Sejarah Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara

Kantor Regional X BKN Denpasar atau Kanreg X BKN dibentuk bersamaan dengan Kantor Regional XI BKN di Manado dan Kantor Regional XII di Pekanbaru. Kantor Regional X BKN Denpasar dibentuk berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 14 Tahun 2006 tanggal 29 Maret 2006 tentang Pembentukan Kantor Regional X, XI, dan XII Badan Kepegawaian Negara. Perka BKN ini diterbitkan sebagai tindak lanjut surat persetujuan MENPAN No. B/761/M.PAN/3/2006 tanggal 23 Maret 2006 tentang persetujuan pembentukan Kantor Regional X, XI dan XII Badan Kepegawaian Negara. Pembentukan ketiga Kantor Regional ini dilaksanakan untuk meningkatkan pelayanan administrasi dan pengawasan dan pengendalian bidang kepegawaian di daerah secara efektif dan efisien.

foto_1

foto_11

Drs. Djudjun Djuarma yang saat itu menjabat sebagai Direktur Perencanaan dan Program BKN diberi kepercayaan untuk menjadi orang nomor satu di Kantor Regional X BKN sesuai Keputusan Kepala BKN No. 106/KEP/2006 tanggal 31 Oktober 2006. Pelantikan Kepala Kantor Regional X BKN dilaksanakan tanggal 23 November 2006 oleh Gubernur Bali, Dewa Made Beratha bertempat di Kantor Gubernur Propinsi Bali.

Pada mulanya Kantor Regional X BKN menempati bangunan milik Provinsi Bali yang yang beralamat  di Jl. Letda Tantular No. 01, Renon, Denpasar. Walaupun dengan personil awal saat pembentukan sebanyak 19 orang dan menempati kantor yang terbilang kecil, Kantor Regional X BKN terus berupaya maksimal dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya melayanai PNS pada 44 instansi di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Laskar 19 Pembabat Alas

Nama Laskar 19  sebagai julukan bagi 19 orang pegawai yang pertama kali bertugas di Kantor Regional X BKN. Sembilan belas orang yang tersebut terdiri dari satu orang Pejabat Eselon II, empat orang Pejabat Eselon III dan lima pejabat eselon IV dan sembilan orang fungsional umum (staff/pelaksana). Sementara itu, Kepala Bidang Bimtek dan 13 Pejabat Eselon IV masih kosong. Untuk menjalankan roda organisasi maka pada tanggal 12 Januari 2007 diadakan pelantikan seluruh Pejabat Eselon III dan Eselon IV oleh Kepala Kantor Regional X BKN. Berkantor di salah satu gedung kantor dua lantai yang beralamat di Renon Denpasar pinjaman dari Pemerintah Propinsi Bali, Laskar 19 menjalankan tugas pokok dan fungsi Kantor Regional X BKN dengan sarana dan prasana yang sangat terbatas.

Di bawah kepemimpinan Drs. Djudjun Djuarma, para pegawai Kantor Regional X BKN memberikan pelayanan di bidang administrasi dan kepegawaian di Propinsi Bali, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Dengan beban kerja sekitar 300.000 PNS, pelaksanaan tupoksi tidak terbatas pada bidang masing-masing. Setiap kegiatan dikerjakan secara bersama-sama dan saling membantu hingga pekerjaan selesai, tanpa memandang dari bidang atau bagian apa. Salah satu obsesi Kakanreg waktu adalah menjadi unit kerja dan Kantor Regional percontohan yang unggul dalam pelayanan.

foo_2

Gedung Baru, Semangat Baru

Pada tahun 2007 Kantor Regional X BKN ikut mendukung pelaksanaan rekrutmen CPNS untuk pertama kalinya. Pada tahun yang sama dilaksanakan pula pengadaan sarana dan prasarana termasuk pembelian tanah yang akan dijadikan lokasi gedung baru. Rekrutmen pertama CPNS BKN yang bertugas di kantor Regional X BKN dilakukan pada tahun 2007 dan mulai melaksanakan tugas sejak Januari 2008. Dilanjutkan dengan rekrutmen angkatan kedua CPNS BKN yang ditempatkan di kantor Regional X BKN pada tahun 2008 dan efektif melaksanakan tugas sejak Desember 2008.

