Monthly Archives April 2018

Undangan Diseminasi Sistem EWS (Early Warning System) Instansi BKD dan Vertikal

Undangan Diseminasi Sistem EWS (Early Warning System) Instansi BKD dan Vertikal

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2018/04/Undangan-EWS-BKD.pdf”]

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2018/04/Undangan-EWS-Instansi.pdf”]

Read more

Dukung Pengembangan Karier Jabatan Fungsional, BKN Lakukan Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kepegawaian

Denpasar. Pegawai Negeri Sipil yang saat ini berjumlah hampir 4 juta , didorong untuk berkarier dalam jabatan fungsional. Pemerintah juga betul-betul melakukan antisipatif dalam rangka mendukung karier dalam jabatan tersebut. “Pemerintah menerbitkan Peraturan Menpan no. 26/ Tahun 2016 tentang Pengangkatan dalam Jabatan Fungsional melalui inpassing dan ditindaklanjuti BKN dengan dikeluarkannya PERKA BKN No.12/ Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyesuaian /inpassing, Pelaksanaan Uji Kompetensi dan Penetapan Kebutuhan Jabatan  Analis Kepegawaian.” Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian , I Nyoman Arsa, SH, M.Si saat memberikan pengarahan dalam pembukaan Uji Kompetensi Inpassing Jabatan Fungsional Kepegawaian di lingkungan Badan Kepegawaian Negara pada Rabu (18/04) bertempat di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN Denpasar.

                                                                                                                            I Nyoman Arsa, SH, M.Si

Lebih lanjut ditegaskan, menduduki Jabatan Fungsional Kepegawaian harus didasarkan pada niat dan minat, sehingga nantinya diharapkan dapat lebih serius menjabat dalam Jabatan Fungsional Kepegawaian dan dapat memberikan pelayanan terhadap unit kepegawaian di instansi masing-masing. Selain itu, melalui uji kompetensi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan organisasi dan jabatan fungsional yang berkualitas dan dapat dipercaya.

Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si selaku Kepala Kanreg X BKN dalam kesempatan ini juga mengatakan diperlukan hati nurani, inisitaif dan keikhlasan dalam memilih jabatan fungsional. Jabatan Fungsional Kepegawaian paling  banyak dipilih pejabat di daerah, karena dinilai presticious dan menjamin karier akan berkembang sesuai program kompetensi BKN Pusat.

Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si (baju putih) saat memberikan sambutan selamat datang

Sementara itu,  Uji Kompetensi Inpassing Jabatan Fungsional Kepegawaian di lingkungan Badan Kepegawaian Negara yang digelar di Kanreg X BKN Denpasar diikuti 101 peserta, baik dari instansi daerah maupun vertikal. Ujian ini digelar dalam rangka pengembangan karir pegawai, peningkatan profesionalitas dan kinerja organisasi, memenuhi kebutuhan jabatan analis kepegawaian serta menjamin keseimbangan antara beban kerja dan jumlah PNS yang akan mengikuti inpassing. (IRN)

Read more

Berikut disampaikan Jadwal Uji Kompetensi Kepegawaian di Denpasar

Jadwal Uji Kompetensi JF Kepegawaian di Denpasar

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2018/04/JADWAL-CAT-DENPASAR-18-APRIL-2018.pdf”]

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2018/04/JADWAL-WAWANCARA-DENPASAR-18-APRIL-2018-PAGI.pdf”]

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2018/04/JADWAL-WAWANCARA-DENPASAR-18-APRIL-2018-SIANG.pdf”]

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2018/04/JADWAL-WAWANCARA-DENPASAR-19-APRIL-2018.pdf”]

atau klik di link berikut:

http://www.bkn.go.id/pengumuman/jadwal-uji-kompetensi-jf-kepegawaian-di-denpasar

Read more

Mantapkan Ujian Dinas Dengan CAT, Peserta Ikuti Simulasi

Denpasar. Memasuki ruang ujian Computer Assissted Test (CAT) di Lantai 3 Kanreg X BKN, peserta Ujian Dinas Tingkat I dan II yang merupakan PNS di lingkungan Pemkab.Buleleng  tampak tegang. Usai duduk di kursi yang disesuaikan dengan nomor absen masing-masing, mereka pun mendapatkan pengarahan bagaimana teknis mengerjakan soal ujian dengan menggunakan sistem CAT , mulai dari mengisi username hingga proses ujian selesai.

