Monthly Archives June 2021

Pengelola Kepegawaian se Wilayah Kerja Kanreg X Ikuti Workshop Penerapan Sistem Informasi eKinerja secara Terintegrasi

Denpasar. Kantor Regional X BKN bekerjasama dengan Direktorat Kinerja ASN BKN menyelenggarakan Workshop Pelaksanaan Penerapan Sistem Informasi e-Kinerja ASN Terintegrasi, pada Selasa (29/6). Dalam sambutannya Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar Paulus Dwi Laksono menyampaikan tentang pentingnya implementasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dan penilaian prestasi kerja secara terintegrasi. ‘”Dengan diterbitkannya Permenpan. No. 8 Tahun 2021 PNS diharapkan mampu memahami proses penyusunan SKP secara tepat sasaran, sesuai dengan rencana kinerja masing-masing unit serta uraian tugas jabatan. Dan satu yang paling penting rencana kinerja yang disusun harus sudah memenuhi aspek kemanfaatan kepada para stakeholder layanan,” tegas Kakanreg.

IMG_20210629_091401_1                                                                            Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono saat memberikan sambutan

Selain hal tersebut Kakanreg X BKN juga mengapresiasi dibangunnya sistem informasi kinerja elektronik secara terintegrasi yang mampu menjawab tantangan terhadap kebutuhan penerapan pelaporan kinerja ASN secara mudah, cepat dan transparan untuk diaplikasikan.

IMG_20210629_091436Suasana Workshop Pelaksanaan Penerapan Sistem Informasi e-Kinerja ASN Terintegrasi dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan

Kegiatan yang diikuti oleh pengelola kepegawaian di 44 instansi pemerintah daerah se wilayah kerja Kantor Regional X BKN ini membahas mengenai pentingnya pelaporan kinerja secara terintegrasi. Syamsul Hidayat salah satu narasumber dari Direktorat Kinerja ASN BKN memaparkan mengenai urgensi penerapan sistem manajemen kinerja bagi PNS ini. Tak hanya menyampaikan pemahaman dasar, dalam workshop ini narasumber juga turut memberikan pemahaman terkait teknis penyusunan sasaran kinerja melalui Sistem Informasi e-Kinerja. Di sesi akhir acara setelah menerima materi peserta juga berkesempatan mendapatkan pendampingan serta melakukan simulasi pengaplikasian Sistem Informasi e-Kinerja.

Read more

Wakil Kepala BKN : Tingkatkan Kualitas Data ASN Guna Wujudkan Satu Data ASN

Denpasar. Terkait data ASN, masih banyak data yang ditemukan tidak akurat dan tidak lengkap, sehingga data yang dimiliki belum sesuai dengan kondisi real. Berkaca dari PUPNS Tahun 2015, Kepala BKN selanjutnya menegaskan untuk memberikan perhatian terhadap kualitas data ASN tersebut melalui Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) guna mewujudkan Satu Data ASN. Melalui program PDM ini, masing-masing ASN dapat melakukan updating data secara mandiri. Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf dalam Bimbingan Teknis Layanan Sistem Informasi ASN sewilayah kerja Kanreg X BKN pada Jumat (25/06) di Aula A.E.Manihuruk. Kegiatan ini dihadiri Deputi Bidang SINKA BKN Suharmen, Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono H dan pegawai di lingkungan Kanreg X BKN serta pejabat Pengelola kepegawaian di BKPP/BKD/BKPSDM di wilayah kerja Kanreg X BKN.

IMG_8814

Selain Pemutakhiran Data Mandiri, Manajemen ASN juga menjadi salah satu langkah strategis untuk melakukan Mapping Data ASN. Diungkapkan Wakil Kepala BKN, sejauh ini manajemen ASN belum dapat memanfaatkan Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SI ASN) secara optimal. Hal tersebut disebabkan belum terintegrasinya sistem aplikasi yang dibangun antara pusat dan daerah. “Banyak aplikasi yang sudah dibangun tetapi masih sektoral. Seharusnya satu data cukup untuk mengakses aplikasi lain dan melakukan mapping data ASN. Dengan peta ASN tersebut, maka Lebih mudah membangun manajemen talenta dan otomatis mendukung program presiden dalam mewujudkan Satu Data Indonesia,” ungkap Supranawa Yusuf. Di era digital saat ini, kompetensi digital dalam pengembangan inovasi dan kreatifitas juga perlu menjadi perhatian khusus guna mendukung berjalannya program Satu Data Indonesia.

