Monthly Archives May 2020

Peringati HUT ke-72, BKN Luncurkan Logo Baru Computer Assisted Test (CAT)

[SIARAN PERS]
Nomor: 031/RILIS/BKN/V/2020

WhatsApp Image 2020-05-30 at 13.14.34

Pada pembukaan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 BKN, yang berlangsung Sabtu 30 Mei 2020, Kepala BKN Bima Haria Wibisana bersama jajaran Pimpinan Tinggi Madya meresmikan logo baru Computer Assisted Test (CAT) BKN. Acara tersebut juga diikuti para pegawai BKN melalui video conference dari berbagai titik lokasi baik di rumah dan sebagian dari Kantor Pusat, Kantor Regional (Kanreg), dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang tersebar di seluruh Indonesia.

WhatsApp Image 2020-05-30 at 18.08.29

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana dalam sambutan pada kegiatan tersebut menyebutkan bahwa BKN selaku Instansi Pembina Manajemen Kepegawaian sudah mulai menerapkan sistem digital pada seluruh proses bisnis pelayanan di BKN. Kepala BKN mengarahkan agar BKN konsisten mengubah proses bisnis menjadi digital agar BKN dapat menjadi role model perubahan organisasi ke depan. “ We aim for number one,” pesan Kepala BKN.

Salah satu layanan kepegawaian berbasis digital telah diterapkan dalam proses seleksi jabatan dan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Digitalisasi dilakukan BKN dengan membangun sistem seleksi CAT BKN. Sistem CAT mulai digunakan pada tahun 2009 untuk keperluan seleksi jabatan di internal birokrasi di antaranya seleksi pengisian jabatan struktural dan jabatan fungsional.

WhatsApp Image 2020-05-30 at 18.08.28

Dalam perjalanannya, BKN terus memutakhirkan sistem CAT terutama dalam aspek infrastruktur teknologi informasi untuk menjamin transparansi seleksi. Kini CAT BKN telah digunakan untuk berbagai proses seleksi ASN (PNS dan PPPK), mulai dari rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Sekolah Kedinasan, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Seleksi Terbuka JPT, dan untuk keperluan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat, dan Ujian Kedinasan lainnya.

Dalam kurun waktu 11 (sebelas) tahun sampai dengan saat ini, CAT BKN telah menerima sejumlah apresiasi dan prestasi atas keberhasilannya mentransformasi sistem seleksi secara kompetitif. Adapun torehan penghargaan yang pernah diterima BKN melalui CAT BKN di antaranya ASEAN Public Sector Organization of the Year 2014; World Bank Global Report 2018; Menjadi percontohan seleksi di negara-negara Asia, dan apresiasi sistem CAT yang fair play dari sejumlah Kementerian/Lembaga. Selain digunakan untuk sistem seleksi rekrutmen ASN, CAT BKN juga digunakan untuk melakukan pemetaan kompetensi 95.429 Jabatan Pelaksana di seluruh Indonesia pada tahun 2018.

Belakangan ini, CAT BKN juga telah digunakan dalam seleksi online yang kali pertama digunakan pada seleksi JPT Kementerian Agama pada 12 Mei 2020. Sampai dengan saat ini metode CAT online terus dikembangkan dan sedang disiapkan sebagai tools antisipasif dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada rekrutmen CPNS dan Sekolah Kedinasan.

