Monthly Archives September 2015

Kanreg X BKN Lakukan Pendampingan e–PUPNS di Gianyar

Gianyar. Bertempat di Laboratorium Bahasa SMA Negeri 1 Payangan, Kabupaten Gianyar, Selasa (29/09), puluhan guru dan operator komputer mengikuti pendampingan e-PUPNS. Kegiatan yang dipandu oleh tiga orang anggota Tim e-PUPNS Kanreg X BKN, yakni I Ketut Buana, Ni Nyoman Yuni Oka Triandini, dan Lugi Juwono, disambut antusias oleh para guru dan operator SD, SMP dan SMA di lingkungan Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar.

Kegiatan pendampingan yang berlangsung dari pagi hingga siang ini dimanfaatkan oleh peserta untuk mengajukan pertanyaan terkait permasalahan dalam pengisian data e-PUPNS. Selama berlangsungnya kegiatan, peserta terlihat sangat antusias menyampaikan beberapa permasalahan, seperti misalnya pengisian data riwayat pendidikan, data jabatan,  riwayat diklat, dan beberapa data lainnya. Tim e-PUPNS pun dengan sigap membantu serta menjawab satu persatu pertanyaan dari para peserta.

yuni.ok

Ni Nyoman Yuni Oka Triandini membantu peserta dalam mengisi data e-PUPNS

Menurut Wayan Diana selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Payangan, Pendampingan “on the spot” semacam ini dinilai sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang selama ini jarang mendapatkan sosialisasi secara langsung. “Kami berterima kasih kepada tim BKN yang sangat cepat merespon kebutuhan kami, dan mudah-mudahan hal ini menjadi pemicu semangat rekan-rekan guru dan pegawai untuk segera menyelesaikan regsitrasi e-PUPNS, apalagi daerah kami menjadi salah satu pilot project kegiatan e-PUPNS” ungkapnya.

kepsek ok

                         Wayan Diana (paling kiri) didampingi tim e-PUPNS Kanreg X BKN I Ketut Buana (paling kanan)                                 dan Lugi Juwono (tengah)

Sementara itu, salah satu anggota tim e-PUPNS I Ketut Buana mengatakan, kegiatan “Kanreg Jemput Bola” ini sebelumnya sudah diselenggarakan di beberapa tempat. “Ini kali ketiga kita melakukan kegiatan seperti ini, setelah sebelumnya menyambangi Pulau Nusa Penida Kabupaten Klungkung dan Lapangan Renon. Secara umum sambutan peserta sangat positif terhadap upaya inovasi Kanreg X BKN untuk mendekatkan layanan melalui kegiatan seperti ini” ungkapnya. (Boent)

poto bareng payangan 2.ok

Tim e-PUPNS Kanreg X BKN berfoto bersama peserta di akhir acara
Read more

72.527 PNS Di Bali Sudah Melakukan Registrasi e-PUPNS

Denpasar. Berdasarkan data per tanggal 28 September 2015 menunjukkan sebanyak 72.527  Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkab/Pemkot/ Pemprov di Wilayah Bali telah melakukan registrasi e-PUPNS  dari jumlah total 74.877 orang. 6.248 diantaranya merupakan PNS yang bekerja di Pemerintah Propinsi Bali dan 7.337pegawai merupakan PNS di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Di tingkat Pemerintah Kabupaten pun sudah banyak yang melakukan regsitrasi e-PUPNS. Seperti di Pemerintah Kabupaten Buleleng sudah tercatat 9.672 PNS telah melakukan registrasi, di Pemerintah Kabupaten Jembrana 4.441, Pemerintah Kabupaten Klungkung 5.063, Pemerintah Kabupaten Gianyar 7.930, Pemerintah Kabupaten Karangasem 7.697, Pemerintah Kabupaten Bangli 5.747, Pemerintah Kabupaten Badung 9.316 dan Pemerintah Kabupaten Tabanan 9.076.

