Tembus Nilai 503, Gus Willie “Diganjar” Apresiasi

 Denpasar. Ida Bagus Willie Pramudita Dirganata meraih nilai tertinggi dan mencetak rekor nilai tertinggi diatas 500 dalam serangkaian pelaksanaan SKD Seleksi Sekolah Kedinasan dengan menggunakan CAT BKN di Kantor Regional X BKN Denpasar pada Kamis (30/06).
Gus Willie panggilan akrabnya, mencatatkan raihan nilai 503 dengan rincian TWK 125, TIU 170 dan TKP 208. Capaian ini sekaligus menjadi yang tertinggi selama penyeleanggaraan SKD Sekdin dengan CAT BKN yang berlangsung dari tanggal 10 Juni sd 30 Juni 2022 yang menyeleksi delapan sekolah kedinasan tahun ini.
 WhatsApp Image 2022-06-30 at 6.59.02 PM (1)
Atas capaian ini, alumni DOSMAN Gianyar ini diberikan apresiasi oleh Kanreg X BKN Denpasar dan Balai Diklat Keuangan Denpasar. Gus Willie mengaku bahwa tips capaian prestasi ini adalah tekun belajar dan mencoba berbagai simulasi dan aneka model soal baik melalui media sosial maupun simualasi CAT yang ada di website BKN. “Saya memulai dari bagian sub tes TIU terlebih dahulu , lalu TKP dan TWK terakhir” terang Gus Wille berbagi tips suksesnya.
WhatsApp Image 2022-06-30 at 6.59.03 PM (1)
Read more

Studi Komparasi Pembangunan Zona Integritas BKPSDM Kabupaten Buleleng

WhatsApp Image 2022-06-30 at 6.34.09 PM
“ede je kalah, sapih gen tiang sing nyak.”
Denpasar. Itulah petikan kalimat penggugah semangat dan tekat kuat tim pembangunan Zona Integritas BKPSDM Kabupaten Buleleng saat melakukan studi komparasi tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut pembangunan Zona Integritas di Kantor Regional X BKN Denpasar pada Kamis (30/06) bertempat di Ruang Arjuna Kanreg X BKN.
WhatsApp Image 2022-06-30 at 6.34.10 PM
WhatsApp Image 2022-06-30 at 6.35.31 PM
Rombongan tim pembangunan Zona Integritas ini dipimpin oleh Sekretaris BKPSDM Kabupaten Buleleng, Made Duala dan diterima langsung oleh Tim RB/ZI Kanreg X BKN Denpasar yang diketui oleh Ketut Buana. Dalam studi komparasi ini dipresentasikan keseluruhan tahapan pembangunan Zona Integritas di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar yang mengusung konsepsi Kanreg X BKN Reborn. Buana juga menjelaskan tentang berbagai tips dan pengalaman pembangunan hingga memperoleh apresiasi Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi Tahun 2021.
Dalam sesi tanya jawab masing-masing ketua/anggota pokja dan agen perubahan juga menyampaikan pengalaman-pengalaman mereka terlibat dalam pembangunan Zona Integritas di Kanreg X BKN Denpasar. “Kami punya kewajiban untuk mendorong pembangunan zona integritas di instansi yang menjadi mitra kerja kami, dan tentunya gerak cepat Kabupaten Buleleng ini patut diapresiasi” tegas Buana.
Tim ZI BKPSDM Kabupaten Buleleng terkesan dengan berbagai upaya perubahan baik jangka pendek dan rencana jangka panjang yang dilakukan tim RB/ZI Kanreg X BKN Denpasar. Hal tersebut memantik semangat yang sama untuk mewujudkan zona integritas wilayah bebas dari korupsi di BKPSDM Kabupaten Buleleng. Pasca studi komparasi ini, tim ZI Kabupaten berencana segera melakukan langkah perbaikan untuk percepatan pemenuhan persyaratana ZI WBK.
Read more

