Majalah X-MEDIA edisi XXI-2024

Kembali

Event
Berbagi Praktik Baik Peningkatan Akuntabilitas Kinerja: Sharing Innovation Kembali Digelar

Praktik baik di salah satu kerja sebaiknya dibagi, sehingga antar unit bisa saling melengkapi, bukan berlomba-lomba membangun sesuatu yang sama atau sesuatu yang sudah ada. Dengan tajuk kegiatan Sharing Innovation, Kanreg X BKN Denpasar tiada lelah berupaya untuk mendukung standarisasi dan peningkatan pelayanan publik di lingkungan Badan Kepegawaian Negara.

Dalam upaya peningkatan akuntabilitas kinerja yang semakin terstandar, Kantor Regional X BKN Denpasar kembali melakukan Sharing Innovation pemanfaatan aplikasi Manajemen Kinerja Unit yang telah dibangun dan diimplementasikan. Setelah sebelumnya dengan Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin, kali ini kegiatan dilakukan dengan Kantor Regional V BKN DKI Jakarta dan Kantor Regional VII BKN Palembang. Kegiatan yang digelar secara daring tersebit diikuti oleh Kepala Bagian Tata Usaha dan Kepala Bidang informasi Kepegawaian pada kedua Kantor Regional.

Kepala Kantor Regional (Kakanreg) X BKN Denpasar, Yudhantoro Bayu Wiratmoko dalam pengarahannya menyoroti pentingnya kolaborasi dan sinergi pembangunan atau pemanfaatan aplikasi yang telah dibangun untuk dipakai bersama, seperti aplikasi Manajemen Kinerja Unit yang seharusnya bisa saling melengkapi demi mendukung kinerja organisasi. Menurut Kakanreg, selain aplikasi ini, Kantor Regional X BKN telah mengembangkan Sistem Kerja Orbit sebagai implementasi pola kerja pasca penyederhanaan jabatan dan aplikasi peningkatan kinerja berbasis surat tugas yang telah terbukti efektif meningkatkan kinerja. “Penguatan fungsi kesekretariatan dengan dukungan pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah concern kami untuk peningkatan kinerja” ungkap Kakanreg.

Sejalan dengan arahan Kakanreg, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Ketut Buana dalam pengantar kegiatan menyampaikan bahwa Sharing Innovation ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari manajemen inovasi sebagaimana telah diatur dalam Pedoman Pengelolaan dan Tim Manajemen Inovasi di Lingkungan Kantor Regional X BKN Denpasar Nomor 10 Tahun 2024. “Kantor Regional X BKN telah membuat pedoman manajemen inovasi yang mengatur perencanaan, pembangunan, uji coba, sosialisasi dan implementasi, evaluasi efektivitas, hingga diseminasi dan bagi pakai” ungkapnya. Untuk itu Bidang Informasi Kepegawaian melalui Pokja Pembangunan dan Pengembangan Aplikasi telah berupaya memenuhi kebutuhan stakeholder internal maupun penerima layanan akan tools yang diperlukan dalam upaya peningkatan kinerja layanan.

Nyoman Suartawan selaku pemimpin proyek tim pengembang aplikasi mempresentasikan teknis pemanfaatan dan back-end aplikasi. Suartawan juga menjelaskan teknis pemanfaatan dan luaran dari aplikasi yang dapat menyajikan kinerja waktu nyata yang dapat digunakan oleh pimpinan untuk melakukan pemantauan. PIC pengelola kinerja Kantor Regional X BKN Denpasar, Vita Dewi mengaku sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi ini karena mampu menyajikan informasi akurat yang bisa mendukung eviden yang memadai.

Sementara Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Regional V BKN DKI Jakarta, Irma bersama dengan Kabid Informasi Kepegawaian, Dhedy bersama tim pranata dan pengelola kinerja mengapresiasi kegiatan ini serta berencana segera memanfaatkan aplikasi ini untuk mendukung akuntabilitas kinerja unit kerjanya. Hal serupa juga disampaikan oleh Kabag Tata Usaha Kantor Regional VII BKN Palembang, Hafif yang mengaku akan segera berkoordinasi lebih lanjut supaya bisa segera memanfaatkan aplikasi ini. “Sesuatu yang baik memang sebaiknya kita manfaatkan bersama-sama demi kemajuan organisasi” pungkasnya. Perencana Ahli Madya BKN, Ahmad Yusaq yang juga hadir dalam kegiatan ini juga mengapresiasi inisiasi Sharing Innovation yang dilakukan Kantor Reginal X BKN, apalagi praktik baik ini mendukung akuntabilitas kinerja unit yang semakan terstandar pada akhirnya mendukung akuntabilitas kinerja organisasi Badan Kepegawaian Negara (boent).