Kesetaraan Perempuan Dan Laki-Laki Dalam Mewujudkan Lingkungan Kondusif Bagi Perempuan dan Anak

“Wanita Indonesia sebagai Ibu Bangsa…Insan pembangunan mitra sejajar pria…Merdeka melaksanakan dharma tuk mencapai cita-cita Indonesia nan Jaya adil makmur merata…”

Denpasar. Sekelumit lirik lagu Hymne Hari Ibu terdengar dalam upacara bendera yang digelar di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar dalam rangka memperingati Hari Ibu pada Selasa (22/12). Lirik tersebut juga selaras dengan  Tema Peringatan Hari Ibu ke-87 Tahun 2015 yakni “Kesetaraan Perempuan dan Laki-laki dalam mewujudkan lingkungan yang kondusif untuk perlindungan Perempuan dan Anak.”

hari ibu 3Istiyarno S.IP saat menyampaikan amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise

Dalam amanat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise, yang disampaikan Istiyarno S.IP selaku Inspektur Upacara, dikatakan bahwa Peringatan Hari Ibu diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang mencapai kemajuan bangsa. Saat ini pun Perempuan dan Laki-laki memiliki peran dan kedudukan yang setara dalam mencapai keberhasilan pembangunan, memiliki akses atas sumber daya, serta terlibat dalam proses pengambilan keputusan. “Berbagai kemajuan telah dicapai untuk peningkatan kualitas hidup dan kemandirian perempuan di berbagai bidang strategis, namun tidak dipungkiri bahwa perempuan dan anak dengan jumlah hampir 80 persen dari total penduduk yang ada, masih menjadi kelompok masyarakat yang rentan dari berbagai bentuk kekerasan, eksploitasi dan perlakukan diskriminatif lainnya. Sehingga diperlukan pelibatan dan peningkatan peran kaum laki-laki dan keluarga dalam pembangunan yang harus terus dikampanyekan untuk menjadi satu gerakan massive dan berkesinambungan dalam rangka penghapusan segala bentuk kekerasan dan perlakuan diskriminatif lainnya terhadap perempuan dan anak” ungkapnya.

hari ibu 4Peserta upacara upacara bendera memperingati Hari Ibu ke-87 Tahun 2015

Peringatan Hari Ibu ini sekaligus menjadi momentum untuk mengajak semua perempuan untuk terus berkarya, memiliki kemandirian, kreatif, inovatif, percaya diri dan berkualitas sehingga bersama laki-laki menjadi sumber daya potensial dalam membangun bangsa saat ini dan saat mendatang.

hari ibu 1Petugas upacara bendera memperingati Hari Ibu ke-87 Tahun 2015

Sementara itu, Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ibu di Kanreg x BKN Denpasar juga terlihat berbeda. Tak hanya petugas pengibar bendera, seluruh petugas upacara merupakan perempuan-perempuan anggun yang bekerja sebagai pegawai di Kanreg X BKN Denpasar. (IRN/YUDANA)