Untuk melengkapi sarana dan prasarana kantor pada Tahun 2008 mulai dilaksanakan pembangunan gedung Kantor Regional X BKN Tahap I yang terletak di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai no.646 Denpasar Selatan, Bali. Selain gedung, juga dilaksanakan pembangunan guest house dan rumah jabatan eselon II. Pembangunan Tahap II gedung di atas tanah seluas 2.500 m2 ini dilanjutkan pada tahun 2009. Pertengahan tahun berikutnya, tepatnya tanggal 30 Juni 2010, gedung Kantor Regional X BKN diresmikan oleh Kepala BKN dan Gubernur Provinsi Bali.

Selanjutnya Kantor Regional X BKN fokus pada penyelesaian Pembangunan Gedung Tata Naskah yang terletak di belakang gedung utama. Ini merupakan salah satu cita-cita Drs.Djudjun Djuarma yang belum sempat terwujud waktu itu, dikarenakan memasuki masa purna tugas pada awal 2012. Gedung Tata Naskah akhirnya selesai dibangun dan diresmikan oleh Kepala BKN Eko Sutrisno pada 13 November 2014.

Tidak hanya sarana-prasarana fisik, Kantor Regional X BKN juga terus berupaya untuk memperhatikan pegawai sebagai aset berharga. Peningkatan kuantitas SDM dilakukan sesuai dengan kebutuhan pegawai, sementara peningkatan kualitas melalui pelaksanaan diklat, baik diklat prajabatan maupun dalam jabatan waktu itu.

foto_3

Kakanreg X BKN Denpasar Masa ke Masa

Sejak berdirinya hingga kini, Kantor Regional X BKN Denpasar sudah pernah dipimpin oleh 6 orang Kepala kantor yaitu:

  • Drs Djudjun Djuarma (31 Oktober 2006 – 31 Desember 2011)
  • Drs. Made Ardita, M.Si (3 Juli 2012 – 31 Oktober 2016)
  • Ida Ayu Rai Sri Dewi S.H., M.Si (31 Oktober 2016 – 18 Oktober 2018)
  • Bambang Hari Samasto, SH (18 Oktober 2018 – 24 Oktober 2020)
  • Drs. Paulus Dwi Laksono H., M.A.P (24 Oktober 2020 – 10 April 2023)
  • Dr. Yudhantoro Bayu Wiratmoko, S.Kom., MMSi. (10 April 2023 – sekarang)

foto_10 

Nilai Budaya Kerja dan Logo Kantor Regional X BKN Denpasar

Sebelum core values ASN BerAKHLAK diluncurkan oleh KemenPAN RB pada Tanggal 27 Juli 2021, Kantor Regional pada Tahun 2020 telah merumuskan nilai budaya kerja. Nilai budaya kerja ini menjadi pedoman seluruh pegawai Kantor Regional X BKN Denpasar dalam bersikap dan bertindak dalam satu gerak langkah yang terarah.
Adapun lima nilai budaya kerja tersebut adalah: Integritas, Adaptif, Inovatif, Kolaboratif, dan Melayani
Makna dari lima nilai budaya kerja tersebut sebagai berikut:

  • Integritas : Memegang teguh nilai-nilai kejujuran dan komitmen dalam mengemban setiap tanggung jawab dan penugasan.
  • Adaptif : Dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan terkini, sehingga mampu menjawab setiap tantangan dengan cara-cara yang adaptif.
  • Inovatif : Senantiasa berusaha meningkatkan kualitas layanan dengan melakukan terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja organisasi.
  • Kolaboratif : Dalam bekerja senantiasa mengedepankan semangat saling menghargai dan kerjasama.
  • Melayani : Berusaha memberikan pelayanan yang terbaik baik bagi para stakeholders eksternal maupun stakeholders internal sesuai dengan Norma Standar Prosedur             dan Kriteria yang berlaku.

