Mantapkan Ujian Dinas Dengan CAT, Peserta Ikuti Simulasi

Denpasar. Memasuki ruang ujian Computer Assissted Test (CAT) di Lantai 3 Kanreg X BKN, peserta Ujian Dinas Tingkat I dan II yang merupakan PNS di lingkungan Pemkab.Buleleng  tampak tegang. Usai duduk di kursi yang disesuaikan dengan nomor absen masing-masing, mereka pun mendapatkan pengarahan bagaimana teknis mengerjakan soal ujian dengan menggunakan sistem CAT , mulai dari mengisi username hingga proses ujian selesai.

      Peserta ikuti simulasi Ujian Dinas dengan sistem CAT

Namun setelah pengarahan, ada beberapa peserta yang masih tampak kebingungan dan akhirnya mengangkat tangan untuk menanyakan bagaimana teknis menjawab soal dan mengulang jawaban. Dengan sigap, panitia CAT Kanreg X BKN segera memberikan penjelasan kembali. Setelah mengerti, peserta kembali melanjutkan menjawab soal ujian hingga selesai. Wajah serius di depan monitor tampak terlihat di hampir seluruh peserta. Apalagi ujian dengan sistem CAT, peserta pun tak bisa melirik monitor sebelahnya karena soal bisa saja berbeda.

Hal tersebut  terlihat dalam Simulasi Ujian Dinas Tingkat I dan II di lingkungan Pemkab. Buleleng pada Kamis siang (12/04) yang diikuti 36 peserta. 18 diantaranya merupakan peserta Ujian Dinas Tingkat I dan 18 sisanya merupakan peserta Ujian  Dinas Tingkat II. Selain Kepala Bagian Tata Usaha Kanreg X BKN Subagyo S.Sos dan Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg X BKN Djati Suroso, Kegiatan ini juga dipantau langsung oleh Kepala BKPSDM Pemkab. Buleleng I Gede Wisnawa, SH.

       Kepala BKPSDM Kab. Buleleng memantau jalannya                                                           simulasi

Ujian Dinas tingkat I dan II akan digelar pada Jumat (13/04) dengan menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT). Namun sebagai persiapan , peserta diberikan pengarahan tentang bagaimana teknis pelaksanaan ujian dinas tersebut. Materi yang diujikan diantaranya Peraturan Perundang-undangan, Pengetahuan Perkantoran, Rencana Startegis Instansi dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja. (IRN)