Perbedaan
Ini menunjukkan perbedaan antara versi yang terpilih dengan versi yang sedang aktif.
Kedua sisi revisi sebelumnyaRevisi sebelumnyaRevisi selanjutnya | Revisi sebelumnya | ||
ensiklopedia:penggajian_tunjangan_dan_fasilitas_pns [2023/02/19 09:11] – erlita | ensiklopedia:penggajian_tunjangan_dan_fasilitas_pns [2023/02/20 02:45] (sekarang) – erlita | ||
---|---|---|---|
Baris 2: | Baris 2: | ||
===== Dasar Hukum ===== | ===== Dasar Hukum ===== | ||
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
- | | + | |
===== Gaji ===== | ===== Gaji ===== | ||
Baris 57: | Baris 57: | ||
**Nomor 1** | **Nomor 1** | ||
Ibu A diangkat sebagai CPNS dalam golongan ruang III/a, TMT 01-03-2022 dengan masa kerja 00 tahun 00 bulan, diangkat menjadi PNS TMT 01-03-2023 | Ibu A diangkat sebagai CPNS dalam golongan ruang III/a, TMT 01-03-2022 dengan masa kerja 00 tahun 00 bulan, diangkat menjadi PNS TMT 01-03-2023 | ||
- | __Perhitungan: | + | \\ __Perhitungan: |
*Berpedoman pada daftar gaji pokok PNS | *Berpedoman pada daftar gaji pokok PNS | ||
*KGB untuk golongan ruang III jatuh pada masa kerja tahun genap | *KGB untuk golongan ruang III jatuh pada masa kerja tahun genap | ||
Baris 65: | Baris 65: | ||
**Nomor 2** | **Nomor 2** | ||
Bapak B diangkat sebagai CPNS dalam golongan ruang II/c, TMT 01-01-2022 dengan masa kerja 03 tahun 00 bulan, diangkat menjadi PNS TMT 01-01-2023 | Bapak B diangkat sebagai CPNS dalam golongan ruang II/c, TMT 01-01-2022 dengan masa kerja 03 tahun 00 bulan, diangkat menjadi PNS TMT 01-01-2023 | ||
- | __Perhitungan: | + | \\ __Perhitungan: |
*Berpedoman pada daftar gaji pokok PNS | *Berpedoman pada daftar gaji pokok PNS | ||
*KGB untuk golongan ruang II jatuh pada masa kerja tahun ganjil | *KGB untuk golongan ruang II jatuh pada masa kerja tahun ganjil | ||
Baris 83: | Baris 83: | ||
| diberikan untuk 1 istri/suami pegawai negeri yang sah | diberikan maksimal untuk 2 orang anak | | | diberikan untuk 1 istri/suami pegawai negeri yang sah | diberikan maksimal untuk 2 orang anak | | ||
| besaran tunjangan suami/istri adalah 10% dari gaji pokok | besaran tunjangan anak adalah 2% per anak dari gaji pokok | | | besaran tunjangan suami/istri adalah 10% dari gaji pokok | besaran tunjangan anak adalah 2% per anak dari gaji pokok | | ||
- | | apabila suami maupun istri sama-sama berstatus PNS, maka tunjangan hanya diberikan kepada PNS yang mempunyai gaji pokok lebih tinggi | belum melampui batas usia 21 tahun ; belum pernah menikah | + | | apabila suami maupun istri sama-sama berstatus PNS, maka tunjangan hanya diberikan kepada PNS yang mempunyai gaji pokok lebih tinggi | < |
| tunjangan diberhentikan pada bulan berikutnya apabila terjadi perceraian atau meninggal dunia | tunjangan diberhentikan pada bulan berikutnya apabila meninggal dunia atau tidak memenuhi ketentuan pemberian tunjangan | | | tunjangan diberhentikan pada bulan berikutnya apabila terjadi perceraian atau meninggal dunia | tunjangan diberhentikan pada bulan berikutnya apabila meninggal dunia atau tidak memenuhi ketentuan pemberian tunjangan | | ||
