Dengan Layanan Digital, BKN Realisasikan Produktivitas Kerja Selama WFH

Sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, seluruh sektor baik swasta dan pemerintahan dituntut beradaptasi untuk tetap produktif di tengah keterbatasan mobilitas (physical distancing). Begitu pula dengan profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) di sejumlah layanan yang mulai bekerja dengan cara kerja baru melalui penerapan “Work from home” (WFH). Dengan penerapan sistem WFH, proses bisnis kerja ASN di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara otomatis didominasi oleh pelayanan digital. Di awal penerapan WFH, BKN memberlakukan 90% pegawai WFH dan 10% bekerja di kantor, serta seluruh pengurusan pelayanan kepegawaian diselesaikan dengan basis digital. Selama penerapan WFH, sejumlah bidang layanan di BKN juga melakukan ragam terobosan, seperti penilaian kompetensi daring (Assessment Center Online), seleksi calon Jabatan Pimpinan Tinggi dengan metode CAT online, penerapan Digital Signature (DS) untuk dokumen kepegawaian, pemberlakuan My SAPK 2.0 yang dapat diakses lewat smartphone yang mempermudah ASN memantau kepengurusan usulan kenaikan pangkat dan pensiun. Di samping itu proses komunikasi dan koordinasi kerja di internal BKN maupun dengan stakeholders yang dilakukan secara virtual berdampak pada efektivitas dan efisiensi kerja. Mulai dari koordinasi virtual yang dapat dijangkau pegawai di manapun berada, penyelesaian kerja dapat dilakukan dari masing-masing lokasi pegawai, sampai dengan kecepatan penyelesaian ribuan dokumen kepegawaian dengan DS.

Dilatarbelakangi dengan adaptasi cara kerja baru selama pandemi, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan BKN selaku Instansi Pembina Manajemen Kepegawaian akan mulai menerapkan sistem digital pada seluruh proses bisnis pelayanan di BKN. “Kita harus secara serius dan radikal mencoba mengubah sebanyak mungkin proses bisnis menjadi digital. Dengan begitu BKN akan menjadi role model perubahan organisasi ke depan. We aim for number one,” imbuhnya.

Jakarta, 28 Mei 2020

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama

Paryono , S.H., M.A.P

WhatsApp Image 2020-05-28 at 21.29.49

sumber  : https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Dengan-Layanan-Digital-BKN-Realisasikan-Produktivitas-Selama-WFH.pdf