Loading...

"There is no Innovation without implementation" (AW)

tidak hanya tentang membangun aplikasi, tetapi juga cara berfikir, pola kerja, dan revolusi mental dalam memberikan pelayanan yang lebih baik, lebih mudah kepada stakeholder dan masyarakat

Inovasi Unggulan Semangat Inovasi
Inovasi Unggulan

Knowledge Management System
Manajemen Aparatur Sipil Negara (KMS MASN)

Solusi Praktis Pengembangan Kompetensi ASN

KMS merupakan platform berbagi pegetahuan berbasis wiki yang dikembangkan oleh Kantor Regional X BKN sebagai sumber bertukar informasi, berbagi pengetahuan, dan transfer pengetahuan tentang Ilmu Manajemen Kepegawaian, Aplikasi Manajemen Kepegawaian, SOP, Peraturan, dan sebagainya.

3.671

Pengguna

20.192

Sertifikat

* data per 31 Desember 2023
Lebih lanjut
Galeri

Inovasi KR X BKN

Knowledge Management System

Platform berbagi pengetahuan

Virtual Helpdesk

Layanan Konsultasi Online

Dashboard CAT

Dashboard dan Monitoring Pelaksanaan CAT

X Virtual Office

Portal integrasi antarmuka Layanan Internal dan Eksternal

KRXBKN Online

Aplikasi layanan internal terintegrasi

Struktur ORBIT

Struktur pola kerja orbit

Galeri Inovasi KRX
Dukungan

Keberlanjutan Inovasi Pelayanan Publik

Anggaran

Setiap tahun dalam DIPA Kantor Regional selalu dianggarkan pendanaan yang mendukung keberlanjutan inovasi. Baik anggaran Belanja Modal Peralatan dan Mesin (Kode Akun 532111) maupun anggaran Diklat Peningkatan Kapasitas Kepegawaian (Kode Akun 521219)


Sarana dan Prasarana

Guna menunjang semangat inovasi, Kantor Regional X BKN memfasilitasi pegawai dengan sarana dan prasarana yang memadai. Seperti sarana koneksi internet berkecepatan tinggi, PC/Laptop, peralatan multi media, ruang kerja dan ruang pertemuan, serta co-working space


Payung Hukum

Sebagai dukungan Pimpinan terhadap keberlanjutan inovasi pelayanan publik, telah disediakan payung hukum berupa........(masih dalam proses ds). Surat Tugas Kepala Kantor Regional X BKN juga disediakan dalam setiap kegiatan inovasi yang menjadi fokus tiap tahunnya.


Galeri Foto

Dokumentasi Diklat dan Pelatihan

Dokumentasi Sarana dan Prasarana

Semangat Inovasi

Mempermudah, Mempercepat, dan Meningkatkan Mutu Layanan Publik

Bagi kami inovasi adalah tentang mewujudkan pemikiran kedalam bentuk aplikasi ataupun non-aplikasi, untuk menghadirkan layanan publik yang lebih cepat dan berkualitas.

Dimasa pandemi covid 19, pembangunan aplikasi mengalami peningkatan yang signifikan. Aplikasi dibangun mengatasi keterbatasan pergerakan manusia di masa pandemi, tetapi tetap bisa menghadirkan layanan bagi stakeholder dan masyarakat. Semangat ini berhasil membantu kita tetap memberikan layanan kepegawaian dimasa yang sulit. Akan tetapi ada dampak lain yang juga tidak bisa kita abaikan. Aplikasi yang dibangun tanpa terintegrasi satu dengan lainnya mengakibatkan proses yang redudansi atau berulang.

Semangat Kolaborasi

Pasca pandemi Covid 19 kita mulai menata aplikasi-aplikasi layanan publik. Aplikasi terpusat dan terintegrasi mulai dibangun. Sejalan dengan pernyataan Presiden Joko Widodo, aplikasi adalah alat bantu yang mempermudah dan mempercepat. Semangat kami untuk mendukung pemanfaatan aplikasi terpusat yang sudah disediakan dengan mempercepat proses integrasi aplikasi kepegawaian. Inovasi tidak lagi tentang membangun aplikasi, tetapi juga inovasi dalam pola kerja dan metode pendapingan pemanfaatan aplikasi terpusat dan terintegrasi. Seperti pendampingan integrasi Simpeg Instansi dengan SIASN serta pendampingan pemanfaatan SIMPEGNAS.

Hal ini bukan berarti kami berhenti untuk berinovasi dalam mendigitalisasi layanan. Pembangunan aplikasi lebih diutamakan untuk layanan yang belum terditalisasi. Membangun aplikasi yang dapat mempermudah dan mempercepat dan belum ada tetap menjadi semangat kami. Seperti pembangunan Knowledge Management System (KMS) yang belum ada sebelumnya. Harapannya aplikasi yang kami bangun dapat menginspirasi dalam pembanguna aplikasi yang lebih besar dan terpusat sehingga menjangkau masyarakat lebih luas.