| untuk memperoleh tunjangan istri/suami harus dibuktikan dengan surat nikah dari KUA atau akta nikah dari Kantor Catatan Sipil | nyata menjadi tanggungan PNS yang bersangkutan | | | untuk memperoleh tunjangan istri/suami harus dibuktikan dengan surat nikah dari KUA atau akta nikah dari Kantor Catatan Sipil | nyata menjadi tanggungan PNS yang bersangkutan | | ||
Baris 134: | Baris 134: | ||
^ Pemotongan Tukin dikenakan pada ^ Besar Potongan ^ | ^ Pemotongan Tukin dikenakan pada ^ Besar Potongan ^ | ||
| Pegawai yang tidak membuat laporan penilaian kinerja pegawai | 35% | | | Pegawai yang tidak membuat laporan penilaian kinerja pegawai | 35% | | ||
- | | Pegawai yang tidak mencapai penilaian capaian kinerja yang dipersyaratkan dalam 1 bulan | 10% untuk predikat “cukup”, 15% untuk predikat “kurang”, 20% untuk predikat “sangat kurang” | | + | | Pegawai yang tidak mencapai penilaian capaian kinerja yang dipersyaratkan dalam 1 bulan | < |
| Pegawai yang TM (tidak masuk) | 0,5% s.d. 1,5% | | | Pegawai yang TM (tidak masuk) | 0,5% s.d. 1,5% | | ||
| Pegawai yang PC (pulang cepat) | 0,5% s.d. 1,5% | | | Pegawai yang PC (pulang cepat) | 0,5% s.d. 1,5% | | ||
Baris 206: | Baris 206: | ||
**STANDAR BARANG** | **STANDAR BARANG** | ||
- | {{: | + | \\ {{: |
Baris 227: | Baris 227: | ||
^ Tipe ^ Diperuntukan bagi ^ Luas Bangunan (m2) ^ Luas Tanah (m2) ^ | ^ Tipe ^ Diperuntukan bagi ^ Luas Bangunan (m2) ^ Luas Tanah (m2) ^ | ||
- | | Tipe Khusus | Menteri, Kepala Lembaga Pemerintah Non Departemen, Kepala Lembaga Tinggi Negara, Pejabat yang jabatannya setingkat dengan Menteri | 400 | 1.000 | | + | | Tipe Khusus | < |
- | | Tipe A | Sekretaris Jenderal, Inspektur Jenderal, Direktur Jenderal, Kepala Badan, Deputi, Pejabat yang jabatannya setingkat Eselon I atau PNS Golongan IV/e dan IV/d | 250 | 600 | | + | | Tipe A | < |
- | | Tipe B | Direktur, Kepala Biro, Inspektur, Kepala Pusat, Kepala Kantor Wilayah, Asisten Deputi, Sekretaris Direktorat Jenderal, Sekretaris Badan, Pejabat yang jabatannya setingkat Eselon II atau PNS Golongan IV/d dan IV/e | 120 | 350 | | + | | Tipe B | < |
- | | Tipe C | Kepala Sub Direktorat, Kepala Bagian, Kepala Bidang, Pejabat yang jabatannya setingkat Eselon III atau PNS Golongan IV/a sampai dengan IV/c | 70 | 200 | | + | | Tipe C | < |
- | | Tipe D | Kepala Seksi, Kepala Sub Bagian, Kepala Sub Bidang, Pejabat yang jabatannya setingkat Eselon IV atau PNS Golongan III/a sampai dengan III/b | 50 | 120 | | + | | Tipe D | < |
- | | Tipe E | Kepala Sub Seksi, Pejabat yang jabatannya setingkat atau PNS Golongan II/d ke bawah | 36 | 100 | | + | | Tipe E | < |
Tidak semua instansi bisa menyediakan rumah dinas bagi pegawainya. Hal ini tergantung kondisi anggaran dan keuangan masing-masing instansi. Terkadang, rumah dinas menjadi syarat wajib bagi sebuah instansi, terutama yang berada di lokasi terpencil seperti daerah kepulauan atau pegunungan. | Tidak semua instansi bisa menyediakan rumah dinas bagi pegawainya. Hal ini tergantung kondisi anggaran dan keuangan masing-masing instansi. Terkadang, rumah dinas menjadi syarat wajib bagi sebuah instansi, terutama yang berada di lokasi terpencil seperti daerah kepulauan atau pegunungan. |