Majalah X-MEDIA edisi XXI-2024

Kembali

Laporan Khusus
Jadikan BerAKHLAK sebagai Spirit Perbaikan Pelayanan Publik

Desak Putu Suastini

Manusia dalam kesehariannya tidak akan lepas dari budaya, karena manusia adalah pencipta dan pengguna kebudayaan itu sendiri. Manusia hidup karena adanya kebudayaan, sementara itu budaya akan terus hidup dan berkembang manakala manusia mau melestarikan kebudayaan dan bukan merusaknya. Dengan demikian manusia dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan satu sama lain, karena dalam kehidupannya tidak mungkin tidak berurusan dengan hasil-hasil kebudayaan. Setiap hari manusia melihat dan menggunakan kebudayaan. Budaya kerja merupakan suatu pemahaman sikap dan perilaku yang di terapkan orang-orang sewaktu melaksanakan pekerjaan dalam melaksanakan pekerjaan dalam suatu organisasi nilai yang dianut dalam menerapkan budaya kerja sewaktu bekerja dapat menentukan kualitas suatu pekerjaan yang dilakukan seseorang atau sekelompok orang. Apabila para pegawai yang bekerja dalam suatu instansi mampu menerapkan budaya kerja berkualitas tentu dapat pula meningkatkan kualitas pelayanan publik dari pada pemerintah maupun pemerintah daerah.

Pemerintah telah menetapkan Core Values ASN BerAKHLAK dan Employer Branding “Bangga Melayani Bangsa”, bukan sekadar slogan core values dan employer branding ASN itu harus bisa menjadi akar yang tertanam kuat dalam diri setiap Aparatur Sipil Negara. Dengan berlandaskan Pancasila BerAKHLAK menjadi fondasi kokoh dalam penguatan Budaya Kerja ASN yang professional. Semua instansi pemerintah diharapkan bisa bertumbuh diatas fondasi tersebut untuk mencapai tujuan bersama.

ASN sebagai pemberi pelayanan kepada masyarakat harus memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat, jiwa melayani serta membantu masyarakat wajib tertanam kuat dalam diri setiap ASN. Sudah bukan zaman lagi ASN bergaya seperti “Boss” yang ingin dihormati dan malas-malasan dalam memberikan layanan kepada masyarakat. ASN juga harus memiliki loyalitas tinggi kepada Pemerintah, Bangsa dan Negara serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis. Diperlukan perubahan pola pikir dan sikap mental ASN yang tadinya hierarki menjadi lebih lincah dan inovatif melalui penguatan Budaya Kerja.