20210625_095801

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas untuk berperan aktif dalam menjalankan manajemen ASN dengan menggunakan Sistem Informasi ASN untuk mewujudkan satu data ASN. Penandatanganan ini dilakukan oleh Wakil Kepala BKN Supranawa Yusuf dengan salah satu perwakilan wilayah kerja Kanreg X BKN Muhammad Nasir selaku Kepala BKD Pemerintah Provinsi NTB. (Team)

Read more

Wujudkan Sistem Informasi Terintegrasi, Kakanreg X BKN Tekankan PNS Lakukan Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) ASN melalui my SAPK

IMG_8749

Denpasar. Tercantum dalam Undang-Undang No 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, salah satu fungsi BKN adalah melaksanakan penyimpanan informasi Pegawai ASN yang telah dimutakhirkan oleh Instansi Pemerintah serta bertanggung jawab atas pengelolaan dan pengembangan Sistem Informasi ASN. Sistem Informasi ASN disini adalah rangkaian informasi dan data mengenai Pegawai ASN yang disusun secara sistematis, menyeluruh, dan terintegrasi dengan berbasis teknologi. Menindaklanjuti hal tersebut, Direktorat Arsip Kepegawaian BKN telah membangun sejumlah aplikasi guna pengelolaan arsip kepegawaian yang lebih baik. Salah satunya My SAPK, dimana PNS yang bersangkutan dapat melakukan pemutakhiran data secara mandiri.

Bekerjasama dengan Kanreg X BKN, pada Rabu (23/06) Direktorat Arsip Kepegawaian BKN memperkenalkan aplikasi My SAPK serta teknis pelaksanaan rekonsiliasi data dan mitigasi risiko atas pengelolaan arsip kepegawaian sekaligus memberikan pemahaman terkait risiko tata kelola Arsip Kepegawaian bertempat di Aula A.E.Manihuruk. Kegiatan dihadiri Direktur Arsip Kepegawaian BKN Yudhantoro Bayu, Kepala Kanreg X BKN  Paulus Dwi Laksono H, Pejabat Administrator dan pegawai di lingkungan Kanreg X BKN serta mengundang Pejabat Pengelola Kepegawaian BKPP/BKD/BKPSDM di wilayah kerja Kanreg X BKN.

IMG_8769 (3)

Kepala Kanreg X BKN (berdiri) saat menyampaikan arahannya

Dalam arahannya, Kepala Kanreg X BKN menyampaikan apresiasinya kepada instansi pengelola kepegawaian di wilayah kerja Kanreg X BKN selalu melakukan koordinasi dan menjalin kerjasama yang baik dengan Kantor Regional X BKN. Terkait sistem informasi kepegawaian, Kanreg X BKN juga berkomitmen sekaligus mendorong instansi daerah dan vertikal untuk mewujudkan sistem informasi kepegawaian secara nasional, sehingga data kepegawaian tersimpan dengan baik.

“Menjadi komitmen bersama guna mewujudkan sistem informasi kepegawaian secara nasional dengan baik dan satu data. Harapan kami kantor regional dapat bersinergi dengan BKPP/BKD/ BKPSDM dalam melakukan rekonsiliasi data sehingga untuk keperluan apapun akan lebih mudah karena data PNS sudah ada,” ungkapnya. Menutup arahannya, Kepala Kanreg X BKN juga berharap instansi daerah dan vertikal di wilayah kerja Kanreg X BKN mendukung Kanreg X BKN dalam mewujudkan Zona Integritas menuju wilayah WBK WBBM.

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang digelar Direktorat Arsip Kepegawaian BKN guna pengelolaan data kepegawaian yang semakin baik dan berkualitas sehingga tidak lagi ditemukan permasalahan-permasalahan data kepegawaian yang berakibat pada kerugian PNS yang bersangkutan. Selanjutnya pada Kamis (24/06) kegiatan akan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Rekonsiliasi & Sinkronisasi Data Kepegawaian yang digelar Direktorat Pengelolaan Data dan Penyajian Informasi Kepegawaian BKN dan ditutup pada Jumat (25/06) dengan Bimtek Layanan Informasi ASN yang digelar oleh Direktorat Pembangunan dan Pengembangan Sistem Informasi ASN BKN. Kegiatan akan dirangkaikan dengan penandatanganan pakta integritas dengan disaksikan oleh Wakil Kepala BKN. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat. (Team)

 

Read more

TREND IKM EKSTERNAL KANREG X BKN DENPASAR

Berikut kami sampaikan trend nilai Indeks Kepuasan Masyarakat atas Pelayanan di Kantor Regional X BKN Denpasar untuk Tahun 2020.
Terima kasih atas dukungan dan kerjasama dari segenap stakeholders Kantor Regional X BKN Denpasar.
Komitmen kami masih tetap sama, sepenuh hati memberikan pelayanan terbaik.

PowerPoint TREND IKM EKSTERNAL KANREG X BKN DENPASAR unduh

Read more