PENILAIAN BOBOT PEKERJAAN MELALUI EVALUASI JABATAN

Denpasar. Evaluasi jabatan merupakan sistem penilaian bobot pekerjaan sebagai standar gaji karyawan. Hal tersebut dibahas dalam Sosialisasi Evaluasi Jabatan menuju Aparatur Sipil Negara (ASN) yang Profesional Dan Akuntabel pada Rabu pagi (05/08), di Aula Gedung Tata Naskah Kanreg X BKN Denpasar.

Acara sosialisasi ini diawali laporan dari ketua panitia, Desman Juliver Sinaga, SH., yang menyampaikan bahwa kegiatan yang digelar selama 1 (satu) hari ini bertujuan untuk meningkatkan SDM yang profesional dan akuntabel, dengan melibatkan 90 peserta dari Biro Kepegawaian serta BKD Propinsi/Kabupaten/Kota di wilayah kerja Kanreg X BKN Denpasar.

00DSC_0406

Kakanreg X BKN Denpasar, Drs.Made Ardita, M.Si memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Evaluasi Jabatan

Usai laporan ketua panitia,dilanjutkan dengan pengarahan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Kakanreg X BKN Denpasar, Drs.Made Ardita, M.Si dengan mengetukkan palu 3 kali. Dalam sambutannya, Kakanreg X BKN mengatakan evaluasi jabatan merupakan proses manajemen SDM untuk membobot suatu jabatan guna menghasilkan nilai dan kelas jabatan yang selanjutnya digunakan untuk mengurutkan gaji yang layak dan selaras dengan beban jabatan. Namun dalam pelaksanaan evaluasi jabatan yang juga merupakan bagian dari reformasi birokrasi ini, masih mengalami beberapa kendala. “Di tingkat pemda masih menghadapi persoalan mendasar , terkait langkah yang dilakukan untuk evaluasi jabatan ini. Diantaranya rendahnya kualitas analisis kepegawaian, serta kurangnya analisis beban kerja di setiap SKPD,” tegasnya. Kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sarana untuk berinteraksi dan berbagi informasi serta menyampaikan masalah kepegawaian diantara peserta.

00DSC_0423

Para peserta yang hadir dalam Sosialisasi Evaluasi Jabatan di Kanreg X BKN Denpasar

Usai coffee break, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi tentang evaluasi jabatan yang disampaikan oleh Direktur Kompensasi ASN, Drs. Mokhamad Syuhadak, M.PA, dengan moderator Sudiyono S.IP, MH. (irrine/yudana)

Materi Sosialisasi Evaluasi Jabatan dapat diunduh pada link berikut :

Klik disini