Tim Evaluator RB Terkesan Dengan Pelayanan Kepegawaian Kanreg X BKN

Denpasar. Tim Evaluator dari Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) terkesan dengan manajemen pelayanan kepegawaian khususnya inovasi pelayanan kepegawaian serta semangat seluruh pegawai Kanreg X BKN yang sangat tinggi untuk terus meningkatkan kinerjanya serta kualitas pelayanan kepegawaian. Hal tersebut diungkapkan Koordinator Tim Evaluator Kemenpan RB Nadimah, usai melakukan verifikasi manajemen pelayanan kepegawaian di lingkungan Kanreg X BKN pada Selasa (18/10) di ruang PPT (Pusat Pelayanan Terpadu) Kanreg X BKN.

Sebelumnya, Tim Evaluator Kemenpan RB yang dikoordinir oleh Nadimah dan beranggotakan Endang Purwaningsih dan Ummu Nur Hanifah, telah melakukan verifikasi serta penilaian terhadap perkembangan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM (Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani). Selain melakukan verifikasi dokumen terkait dengan pelayanan kepegawaian di ruang Arjuna, Tim Evaluator juga melakukan peninjauan di ruang PPT sekaligus memeriksa fasilitas yang disediakan pihak Kanreg X BKN terkait dengan pelayanan kepegawaian. Tidak sungkan, Tim Evaluator ini pun mencoba beberapa fasilitas yang berada di PPT, seperti Layanan Anjungan Mandiri serta mesin survey IKP (Indeks Kepuasan Pelayanan) bagi pengguna layanan kepegawaian di Kanreg X BKN.

rb2Tim Evaluator Kemenpan RB saat meninjau fasilitas di ruang PPT Kanreg X BKN

Drs. Made Ardita M.Si selaku Kepala Kanreg X BKN menyambut baik atas dilakukannya penilaian Tim Evaluator RB baik dari BKN Pusat maupun dari Kemenpan RB. Melalui penilaian ini, pihaknya dapat terus melakukan evaluasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepegawaian serta dalam membangun inovasi terkait pembangunan fasilitas bagi pengguna layanan Kanreg X BKN, sehingga pelayanan dapat lebih mudah dan cepat.

rb3Drs. Made Ardita M.Si (tengah) menyampaikan apresiasinya atas dilakukannya evaluasi pembangunan Zona Integritas menuju WBK WBBM di lingkungan Kanreg X BKN

Dalam kesempatan ini pun, Nudimah selaku koordinator Tim Evaluator RB dari Kemenpan RB menyampaikan bahwa dalam penilaian pelaksanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBK WBBM ini menggunakan strategi bottom up, yakni membangun miniatur RB mulai dari unit-unit pelayanan yang lebih kecil. jika sebelumnya telah dilakukan penilaian di BKN Pusat, kini pihaknya akan menilai kemajuan pelaksanaan kebijakan penerapan sistem manajemen pelayanan kepegawaian di lingkungan Kanreg X BKN. “Kami akan melihat upaya Kanreg X BKN dalam membangun Zona Integritas. Dalam diskusi ini, kami juga akan menilai perbaikan di 6 area, yakni Tata Laksana, Sumber Daya Manusia Aparatur, Pengawasan, Akuntabilitas, Pelayanan Publik serta Mindset dan Cultural Set Aparatur. Selanjutnya, hasil penilaian ini akan diverifikasi dengan hasil penilaian dari Tim RB BKN Pusat dan akan dibahas lebih lanjut dalam Kemenpan RB. Hasilnya akan diumumkan pada 9 Desember bersamaan dengan Hari Anti Korupsi” ungkapnya. (IRN)