Raih Predikat WBK, Tim RB & ZI Kanreg X BKN Penuhi Target

Denpasar. Usai melakukan pelantikan pada Senin siang (27/12), Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono H melanjutkan agendanya mengikuti Rapat Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN. Dalam sambutannya, Kakanreg menyampaikan apresiasinya kepada seluruh Tim RB dan ZI serta seluruh pihak yang telah mendukung selama proses penilaian Tahun 2021. Kakanreg juga mengungkapkan bahwa jumlah unit kerja yang diusulkan pada 2021 sejumlah 4.402 unit kerja di seluruh Indonesia dan berdasarkan penilaian terpilih 486 unit kerja yang berhak mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), salah satunya Kanreg X BKN, yang sekaligus menjadi perwakilan instansi pusat dalam acara apresiasi dan penganugerahan WBK & WBBM di Jakarta. “Predikat WBK merupakan penghargaan kepada kita sekaligus karya kita semua. Komitmen dan integritas bersama membawa ke arah keberhasilan. Apresiasi ini bukan hanya kehormatan, tetapi sekaligus tanggung jawab besar bagi kita untuk tetap mempertahankan predikat WBK dan selanjutnya melangkah menuju predikat WBBM,” jelasnya. Lebih lanjut, Kakanreg juga menegaskan Kanreg X BKN diharapkan dapat menjalin kolaborasi dan melakukan pembinaan BKD/BKPSDM/BKPP di wilayah kerja  ke depan sehingga dapat meraih penghargaan dalam pembangunan ZI di lingkungannya masing-masing. Tak hanya itu, Kakanreg juga menargetkan pada Tahun 2023 Kanreg X BKN mampu meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

WBK 1

Sementara itu, dalam paparan evaluasi RB Tahun 2021 di lingkungan Kanreg X BKN, Ketua Tim RB & ZI Ketut Buana menyampaikan bahwa kegiatan evaluasi kali ini merupakan bagian dari implementasi manajemen mutu guna melakukan perbaikan berkelanjutan. Dari evaluasi ini tergambar flasback rancang bangun konsepsi Kanreg X BKN Reborn, sasaran target, capaian, permasalahan, solusi, serta saran perbaikan kedepannya. Tidak hanya evaluasi unit kerja dalam kegiatan evaluasi ini juga disampaikan hasil evaluasi RB instansi yang telah diikuti sebelumnya di Jakarta. Secara umum Tim Pelaksana Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas Kantor Regional X BKN Denpasar telah berhasil mencapai target predikat WBK yang telah dicanangkan pada tahun sebelumnya dan pada tahun yang sama Kantor Regional X BKN juga terpilih sebagai unit kerja yang menjadi lokus evaluasi reformasi Birokrasi oleh Evaluator KemenPAN & RB.

wbk 2

Sejumlah capaian dipaparkan diantaranya selama kurun waktu setahun setidaknya terdapat sembilan produk surat keputusan Kepala Kantor Regional X BKN yang ditujukan untuk peningkatan kualitas pelayanan dan peningkatan pengawasan telah diterbitkan diantaranya keputusan tentang budaya kerja, moto, standar pelayanan, penghargaan dan sanksi bagi penyelenggara layanan, kompensasi pelayanan, informasi publik, informasi yang dikecualikan dan tim UPGK dan pengelola WBS. Perumusan nilai budaya kerja di akhir Tahun 2020 menjadi pengungkit sekaligus landasan untuk mewujudkan Kantor Regional X BKN Reborn yang professional, unggul dan bermartabat.

Dalam kesempatan ini juga dirumuskan beberapa saran perbaikan tim kedepan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan penguatan integritas pengawasan secara berkelanjutan sebagai landasan terwujudnya Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).