Sementara itu, di wilayah Nusa Tenggara Barat tercatat 76.062 PNS dari jumlah total 81.093, sudah melakukan registrasi e-PUPNS. Dan di Nusa Tenggara Timur tercatat 92.449 PNS yang sudah terdaftar dalam e-PUPNS.

Untuk lebih lengkapnya, berikut dilampirkan data rekapitulasi e-PUPNS 2015 pada tanggal 28 September 2015.

Untitled-2

(IRN)

Read more

Bahas Masalah Kepegawaian, Kanreg X BKN kunjungi BKD Kab.Jembrana

Jembrana. Mengacu pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), tepatnya pasal 49 yang menyatakan bahwa BKN berwenang mengawasi dan mengendalikan pelaksanaan norma, standar , prosedur dan kriteria Manajemen ASN  pada unit organisasi yang menangani penyelenggaraan Manajemen ASN pada Instansi Pemerintah Pusat dan Instansi Pemerintah Daerah, maka Kanreg X BKN melakukan pendataan permasalahan kepegawaian di beberapa daerah di wilayah kerjanya.

Setelah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Rabu (23/09) giliran Kabupaten Jembrana, Bali, yang disambangi Kakanreg X BKN Denpasar Drs.Made Ardita, M.Si dengan didampingi Tim Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal)  Bidang Pengembangan Dan Supervisi Kepegawaian (PSK) Kanreg X BKN, yang diwakili Ni Putu Diah Nareswari Putri, SH dan Made Nina Saptarini, SE. Kegiatan ini dilakukan guna membahas permasalahan kepegawaian di Kabupaten Jembrana. Permasalahan tersebut diantaranya Penerapan dan Penegakan Disiplin PNS, Sasaran Kinerja Pegawai (SKP), Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (ANJAB), serta Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik (e-PUPNS).

jembrana.ok
 Kakanreg X BKN bersama tim Wasdal Bidang PSK diterima langsung oleh Drs. I Made Budiasa, M.Si di ruangannya

Dalam kesempatan ini, Kepala BKD Kabupaten Jembrana Drs. I Made Budiasa, M.Si mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan yang dilakukan Kanreg X BKN Denpasar dan berharap kegiatan tersebut dapat dilakukan secara rutin, sehingga permasalahan di daerah,  khususnya yang berkaitan dengan layanan kepegawaian, dapat ditekan. Sementara untuk pelaksanaan registrasi e-PUPNS di Pemkab. Jembrana, Made Budiasa mengatakan sudah mencapai hampir 100 persen. (IRN)

Read more

Registrasi e-PUPNS di Ketiga Kota/Kabupaten Pilot Project di Bali Sudah Lebihi Target

Denpasar. Ketiga Kota/Kabupaten yang menjadi Pilot Project untuk pelaksanaan e-PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil) sudah melebihi dari target yang diharapkan. “Registrasi e-PUPNS di ketiga kota/kabupaten yang menjadi Pilot project yakni Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar dan Kota Denpasar, rata2 sudah melebihi 80 persen. Di Kabupaten Badung mencapai 99,11 persen, Kabupaten Gianyar 87,21 persen dan Kota Denpasar sudah mencapai 96,43 persen.” Hal tersebut diungkapkan Drs.Made Ardita, M.Si  selaku Kakanreg X BKN Denpasar, Senin (21/09) saat mengisi salah satu program acara di RRI Bali. Ketiga Kota/Kabupaten tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi daerah lain untuk mempercepat proses registrasi, sehingga dalam bulan September registrasi e-PUPNS sudah selesai.

rri oke

                       Drs.Made Ardita, M.Si (Paling kiri) menjelaskan pelaksanaan registrasi e-PUPNS di wilayah Bali                                     dalam sebuah program acara di RRI Bali (foto:kadek)

Dikatakan lebih lanjut, e-PUPNS 2015 ini tidak hanya sebatas untuk mengetahui jumlah pegawai, karena pada hakikatnya data ini memegang peranan penting dalam perencanaan dan kualitas SDM, serta untuk memudahkan PNS dalam mengurus layanan kepegawaian.

