapkan dengan kerja sama instansi di pusat dan daerah.

Jakarta, 30 Juli 2019

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN,

Ttd

Mohammad Ridwan

Read more

Dari Rakor Perencanaan ASN, Kepala BKN Ungkapkan Tiga Faktor Gagal Seleksi Administrasi CPNS 2018

Jakarta-Humas BKN, Rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) baik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) di Instansi Pusat dan Daerah tahun 2019 diprediksi mencapai 5,5 juta pendaftar. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan ASN Tahun 2020-2024 dan Pengadaan ASN Tahun 2019 di Jakarta Selatan, Selasa (30/07/2019).

Lebih lanjut Kepala BKN juga menyampaikan, dari hasil evaluasi pengadaan CPNS tahun 2018 terdapat tiga faktor terbanyak penyebab peserta gugur dalam seleksi administrasi, yaitu ijazah tidak sesuai kualifikasi pendidikan, dokumen pendukung tidak lengkap dan KTP yang di-uploadtidak jelas atau bukan KTP Asli. Banyaknya peserta yang mengundurkan diri setelah penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) juga menjadi permasalahan dalam rekrutmen CPNS tahun 2018, “Sehingga dibutuhkan koordinasi Instansi Pusat dan Daerah untuk mengatasi hal tersebut, terutama koordinasi mengenai data kependudukan,” ujarnya. Kepala BKN menambahkan bahwa saat ini telah tersedia 108 titik lokasi Station Computer Assisted Test (CAT) BKN dan CAT Instansi Daerah sebagai infrastruktur rekrutmen ASN tahun 2019 dengan jumlah 7.532 PC. “Tentu masih dibutuhkan tambahan titik lokasi lagi guna memberikan kemudahan bagi peserta rekrutmen ASN tahun 2019,” tambahnya.

Dalam Rakor yang digelar oleh Kementerian PANRB hingga esok tersebut, Menteri PANRB, Syafruddin menjelaskan bahwa pengembangan ASN merupakan kunci untuk menjawab dinamika tantangan Smart ASN 2024, terutama dalam menghadapi perkembangan teknologi. Dalam rakor ini, Instansi Pusat dan Daerah akan bersinergi untuk memformulasikan SDM Aparatur yang merupakan aset utama organisasi melalui rekrutmen generasi Smart ASN secara bertahap. “Salah satunya dengan rekrutmen ASN yang berkompeten di bidang teknis, bidang pendidikan dan kesehatan tahun ini, guna mendukung percepatan pembangunan SDM tersebut,” ujarnya.

Rakor tersebut dihadiri oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Dalam Negeri, beserta para Bupati, Walikota, Kepala BKPSDM atau perwakilannya dari Instansi Daerah di Indonesia.

Penulis: kaw

Read more

JADWAL MASUK BERKAS KENAIKAN PANGKAT OKTOBER 2019

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2019/07/JADWAL-MASUK-BERKAS-KP-01-10-2019-1.docx”]

Read more

Kepala BKN Apresiasi Pelaksanaan Seleksi Sekolah Kedinasan

IMG_2853

Denpasar. “Tugas pelaksanaan seleksi Sekolah Kedinasan telah selesai kita laksanakan. Dengan total peserta sebanyak 227.710 pelamar yang dimulai serentak pada tanggal 25 Juni 2019, alhamdulillah dapat terlaksana  dengan lancar. Saya mengapresiasi kepada para pegawai yang telah melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh pengabdian sehingga kegiatan berjalan sesuai dengan rencana.” Berikut disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto dalam upacara bendera 17 Juli 2019 di lingkungan Kanreg X BKN.

Lebih lanjut Kepala BKN juga menyampaikan dukacita atas meninggalnya salah satu pegawai dari Kanreg IX BKN saat menjalankan tugas CAT di Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua. “Saya  selaku pribadi dan atas nama pimpinan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya  Saudara Theofilus Daniel S.M. Ondowapo. Saya berharap kejadian ini tidak terulang lagi di masa yang akan datang, “ tegasnya.

Usai pelaksanaan seleksi Sekolah Kedinasan, Badan Kepegawaian Negara akan kembali memfasilitasi  pelaksanaan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap kedua dan penerimaan CPNS Tahun 2019, dengan tetap menggunakan portal: bkn sscn.bkn.go.id. Bima Haria Wibisana pun berpesan kepada semua unit kerja agar tetap aktif berkinerja dan menjaga kesehatan. (IRN)

Read more

60 orang Pejabat Pengawas di lingkungan Pemkot.Denpasar Ikuti Penilaian Kompetensi Pemetaan Pejabat Pengawas

Denpasar. “Selain untuk pemetaan jabatan, penilaian potensi dan kompetensi juga dilakukan guna memotret potensi serta kompetensi masing-masing pegawai. Ke depan, dapat dimanfaatkan pula untuk pengembangan karier.” Berikut diungkapkan Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg X BKN Suparlan saat membuka Penilaian Kompetensi Pemetaan Pejabat Pengawas di lingkungan Pemkot.Denpasar didampingi Komang Agus Budiyasa selaku Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur BKPSDM Kota Denpasar. Kegiatan ini digelar di aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN pada Senin (01/07).

Lebih lanjut diungkapkan Suparlan, sebagai pejabat struktural setidaknya harus memiliki kompetensi di bidang teknis, manajerial dan sosialcultural. Namun demikian, jika diketahui memiliki kekurangan, diharapkan dapat mengikuti pelatihan atau diklat sehingga kompetensi dan potensi dapat meningkat.

Sementara itu terkait penilaian potensi dan kompetensi, pihaknya menegaskan tidak ada lulus atau tidak lulus. Sebagai tindak lanjutnya, diharapkan hasil penilaian kompetensi ini dapat menjadi pertimbangan atasan dalam pengembangan karier ke depan.

Penilaian Kompetensi diikuti 60 orang Pejabat Pengawas di lingkungan Pemkot.Denpasar. Tahapan penilaian terdiri dari tes psikometri, tes tertulis dan wawancara. Ujian ini akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal satu hingga tiga Juli 2019, bertempat di Kanreg X BKN. Untuk hari pertama dilaksanakan tes psikometri dan hari selanjutnya dilakukan tes wawancara. (IRN)

Read more