Dukung Agenda Pembangunan Nasional, BKN Akan Gelar Talent Pool

Denpasar. Salah satu langkah strategis yang dilakukan oleh BKN dalam menjalankan tugasnya sebagai pembina dan penyelenggara penilaian kompetensi ASN yaitu menyiapkan database potensi dan kompetensi JPT dan Administrator atau dikenal dengan Talent Pool. Penyusunan Talent Pool dilakukan melalui penilaian potensi dan kompetensi JPT dan Administrator. Kegiatan penilaian potensi dan kompetensi JPT dan Administrator yang diselenggarakan oleh BKN ini merupakan respon atas sasaran yang ingin dicapai oleh Pemerintah dalam kaitannya dengan Agenda Pembangunan Nasional, yaitu “Membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpercaya.”

Sebelum membuka secara resmi, Sekretaris Utama BKN memberikan pengarahan kepada seluruh peserta sosialisasi Talent Pool

Dijelaskan Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti, dengan mengetahui profil potensi dan kompetensi dari para pejabat, setiap instansi dapat mengetahui kekuatan SDM dari  keseluruhan PNS yang ada di  instansinya, melakukan promosi atau reposisi berdasarkan penilaian yang obyektif dan akurat berdasarkan pada potensi dan kompetensi, serta melakukan pembinaan dan pengembangan berdasarkan gap kompetensi antara kompetensi yang dimiliki oleh pegawai dengan kompetensi yang dipersyaratkan jabatannya.

Kepala Kanreg X BKN Denpasar

Sementara Kepala Kanreg X BKN, Ida Ayu Rai Sri Dewi menegaskan, sesuai dengan Inpres Nomor 3 Tahun 2015 tentang Percepatan Pengisian JPT, instansi  diharapkan dapat melakukan pengisian JPT yang  lowong secara cepat dan tepat untuk menghindari  terjadinya kekosongan jabatan, dan dilakukan dengan terbuka dan kompetitif dengan menggunakan suatu mekanisme penilaian kompetensi yang objektif, terukur dan terstandar. Untuk Wilayah Kerja Kanreg X BKN akan dilakukan mulai bulan Maret hingga Agustus 2018 di 16 Kab/Kota dan Provinsi sewilayah kerja Kanreg X BKN yakni Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Talk Show terkait penilaian potensi dan kompetensi JPT dan Administrator

Pelaksanaan Talent Pool ini juga telah disosialisasikan kepada para Sekretaris Daerah, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (Kepala BKPSDM/BKPP) Prov./Kab/Kota di wilayah kerja Kantor Regional V BKN, Kantor Regional IX BKN, Kantor Regional X BKN dan Kantor Regional XIV BKN, yang digelar Kamis (22/02) di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN Denpasar. Dalam sosialisasi ini juga diadakan talk show dengan narasumber -   Komisioner KASN DR. Ir. Nuraida Mokhsen, MA dan Assessor SDM Aparatur Ahli Utama BKN Yulina Setyawati Ningsih Nugroho, SH.,MM. (IRN)