Jefry Christianto S.T. selaku Kasi.Pemanfaatan Teknologi Informasi Kepegawaian Kanreg X BKN dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa memang terdapat kendala pada awal pelaksanaan registrasi e-PUPNS. Sekitar 4,5 juta pegawai di Indonesia yang secara bersamaan melakukan registrasi mengakibatkan Web PUPNS susah untuk diakses. Namun untuk saat ini, sudah ada penambahan kapasitas bandwidth dan jumlah server, sehingga dapat lebih mudah diakses.

Sementara itu, pelaksanaan registrasi e-PUPNS (Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil secara elektronik) untuk wilayah Bali sudah mencapai 93,641 persen. Data per tanggal 21 September 2015 menyebutkan pelaksanaan registrasi e-PUPNS untuk PNS PemProv Bali sudah mencapai 94,75 persen, Pemkab. Jembrana 97,65 persen, Pemkab.Tabanan 90,68 persen, Pemkab.Klungkung 98,23 persen, Pemkab. Bangli 88,87 persen, Pemkab.Karangasem 96,88 persen, Pemkab.Buleleng 86,60 persen, Pemkab.Badung mencapai  99,11 persen, Pemkab.Gianyar 87,21 persen, dan Pemkot. Denpasar sudah mencapai 96,43 persen. (IRN)

Read more

Gelar Rakor Guna Bahas Peningkatan Manajemen Kepegawaian

Gianyar. Untuk mengetahui dan menghimpun berbagai permasalahan kepegawaian, serta untuk mewujudkan pembinaan PNS dan SDM Aparatur Pemerintahan di lingkungan Pemerintahan Propinsi/Kabupaten/Kota se-Bali, Senin (21/09) digelar Rapat Koordinasi Kepegawaian Pemerintah Propinsi/ Kabupaten/ Kota se-Provinsi Bali bertema “Manajemen PNS Sebagai Salah Satu Pelaksanaan UU No.5 Tahun 2014”. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Gianyar AA.Gde Agung Bharata bertempat di Kantor Bupati Gianyar. Dalam sambutannya, Bupati Gianyar mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi pelaksanaan rakor tersebut. Selain dapat menjadi media evaluasi serta inventarisasi masalah kepegawaian, diharapkan para peserta dapat menemukan pemecahan permasalahan kepegawaian dengan membuat rekomendasi ke pembina kepegawaian.

Selain dihadiri oleh Pejabat Pengelola Kepegawaian Propinsi/Kabupaten/ Kota se-Provinsi Bali,  kegiatan ini juga dihadiri Direktur Peraturan Perundang-Undangan BKN Drs.Haryomo Dwi Putranto, M.Hum dan Kakanreg X BKN Drs. Made Ardita M.Si sebagai narasumber. Dalam kesempatan tersebut, Haryomo Dwi Putranto memberikan materi tentang konsep Peraturan Pemerintah dalam implementasi UU ASN tentang manajemen PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), manajemen PNS, Gaji dan Tunjangan, kedisiplinan pegawai, penilaian prestasi kerja, serta pensiun.

ubud.ok

 Drs.Haryomo Dwi Putranto, M.Hum (paling kanan) saat memaparkan materinya dalam Rapat Koordinasi Kepegawaian Pemerintah Propinsi/ Kabupaten/ Kota se-Provinsi Bali (foto:Kadek)

Sementara itu tak hanya mengenai e-PUPNS, Drs. Made Ardita M.Si dalam pemaparan materinya juga menyampaikan bahwa kompetensi pegawai  ASN sangat mempengaruhi karier pegawai. Karena itu, ASN harus terus mengembangkan kompetensinya baik melalui pendidikan formal maupun melalui pelatihan atau diklat. Dengan pengembangan dan peningkatan kompetensi tersebut, maka pelayanan publik pun dapat dilakukan lebih optimal. (Kadek/IRN)

Read more