Monthly Archives February 2022

Dokumen Perencanaan Kantor Regional X BKN

No Keterangan Dokumen Aksi
1 Renstra Lihat
2 Evaluasi Renstra Lihat
3 Renja 2020 – 2022 Lihat
4 Rencana Aksi 2020, 2021, 2022 Lihat
5 RKA POK 2020, 2021, 2022 Lihat
6 Dokumen Revisi Lihat
7 Manual IKU 2020, 2021, 2022 Lihat
8 LAKIP 2022 Lihat
9 PK 2020, 2021, 2022 Lihat
10 Sampling SKP (Cascade) Lihat
11 Laporan Monev TW 2021, 2022 Lihat
12 Laporan Monev Semesteran 2021, 2022 Lihat
13 Laporan Akuntabilitas Kinerja Aparatur Tahun 2020 Lihat
Read more

Kondisi Geografis dan Jaringan Internet di Daerah Kami Boleh Naik Turun, Tapi Tidak dengan Semangat Kami

Kondisi Geografis dan Jaringan Internet di Daerah Kami Boleh Naik Turun, Tapi Tidak dengan Semangat Kami

Itulah petikan pernyataan dari Dra Yustina Ngidu, Kepala BKPSDM Kabupaten Manggarai Timur sebagai cerminan semangat pantang menyerah dari para pejuang Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) Instansi wilayah kerja Kanreg X BKN (18/02/022).

Dalam kegiatan Sharing Sesi Percepatan PDM Wilayah kerja Kanreg X BKN,  menghadirkan 5 orang narasumber yang berasal dari Dir. PDPIK BKN Pusat, Provinsi Bali, Kabupaten Karangasem, Kabupaten Manggarai Timur dan Kabupaten Sumbawa Barat yang berbagi pengalaman, tips dan trik dalam upaya percepatan PDM di wilayah Kerja Kantor Regional X BKN Denpasar.

Sahring Sesi ok

Dalam pengarahan pembukaan oleh Ka.kanreg X BKN Denpasar, Paulus Dwi Laksono mengapresiasi semua kerja keras tim PDM Instansi yang telah berusaha sekuat tenaga menyelesaikan PDM tepat waktu. Dalam kesempatan ini Ka.kanreg juga menekankan pentingnya PDM, karena bermanfaat bagi ASN sendiri, Instansi dan BKN dalam upaya mewujudkan satu data ASN. Disamping itu Ka.kanreg juga menekankan pentingnya kolaborasi BKD/BKPSDM dalam penyelenggaraan tugas-tugas penyelenggaraan Manajemen Kepegawaian.

Sementara dalam sharing sesion yang dipandu Kabid INKA Kanreg X BKN, terungkap berbagai tips dan strategi yang telah dilakukan beberapa instansi, sehingga instansi tersebut sukses menyelesaikan PDM lebih awal. Diantara strategi tersebut adalah upaya membangun awarness/kepedulian ASN tentang pentingnya PDM, kolaborasi antar OPD untuk menyukseskan PDM, sosialisasi dan asistensi yg masif tentang cara mengisi PDM, monitoring rutin, strategi jemput bola dan upaya yang dikaitkan dengan kesejahteraan, misalnya Kab. Sumbawa Barat, dengan kebijakan terselesainya PDM sebagai salah satu syarat pembayaran TPP.

Dari kegiatan ini juga terungkap beberapa permasalahan terkait aplikasi PDM dan juga masih terjadinya beberapa anomali data kepegawaian di beberapa daerah yang memerlukan penyelesaian lebih lanjut.

Elin Cahyaningsih narasumber yang hadir dari direktorat PDPIK mengapresiasi kegiatan tersebut, seraya menyampaikan bahwa strategi yang dilakukan mesti bersifat unik karena tantangan dan problematika di masing-masing daerah juga berbeda. Sementara untuk aplikasi PDM dan My SAPK terus diupayakan perbaikan supaya dapat dimanfaatkan secara lebih optimal.

Gung Intan dari Kota Denpasar, sebagai salah satu peserta menyambut baik kegiatan ini. ” Terima kasih atas sharing sessionnya, semua permasalahan kami di instansi terfasilitasi dalam 1 kali sharing sesion ini  ” ungkap Gung Intan, Admin SIASN Kota Denpasar (Bun).