Sosialisasi SI ASN dan DMS OCR Di Wilayah Prov. NTT

Kupang, NTT. Kamis (30/06), dalam rangkaian lawatan tugas dan Pendekatan Pelayanan Kepegawaian , Deputi SINKA BKN Suharmen , SKom., M.Si didampingi Kakanreg X BKN Denpasar Drs. Paulus Dwi Laksono H.MAP dan Direktur Arsip Kepegawaian Yudhantara Bayu Wiratmoko S.Kom ., M.Si melakukan kunjungan kerja di Propinsi NTT dan diterima langsung oleh Plt. Setda Prop NTT Yohana Lisapaly . Acara yg diselenggarakan secara daring dan luring di kantor BKD Prop NTT ini dipandu langsung oleh Kepala BKD Prop.NTT Henderina Laiskodat serta dihadiri Branch Manager (BM) PT. Taspen (Persero) Cabang Kupang Yudhi Sudaryanto dan diikuti oleh pejabat pengelola kepegawaian OPD di lingkungan Prop. NTT dan seluruh Kepala BKPSDM Kota dan Kabupaten se Propinsi NTT. Dalam kegiatan ini dilakukan pula pelatihan DMS OCR.
 WhatsApp Image 2022-06-30 at 3.40.26 PM (1)
Dalam kesempatan ini Deputi Sinka BKN Suharmen S.Kom ., M.SI menyampaikan sosialisasi SIASN kepada seluruh ASN di wilayah Prop NTT dan menegaskan pentingnya pengelolaan manajemen secara digital dengan dukungan data yang selalu terupdate. Dijelaskan lebih lanjut SI ASN merupakan sistem digital berbasis kompetensi dengan didukung arsip kepegawaian yg komprehensif. Aplikasi SI ASN menyederhakan sistem aplikasi kepegawian yang selama ini berjalan dan sekaligus memudahkan para pengelola manajemen ASN dalam memberikan pelayanan kepegawaian.
WhatsApp Image 2022-06-30 at 3.40.26 PM (3)
Sementara itu, Yudhantoro Bayu Wiratmoko S.Kom., M.Si selaku Direktur Arsip Kepegawaian mengatakan untuk menjamin efisiensi, efektifitas dan akurasi pengambilan keputusan pelaksanaan manajemen ASN berbasis data melalui ASN dan DMS OCR yang mudah diaplikasikan, diakses serta keamanan yang baik, perlu mengintegrasikan digital kepegawaian menuju satu data ASN. “Sehingga keakuratan informasi data ASN akan lebih ditunjang dengan adanya integrasi arsip kepegawaian yang baik dan muktahir”, jelasnya.
Di akhir kegiatan ini Kakanreg X BKN Denpasar Paulus Dwi Laksono memberikan apresiasi kepada Kepala BKD Prop NTT yg telah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi SI ASN dan pelatihan DMS OCR dengan baik dan lancar. Semoga kegiatan seperti ini selalu dilakukan untk memudahkan komunikasi dan kolaborasi antara para pengelola kepegawian di wilayah kerja Kantor Regional X BKN Denpasar.
Read more

