Presiden Jokowi Pimpin Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila pada tahun 2020 dipusatkan di Istana Presiden di Bogor, Jawa Barat, dan diikuti oleh seluruh Kementerian/Lembaga maupun Pemprov dan Pemkab/Pemkot seluruh Indonesia serta Perwakilan RI di luar negeri. Namun Upacara dilakukan secara virtual mengingat saat ini masih dalam masa pandemi Covid 19. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan mematuhi aturan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, dengan tetap mengenakan masker.

WhatsApp Image 2020-06-01 at 11.53.49 (1)

 “Peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19  yang menguji daya juang sebagai bangsa, pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan, dan ketenangan dalam mengambil langkah kebijakan yang cepat dan tepat. Dalam menghadapi semua ujian tersebut, kita bersyukur bahwa Pancasila tetap menjadi bintang penjuru untuk menggerakkan kita semuanya, menggerakkan persatuan kita dalam mengatasi semua tantangan, menggerakkan rasa kepedulian kita untuk saling berbagi, memperkokoh persaudaraan dan kegotongroyongan kita untuk meringankan beban seluruh anak negeri, dan menumbuhkan daya juang kita dalam mengatasi setiap kesulitan dan tantangan yang kita hadapi.” Hal tersebut ditegaskan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Istana Merdeka Bogor pada Senin (01/06).

Dalam kesempatan ini Presiden RI juga mengajak seluruh elemen bangsa, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, untuk terus memperkokoh tali persatuan dan persaudaraan, saling membantu, saling menolong, dan saling bergotong royong, serta selalu optimis bahwa bangsa kita adalah bangsa pemenang dalam menghadapi setiap tantangan yang menghadang.

  Salinan Family Collage Template - Dibuat dengan PosterMyWall

Pelaksanaan upacara dan pidato kenegaraan dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila ini diikuti pula oleh seluruh ASN serta masyarakat di seluruh Indonesia, tentu saja secara virtual melalui siaran TVRI, live streaming peringatan Hari Lahir Pancasila pada Youtube Channel BPIP, serta akun resmi sosial media yang dikelola BPIP, yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB atau 09.00 WITA. Seluruh Pegawai di lingkungan Kanreg X BKN juga mengikuti upacara yang digelar di Istana Merdeka Bogor ini di rumah masing-masing. Namun demikian, seluruh pegawai mengikuti jalannya upacara dengan khidmat dan mendengarkan pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden Joko Widodo hingga selesai.

“Kuat karena bersatu, bersatu karena kuat.” -Ir Soekarno

Selamat Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2020.

Semoga Pancasila akan selalu kita taati, amalkan, dipertahankan, dan dijaga kelestariannya.

(IRN)