Majalah X-MEDIA edisi XXI-2024

Kembali

Event
Lembata Menjadi Yang Pertama Selenggarakan Simulasi CAT BKN: KOMITMEN BKN HADIR DAN MELAYANI

Komitmen BKN untuk hadir dan melayani ke pelosok negeri benar-benar tercermin dari kegiatan simulasi CAT BKN di Kabupaten Lembata, salah satu Kabupaten di kepulauan wilayah Provinsi NTT. Stakeholder dan peserta mengapresiasi kegiatan ini sebagai kegiatan yang bermanfaa dan berdampak.

Lewoleba, Juli 2024. Kabupaten Lembata menjadi Kabupaten pertama di wilayah Regional X BKN Denpasar yang melakukan simulasi penggunaan Computer Asisted Test (CAT) BKN sebagai persiapan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2024. Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Dr. Yudhantoro Bayu Wiratmoko, S.Kom., MMSi, yang hadir memimpin Tim dari kantor Regional X BKN menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BKPSDM Lembata karena telah melakukan simulasi CAT BKN sehingga diharapkan dapat membantu kesiapan calon peserta seleksi CASN di Kabupaten Lembata. “Pertama saya ucapkan banyak terima kasih dan apresiasi yang setinggi -tingginya kepada BKPSDM Lembata yang sudah melakukan kegiatan Simulasi CAT BKN, karena ini menjadi Kabupaten pertama di wilayah regional X BKN Denpasar yang melakukan simulasi Computer Asisted Test (CAT) Calon Aparatur Sipil Negara, ujar Yudhantoro. “Hal ini merupakan keseriusan dari Pemerintah Kabupaten Lembata melalui BKPSDM untuk menyiapkan SDM dengan memberikan pengenalan pemanfaatan aplikasi CAT BKN sehingga menjadi bekal yang cukup bagi calo peserta seleksi CASN 2024 dalam menghadapi seleksi nanti” Ucap Yudhantoro. Terkait infrakstruktur, Yudhantoro mengatakan Kabupaten Lembata sudah mempunyai infrastruktur yang cukup memadai dimana Lembata, sudah mempunyai stasiun CAT sendiri, walau ada beberapa fasilitas yang kurang namun semua sudah disampaikan kepada pj Bupati dan Ketua DPRD Lembata yang hadir secara langsung saat pembukaan untuk dapat melengkapi kekurangan yang ada. “Terkait kekurangan yang ada kita sudah bicarakan kepada pak penjabat Bupati dan Ketua DPRD dan diharapkan pada pelaksanaan test yang sesungguhnya nanti dapat berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Pj Bupati Lembata Paskalis Ola Tapo Bali, A.P.,M.T mengatakan bahwa peserta simulasi menjadi orang-orang yang mendapat berkat. Sebab dari ribuan masyarakat yang ingin mengikuti simulasi dan tersaring hanya 750 peserta. “Hari ini kalian menjadi orang yang beruntung. Karena dari ribuan masyarakat yang berminat, kalian bisa sampai ke titik ini”, ucap Pj Bupati Paskalis. Untuk itu Pskalis memberikan apresiasi dan terima kasih, karena dengan waktu yang singkat Kepala Regional X Denpasar merespon baik komunikasi yang dibangun oleh Pemda Lembata terkait pelaksanaan simulasi ujian CPNS dengan sistem CAT BKN. “Saya menyampaikan terima kasih kepada Kepala BKN Regional Denpasar dan tim yang merespon baik permintaan Pemda untuk melakukan simulaai CAT ini. Dan beliau sendiri juga hadir untuk melihat dan memantau pelaksanaan simulasi”, tutur Pj Bupati. Bagi Pj Bupati, dengan adanya kegiatan ini sangat membantu para peserta untuk lebih awal memahami segala proses pelaksanaan ujian dengan menggunakan sistem CAT. Untuk itu, Ia meminta agar para peserta yang mendapat kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini agar dapat mengikutinya secara baik, sehingga pada saat ujian sesungguhnya nanti dapat berjalan dengan baik. “Tahun ini Pemkab Lembata mendapatkan alokasi formasinya CPNS dan P3K sebanyak total 2.563 formasi”, tandas Pj Bupati Paskalis.

Sementara itu Kepala BKPSDM Lembata Said Kopong, serta Ketua DPRD Lembata Peteus Gero menyambut baik kegiatan ini seraya mengucapkan apresiasi kepada BKN emlalui Kanreg X BKN yang telah memfasuilitasi pelaksanaan simulasi yang berlangsung dalam 12 sesi selama 2 hari ini. “Pertama saya ucapkan terimakasih kepada pak Kakanreg dan tim yang sudah merespon permintaan kita, melihat formasi yang begitu besar, jadi kita berjuang untuk melakukan yang terbaik guna perkembangan SDM yang ada,” ujar Said Kopong. Said Kopong juga mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memudahkan para peserta yang nantinya mengikuti test yang sesungguhnya dapat melakukan dan mengerjakan soal dengan baik. “Tahun 2024 ini Kabupaten Lembata mendapat formasi yang begitu besar yaitu 2500 formasi, Mudah-mudahan dengan pelaksanaan kegiatan ini formasi kita bisa terserap secara optimal, dan semua formasi bisa diisi.” tandas Kopong.

Abubakar, salah satu peserta simulasi dari KesbangPol mengaku sangat terbantu dengan kegiatan simulasi ini, apalagi dirinya sebelumnya belum pernah menggunakan aplikasi CAT BKN. “Kegiatan ini sangat bermanfaat, terima kasih BKN yang sudah hadir dan melayani kami di Lembata” ungkapnya (Boent).