Read more

Apresiasi Penyelesaian PDM Tercepat, Kabupaten Karangasem Diganjar Penghargaan

Kamis (17/2) Kepala Kanreg X BKN menyerahkan Piagam Penghargaan atas capaian tertinggi dan tercepat Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) di wilayah kerja Kanreg X BKN kepada Pemerintah Kabupaten Karangasem.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono H. didampingi Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Bidang INKA dan diterima Bupati Karangasem I Gede Dana, didampingi Sekda Kabupaten Karangasem dan Kepala BKPSDM Kabupaten Karangasem.

Penyerahan Piagam Oleh Ka. Kanreg X BKN kepada Ka. BKD Karangasem

Penyerahan Piagam Oleh Ka. Kanreg X BKN kepada Ka. BKD Karangasem

Penghargaan tersebut diberikan sebagai apresiasi atas penyelesaian tercepat dengan peraentase tertinggi Pemutakhiran Data Mandiri (PDM) wilayah kerja Kanreg X BKN Denpasar yang meliputi wilayah Bali, NTB dan NTT. Tidak hanya tertinggi dan tercepat di wilayah Kanreg X BKN, Kabupaten Karangasem bersama Provinsi Bali tercatat meraih capain tertinggi dan tercepat secara nasional masing-masing di peringkat dua dan tiga nasional.

Kakanreg dalam sambutan pengantar menyampaikan bahwa dengan pemberian apresiasi ini dapat memacu semangat untuk mempercepat terwujudnya satu data ASN yang sedang dicanangkan BKN pusat sekaligus memacu instansi lain yang belum menyelesaikan PDM. Sementara itu Bupati Karangasem juga mengapresiasi gerak cepat jajarannya sehingga dapat menyelesaikan PDM tepat waktu seraya berkomitmen untuk bahu-membahu dengan Kanreg X BKN untuk melakukan update data kepegawaian dan penataan manajemen ASN sesuai dengan NSPK yang berlaku.

Selain Kabupaten Karangasem terdapat empat instansi lain juga diberikan penghargaan yang sama yaitu Provinsi Bali, Pemerintah Kota Denpasar, Kabupaten Sumbawa Barat, dan Kabupaten Manggarai Timur.

Read more

KONSULTASI PENYEDERHANAAN BIROKRASI DAN PPPK, KOMISI I DPRD KAB. LOMBOK UTARA KUNJUNGI KANREG X BKN

Denpasar, 28/1/2022. Komisi I DPRD Kabupaten Lombok Utara mengadakan kunjungan kerja ke Kantor Regional X BKN Denpasar untuk melakukan konsultasi terkait penyelenggaraan dan pembinaan manajemen ASN. Secara khusus kunjungan dimaksudkan untuk mendapatkan informasi tentang penyederhanaan birokrasi dan kebijakan rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kunjungan kerja tujuh orang ketua dan anggota Komisi I ini diterima oleh Kabid Informasi Kepegawaian, Ketut Buana mewakili Kepala Kantor Regional. Audensi kali ini juga didampingi Kabid Pengangkatan dan Pensiun, Heri Pitono dan Analis Kepegawaian Muda, Purnami Astari.

News Lombok Januari for Web keci;Tim DPRD Komisi I Kab. Lombok Utara

Dalam konsultasi yang berlangsung cair tersebut, Anggota Komisi I yang dipimpin oleh Ketua Komisi I, Nasrudin, SH ini mendapatkan informasi penjelasan tentang urgensi penyederhaaan birokrasi termasuk konsekuensinya pasca penyetaraan jabatan struktural menjadi pejabat fungsional. Disamping itu anggota komisi I Juga mendapat penjelasan tentang filosofi dibalik pengangkatan PPPK dan manfaatnya bagi daerah dalam rangka peningkatan pelayanan publik. Wakil rakyat dari berbagai perwakilan partai politik ini juga mendapatkan informasi berbagai bentuk parameter pembinaan dan penyelenggaraan manajemen kepegawaian termasuk Reformasi Birokrasi.

Secara khusus anggota komisi I DPRD menyampaikan apresiasi terhadap mekanisme seleksi ASN Tahun 2021 dengan menggunakan sistem CAT yang telah menciptakan mekanisme tes yang benar-benar akuntabel. “Dari pengamatan kami selama pelaksanaan seleksi CASN, sistem ini telah terbukti melahirkan proses seleksi yang benar-benar akuntabel dan bebas dari peluang intervensi dari pihak manapun”, ungkap salah satu anggota Komisi I yang hadir. Dalam pernyataan penutup terungkap pentingnya anggota legislatif mendapatkan informasi yang memadai dan komprehensif terkait pembinaan dan penyelenggaraan manajemen kepegawaian sehingga dapat dijadikan bahan pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD.

Read more