Kanreg X BKN Gelar Talent Pool Dengan Objektif, Akuntabel Dan Independen

Denpasar. Salah satu program strategis BKN adalah melakukan penilaian potensi dan kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator secara nasional melalui penyusunan profil kompetensi manajerial. BKN melalui Pusat Penilaian Kompetensi  ASN akan memfasilitasi penilaian potensi dan kompetensi bagi 4000 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di seluruh Indonesia. Sementara Penilaian potensi dan kompetensi ASN se-wilayah kerja Kanreg X BKN dibuka pada Senin (31/07) di Kanreg X BKN Denpasar dan dihadiri oleh Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti, SH, M.Si, Kepala Pusat Penilaian Kompetensi ASN BKN DR. Purwanto SH, M.Si, Kabag. Kepegawaian Biro SDM, Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Kabinet RI Heny Nafilah, SH, LLM, serta Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si,

Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.H saat memberikan sambutan

Dalam sambutannya, Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.H, menegaskan pihaknya memiliki komitmen untuk terus berupaya meningkatkan pelayanan di bidang kepegawaian dan pengembangan SDM terhadap seluruh PNS di wilayah kerja Kanreg X BKN, sehingga terus berkembang ke arah yang lebih baik. Sementara hasil Talent Pool ini akan dimanfaatkan untuk memetakan pejabat pada posisi atau jabatan yang sesuai dengan potensi dan kompetensinya atau sebagai bahan rekomendasi untuk mengikuti seleksi pada jabatan yang lebih tinggi untuk sistem kaderisasi penempatan calon pejabat di daerah. Dengan Prinsip objektif, akuntabel, dan independen serta berbasis Sistem Merit, Talent Pool sangat bermanfaat sebagai awal penyediaan database profil kompetensi calon dan pejabat tinggi ASN dan untuk pengisian JPT yang lowong di kemudian hari. Selain itu data Talent Pool dapat digunakan sebagai dasar penerapan manajemen ASN serta menjadi acuan bagi pengembangan kompetensi kepemimpinan untuk perubahan birokrasi.

Sementara itu ditanya dalam wawancara terpisah, Usman Gumanti mengatakan pengisian jabatan JPT dapat dilakukan dengan seleksi terbuka, sementara penilaian yang saat ini dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi pejabat JPT serta pejabat Administrator  untuk pengembangan SDM. Hasil penilaian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan pimpinan dalam melakukan rotasi serta mutasi dan mempersiapkan  pegawai yang bersangkutan dalam memangku jabatan sebagai JPT.

Suasana saat Sekretaris Utama BKN memberikan pengarahan

Kegiatan penilaian potensi dan kompetensi dalam rangka penyusunan Talent Pool Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dan Administrator di lingkungan wilayah kerja Kantor Regional X BKN ini akan berlangsung selama 5 (lima) hari dari tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2017, dan diikuti oleh 358 peserta yang terdiri dari 83 Pejabat JPT dan 275 Pejabat Administrator. Seluruh peserta harus mengikuti beberapa tes, yakni tes psikometri, tes analisis kasus, tes kognitif, Leadership Group Discussion, dan wawancara, yang akan dipandu langsung oleh assesor. (IRN)