Berikutnya pasca diluncurkannya core values ASN BerAKHLAK, maka nilai budaya kerja tersebut bertransormasi menyesuaikan dan menerpakan core values BerAKHLAK. Transformasi dan penyesuaian dapat berjalan dengan lancar karena empat dari lima nilai budaya kerja sama percis dengan core values ASN berAKHLAK.

Selain nilai Budaya Kerja Kantor Regional X BKN Denpasar sejak Tahun 2020 juga memiliki logo Kantor Regional X BKN yang merupakan representasi lima nilai budaya kerja yang dimiliki oleh Kantor Regional X BKN Denpasar. Simbolisasi logo berupa lima tangan dengan warna berbeda yang saling berangkulan yang bemakna kolaboratif dan huruf X ditengah-tengah dengan tulisan Kantor Regional X BKN Denpasar menegasakan bahwa logo ini adalah logo dari Kanreg X BKN Denpasar.

foto_5 

Inovasi Kantor Regional X BKN Denpasar

Selama kurun waktu berdirinya, Kantor Regional X BKN terus bertranformasi melalui berbagai inovasi layanan untuk mewujudkan obsesi menjadi unit kerja dan Kantor Regional percontohan. Berbagai inovasi telah dilahirkan yang ditunjukkan dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan. Adapun inovasi tersebut diantaranya:

  • Whistle Blowing System (WBS) Kanreg X BKN (2013)
  • Stakeholder Bicara, BKN Mendengar (2015)
  • Motto Kanreg X BKN Denpasar (2015)
  • Company Branding, Kantor Regional X BKN Friendly, Clean and Green (2015)
  • Kanreg X Jemput Bola/Pendekatan Pelayanan Kepegawaian (P2K) BKN (2015)
  • Instrumen Pengukuran Outcome Anggaran X BKN (2017)
  • JDIH Peraturan Kepegawaian Kanreg X BKN (2018)
  • Quality Assurance Wasdal Internal (2018)
  • Adaptasi Kolaborasi Sosialisasi dan Asistensi NSPK (AKSI NSPK) (2020)
  • Logo dan Budaya Kerja Kanreg X BKN Denpasar (2020)
  • Layanan Aplikasi Pendukung Pelayanan Kepegawaian Berbasis Lesspaper (X – Apple) (2020)
  • Kalkulator Masa Kerja Layanan Pensiun (2020)
  • Co Working Space (CWS) (2020)
  • Aplikasi Lapor Umum (ALU) (2020)
  • Sistem Informasi Manajemen dan Data Elektronik Tata Naskah Pensiun (SIMADE) (2020)
  • Sistem Manajemen Tata Naskah (SIMANTAN) (2020)
  • Feedback Hasil Penilaian Kompetensi (2021)
  • Statistik Kepegawaian Berbasis Potensi Daerah (2021)
  • KR10BKN Online (2021)
  • Layanan Virtual Helpdesk Berbasis Ticketing (Virtual Helpdesk) (2022)
  • Portal Integrasi Antarmuka Layanan Internal dan Eskternal (X Virtual Office) (2022)
  • Knowledge Management System (KMS) (2022)
  • X- Learning Corner (XLC) (2022)
  • Seri Buku Pintar Layanan Bidang Mutasi (2022)
  • Instrumen Pengukuran Efektivitas Inovasi (2022)

foto_6

Kantor Regional X BKN berhasil meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi pada Tahun 2021. Kemudian berhasil meraih predikat Pelayanan Prima dalam evaluasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Pada Tahun 2022. Berbagai capaian tersebut dijadikan pelecut semangat untuk melakukan berbagai upaya perbaikan berkelanjutan dalam rangka meberikan pelayanan terbaik kepada para stakeholder terkait.