Wujudkan Persatuan Dalam Keberagaman Melalui Donor Darah

Denpasar. Masih dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72, pada Rabu (30/08) Kanreg X BKN menggelar kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI RSUD Sanglah Bali dan pemeriksaan kesehatan tulang bekerjasama dengan salah satu produk suplemen makanan berkalsium. Bertempat di Aula A.E.Manihuruk, kegiatan ini dihadiri Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si , Ketua KORPRI Kanreg X BKN Drs. Abdul Salam Gassing M.H serta Perwakilan Dokter dari PMI Provinsi Bali Dr. Supartini.

Dalam sambutannya, Kepala Kanreg X BKN mengatakan donor darah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, sehingga diharapkan dapat dilakukan secara rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali. Sementara dalam Hindu, kegiatan ini termasuk dalam manusia yadnya, yakni satu bentuk kepedulian terhadap sesama manusia. Di akhir sambutan, Ida Ayu Rai Sri Dewi juga memberikan semangat serta motivasi bagi peserta yang akan mendonorkan darahnya.

Dr. Supartini saat menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan Donor Darah di Kanreg X BKN

Berbeda dengan Kepala Kanreg X BKN, Dr. Supartini menyoroti kegiatan ini dari sisi kemerdekaan RI. Dikatakan bahwa tema HUT Kemerdekaan ke 72 Tahun 2017 adalah keberagaman. Tak hanya dilihat dari ras, budaya, suku, serta agama, golongan darah pun beragam jenisnya. “Melalui keberagaman tersebut, diharapkan persatuan dan semangat untuk saling tolong menolong dapat tetap terjaga. Hal tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan kegiatan donor darah ini. Kalau tidak sekarang kita mulai donor, lalu kapan??”

Dalam kegiatan donor darah ini terdapat sejumlah peserta yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), salah satunya karena tekanan darah tinggi. Sebelum melakukan donor, peserta tidak hanya diperiksa tekanan darah, tetapi juga kandungan kolesterol dan gula dalam darah.

Donor Darah sebagai bentuk kepedulian membantu sesama

Selain donor darah, Kanreg X BKN juga menggelar pemeriksaan kesehatan tulang yang didukung salah satu produk suplemen makanan berkalsium. Hanya dengan meletakkan kaki di atas sebuah mesin, dapat langsung diketahui bagaimana kondisi kesehatan tulang. Terlihat melalui sebuah layar kecil sebuah grafik serta lampu indikator yang menunjukkan tingkat kesehatan tulang. Warna hijau menunjukkan tulang masih sehat, kuning menunjukkan kurang sehat dan warna merah menunjukkan tulang tidak sehat atau keropos. (IRN)