PENINGKATAN PELAYANAN KEPEGAWAIAN (P2K) DI KABUPATEN LEMBATA

  WhatsApp Image 2022-06-28 at 5.14.27 PM
Lembata, NTT. Kantor Regional X BKN semakin memantapkan langkah untuk senantiasa hadir dalam memberikan pelayanan kepegawaian di wilayah kerjanya. Peningkatan Pelayanan Kepegawaian (P2K) kembali digelar dan tahun 2022 ini dilaksanakan di ‘lewo tanah’ Lembata. Setelah memetakan permasalah Kepegawaian di Kabupaten Lembata melalui Focus Grup Discussion pada Senin lalu (6/6), sejumlah kegiatan diagendakan dalam P2K yang akan berlangsung selama 4 hari. Rangkaian kegiatan P2K dibuka oleh Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen pada Selasa (28/6) bertempat di Ballroom Hotel Olympic.
WhatsApp Image 2022-06-29 at 6.54.08 PM
Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen menyampaikan sambutan
WhatsApp Image 2022-06-28 at 5.14.31 PM
Kepala Kantor Regional X BKN saat menyampaikan laporan terkait kegiatan P2K di Lembata, NTT
Sementara disampaikan Kepala Kantor Regional X BKN, Paulus Dwi Laksono dalam laporannya disampaikan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan dalam P2K, yaitu bimbingan teknis pengelolaan kinerja ASN, perencanaan kebutuhan ASN, sosialisasi disiplin PNS, pengembangan karier dan pengembangan kompetensi PNS, hingga sistem kerja baru pasca penyederhanaan birokrasi. “Kami juga menargetkan PDM bagi PNS kabupaten Lembata tuntas 100% dalam P2K kali ini, dan dipenghujung kegiatan nanti akan ada sesi FGD permasalahan Kepegawaian dan asistensi bagi admin aplikasi Kepegawaian di BKPSDMD Kabupaten Lembata.” jelasnya.
Kegiatan yang juga dirangkaikan dengan penyerahan SK CPNS dan PPPPK tersebut dihadiri oleh Penjabat Bupati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah serta pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Lembata.
Dalam pengarahan pembukaan, Deputi SINKA BKN mengapresiasi langkah aktif Kantor Regional X BKN dan berharap momentum ini menjadi ajang bagi Lembata untuk meningkatkan kualitas pengelolaan ASN sehingga semakin optimal melayani masyarakat.
Penjabat Bupati Lembata, Marsianus Jawa mengingatkan agar perwakilan setiap OPD hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan P2K secara serius. “Tim BKN dan Kanreg X BKN hadir secara khusus ke tanah Lembata, manfaatkan sebaik mungkin. Mari sebagai ASN kita semangat berkinerja untuk membangun Lembata lebih baik lagi, ” tegasnya.
Setelah acara pembukaan, kegiatan P2K hari pertama diisi dengan pemaparan kebijakan Sistem Informasi Manajemen ASN oleh Deputi SINKA BKN, Sosialisasi Data Management System oleh Direktur Arsip Kepegawaian BKN dan Demo Aplikasi SI ASN oleh tim PPSI ASN BKN. Selain itu, juga dilakukan kegiatan PDM di kantor BKD Kab.Lembata, dengan fokus 51 ASN yang belum sama sekali melakukan registrasi pada aplikasi MySAPK.
WhatsApp Image 2022-06-29 at 6.57.52 PM (1)
Kegiatan PDM di kantor BKD Kab.Lembata
Semangat teman-teman ASN Kabupaten Lembata dan selamat bertugas Tim P2K Kanreg X BKN.
Read more

TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN KEPEGAWAIAN, BKPSDM BULELENG CANANGKAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

Singaraja. Melanjuti surat Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar tentang himbauan pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM, Badan Kepegawaian Pelatihan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buleleng bergerak cepat dengan melakukan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada 13 Juni 2022 lalu.

Untitled

Pencanangan tersebut sebagai bentuk komitmen BKPSDM untuk meningkatkan kualitas pelayanan public yang bebas dari praktik-praktik KKN terutama terkait dengan pelayanan public yang menjadi tugas dan kewenangannya.  Pencanangan pembangunan Zona Integritas juga sebagai tindak lanjut dari terbitnya Keputusan Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng, Nomor: 800/947.1/II/2022, tentang Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Pencanangan Zona Integritas ini diisi dengan penandatanganan komitmen bersama yang dilakukan oleh seluruh unsur pimpan dan staff di lingkungan BKPSDM.

Dalam pengarahannya Kepala BKPSDM Kabupaten Buleleng menekankan pentingnya penguatan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, serta melakukan inovasi secara berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian. Di samping itu, seluruh kompenen karyawan di lingkungan BKPSDM diminta berperan aktif dalam memahami dan mengaktualisasikan nilai- nilai pembangunan zona integritas dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Untitled2

Selanjutnya tim pembangunan Zona Integritas menyusun Rencana Kerja/Aksi Pembangunan Zona Integritas BKPSDM Kabupaten Buleleng Tahun 2022 – 2026. Adapun agenda percepatan pembangunan Zona Integritas menitikberatkan pada komponen Reform dan komponen Hasil (antara lain: 1) nilai survey persepsi korupsi (eksternal), dan 2) nilai persepsi kualitas pelayanan (eksternal), di samping juga pemenuhan komponen pengungkit, yaitu 1) Manajemen Perubahan, 2) Penataan Tata Laksana, 3) Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, 4) Penguatan Akuntabilitas, 5) Penguatan Pengawasan, dan 6) Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

Read more