      Peserta ikuti simulasi Ujian Dinas dengan sistem CAT

Namun setelah pengarahan, ada beberapa peserta yang masih tampak kebingungan dan akhirnya mengangkat tangan untuk menanyakan bagaimana teknis menjawab soal dan mengulang jawaban. Dengan sigap, panitia CAT Kanreg X BKN segera memberikan penjelasan kembali. Setelah mengerti, peserta kembali melanjutkan menjawab soal ujian hingga selesai. Wajah serius di depan monitor tampak terlihat di hampir seluruh peserta. Apalagi ujian dengan sistem CAT, peserta pun tak bisa melirik monitor sebelahnya karena soal bisa saja berbeda.

Hal tersebut  terlihat dalam Simulasi Ujian Dinas Tingkat I dan II di lingkungan Pemkab. Buleleng pada Kamis siang (12/04) yang diikuti 36 peserta. 18 diantaranya merupakan peserta Ujian Dinas Tingkat I dan 18 sisanya merupakan peserta Ujian  Dinas Tingkat II. Selain Kepala Bagian Tata Usaha Kanreg X BKN Subagyo S.Sos dan Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg X BKN Djati Suroso, Kegiatan ini juga dipantau langsung oleh Kepala BKPSDM Pemkab. Buleleng I Gede Wisnawa, SH.

       Kepala BKPSDM Kab. Buleleng memantau jalannya                                                           simulasi

Ujian Dinas tingkat I dan II akan digelar pada Jumat (13/04) dengan menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT). Namun sebagai persiapan , peserta diberikan pengarahan tentang bagaimana teknis pelaksanaan ujian dinas tersebut. Materi yang diujikan diantaranya Peraturan Perundang-undangan, Pengetahuan Perkantoran, Rencana Startegis Instansi dan Struktur Organisasi dan Tata Kerja. (IRN)

 

Read more

Sekretaris Utama: Analis Kepegawaian Harus Pahami Peraturan Perundang-undangan

Denpasar. Membuka Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Analis Kepegawaian Keahlian , Sekretaris Utama BKN Usman Gumanti menekankan kepada seluruh peserta untuk memahami norma, standard serta prosedur peraturan perundang-undangan dengan benar dan dapat mengimplementasikan dalam lingkungan organisasi. Hal itu diungkapkan saat memberikan pengarahan dalam Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Analis Kepegawaian Keahlian di wilayah kerja Kanreg X BKN bertempat di salah satu Hotel di Jalan Sunset Road Badung, Bali pada Rabu (11/04).

Usman Gumanti (berdiri) membuka Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Analis Kepegawaian Keahlian se wilayah kerja Kanreg X BKN Denpasar

Sekretaris Utama BKN juga menegaskan bahwa sebagai Analis Kepegawaian harus memiliki komitmen diantaranya berkinerja guna membangun organisasi, terus meningkatkan kemampuan dalam memahami peraturan perundang-undangan serta  menjaga kejujuran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Namun Tak hanya peraturan perundang-undangan, seorang analis kepegawaian juga harus memahami prosedur perekrutan pegawai hingga pemberhentian ASN serta berbagai permasalahan kepegawaian.

Di akhir pelatihan nantinya akan ada ujian sebagai bahan evaluasi seluruh peserta dalam melakukan pembelajaran tentang kepegawaian dengan menggunakan sistem Computer Assissted Computer (CAT). Usman gumanti berharap seluruh peserta Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Analis Kepegawaian Keahlian dapat lulus dengan hasil yang memuaskan.

Pengalungan tanda peserta oleh Sekretaris Utama BKN

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Analis Kepegawaian Keahlian juga ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Usman Gumanti didampingi Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si dan Kepala Pusat Pengembangan ASN BKN Ahmad Jalis, MA. (IRN)

Read more