Majalah X-MEDIA edisi XXI-2024

Kembali

Resensi Buku
‘The Great Shifting’, Sebuah Upaya untuk Mempertahankan Relevansi Kita

Sebuah gambar berisi teks, Font, poster, Pamflet Deskripsi dibuat secara otomatis

Judul : The Great Shifting, Series on Disruption

Penulis : Rhenald Kasali

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tebal : 523 halaman

The Great Shifting adalah buku kedua dari series Disruption yang ditulis oleh Rhenald Kasali. Seorang penulis yang masyhur dengan pemikiran disruptive-nya. Buku ini diterbitkan pada tahun 2018, yaitu cetakan pertama pada bulan April 2018 dan kedua pada bulan September 2018. Buku ini membahas apa itu shifting dan berbagai perusahaan yang telah berhasil berubah, serta membahas gambaran tentang proyeksi kehidupan dan bisnis dalam sepuluh tahun ke depan, atau hingga empat tahun dari sekarang.

Shifting dalam era disruption yaitu munculnya platform baru yang dalam buku ini ditekankan sebagai munculnya platform teknologi digital. Dari perspektif bisnis, platform digital bukan hanya memindahkan pelanggan namun juga merubah kehidupan. Satu hal berubah, yang lain mengikuti.

Disruption mengakibatkan perusahaan-perusahan incumbent kehilangan pasarnya. Berdasarkan buku ini, perusahaan-perusahaan tersebut harus melakukan shifting dengan cara digitalisasi serta melakukan kerjasama, juga giat berinvestasi dalam hal teknologi komunikasi dan Artificial Intelligence (AI). Shifting tidak hanya terjadi pada dunia bisnis, melainkan juga pada bidang kesehatan, pendidikan, bahkan kebudayaan.

Bahasan dalam buku ini terbagi menjadi empat bab. Bagian I “Platform” yang terdiri dari enam sub bab dengan bahasan diantaranya bagaimana produk menjadi platform, teknologi yang mengubah interaksi manusia, time series ke real time hingga fenomena 2D ke 3D. Bagian II “Kehidupan” membahas shifting dalam berbagai bidang kehidupan kita seperti dalam hal pelayanan kesehatan, pendidikan, perekonomian, ritual kebudayaan hingga shifting ke Desa. Bagian III “Bisnis”, membahas berbagai shifting platform bisnis seperti Insurtech, Fintech, Online Game, Advertising, Belanja Online hingga Factory Outlet. Buku ini kemudian ditutup dengan bagian epilog yang menunjukkan berbagai cara untuk merespon shifting dan keberhasilan yang tidak pernah bersifat final.

Seperti buku-buku sebelumnya, Rhenald Kasali selalu mampu memuaskan para pembaca nya dengan pembahasan yang tidak hanya mengawang-awang namun kaya akan berbagai contoh kasus dan kejadian nyata di sekitar kita. Membuat kita merasakan nyatanya shifting yang terjadi di sekeliling kita. Sesuai pernyataan sang penulis,“Shifting adalah keniscayaan yang akan masuk di setiap aspek kehidupan. Tugas kita adalah berbenah agar tetap relevan dengan perubahan zaman.” GC