Jakarta, 30 Mei 2020

Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama BKN

ttd

Paryono

Read more

Dengan Layanan Digital, BKN Realisasikan Produktivitas Kerja Selama WFH

Sejak pandemi Covid-19 mewabah di Indonesia, seluruh sektor baik swasta dan pemerintahan dituntut beradaptasi untuk tetap produktif di tengah keterbatasan mobilitas (physical distancing). Begitu pula dengan profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) di sejumlah layanan yang mulai bekerja dengan cara kerja baru melalui penerapan “Work from home” (WFH). Dengan penerapan sistem WFH, proses bisnis kerja ASN di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara otomatis didominasi oleh pelayanan digital. Di awal penerapan WFH, BKN memberlakukan 90% pegawai WFH dan 10% bekerja di kantor, serta seluruh pengurusan pelayanan kepegawaian diselesaikan dengan basis digital. Selama penerapan WFH, sejumlah bidang layanan di BKN juga melakukan ragam terobosan, seperti penilaian kompetensi daring (Assessment Center Online), seleksi calon Jabatan Pimpinan Tinggi dengan metode CAT online, penerapan Digital Signature (DS) untuk dokumen kepegawaian, pemberlakuan My SAPK 2.0 yang dapat diakses lewat smartphone yang mempermudah ASN memantau kepengurusan usulan kenaikan pangkat dan pensiun. Di samping itu proses komunikasi dan koordinasi kerja di internal BKN maupun dengan stakeholders yang dilakukan secara virtual berdampak pada efektivitas dan efisiensi kerja. Mulai dari koordinasi virtual yang dapat dijangkau pegawai di manapun berada, penyelesaian kerja dapat dilakukan dari masing-masing lokasi pegawai, sampai dengan kecepatan penyelesaian ribuan dokumen kepegawaian dengan DS.

Dilatarbelakangi dengan adaptasi cara kerja baru selama pandemi, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan BKN selaku Instansi Pembina Manajemen Kepegawaian akan mulai menerapkan sistem digital pada seluruh proses bisnis pelayanan di BKN. “Kita harus secara serius dan radikal mencoba mengubah sebanyak mungkin proses bisnis menjadi digital. Dengan begitu BKN akan menjadi role model perubahan organisasi ke depan. We aim for number one,” imbuhnya.

Jakarta, 28 Mei 2020

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama

Paryono , S.H., M.A.P

WhatsApp Image 2020-05-28 at 21.29.49

sumber  : https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Dengan-Layanan-Digital-BKN-Realisasikan-Produktivitas-Selama-WFH.pdf

Read more

Jadwal SKB CPNS 2019 Diagendakan Usai Pelaksanaan SKD Dikdin 2020

WhatsApp Image 2020-05-19 at 20.33.54

Jakarta – Humas BKN, Dalam rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS formasi tahun 2019 yang berlangsung Selasa, (19/05/2020) melalui Video Conference, diputuskan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019 akan digelar setelah pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Sekolah Kedinasan (Dikdin) Formasi Tahun 2020. Namun hal itu tetap menyesuaikan dengan status kedaruratan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Panselnas mengatakan bahwa penetapan jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan pada Agustus – September 2020, setelah pelaksanaan SKD Dikdin 2020 pada Juli 2020 dilakukan.

“Jika SKD Dikdin 2020 terlaksana sesuai jadwal yang ditetapkan, yakni pada Juli 2020, maka jadwal SKB CPNS Formasi Tahun 2019 diperkirakan dapat berlangsung pada Agustus – September 2020. Namun perlu ditekankan bahwa realisasi jadwal yang disusun Panselnas ini bergantung pada penetapan status kedaruratan Covid-19. Untuk itu, selain menunggu persetujuan Presiden terhadap jadwal yang ditetapkan tersebut, Panselnas juga mempertimbangkan rekomendasi dari Gugus Tugas Pandemi soal status darurat Covid-19,” terang Bima.

Dari aspek kesiapan infrastruktur pelaksanaan tes, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen memaparkan soal antisipasi metode pelaksanaan seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) bila digelar di masa pandemi Covid-19. Suharmen menyebutkan bahwa BKN saat ini terus melakukan uji coba atau stress testing sistem CAT online sebagai antisipasi pelaksanaan SKD Dikdin Tahun 2020 dan SKB CPNS Formasi Tahun 2019.

“Dari sisi pelaksanaan secara teknis, kami sudah mencoba antisipasi metode tes pelaksanaan SKB CPNS 2019 dan SKD Dikdin 2020. Salah satu yang sudah dilakukan uji coba adalah pelaksanaan ujian CAT pada seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Kementerian Agama dengan menggunakan metode CAT Online pada 12 Mei 2020 lalu. BKN juga terus melakukan pemutakhiran secara sistem dan teknologi untuk pelaksanaan seleksi secara massal di masa pandemi Covid-19 seperti ini,” jelas Suharmen. (humas BKN)

Read more

Kepala Kanreg X BKN Lantik 11 Pejabat Administrator dan Pengawas

Denpasar. Menindaklanjuti Peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja BKN telah diterbitkan, Kanreg X BKN pun melakukan rotasi dan mutasi di lingkungan Kanreg X BKN untuk mengisi jabatan yang kosong. Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan dilakukan dalam masa pandemi Covid 19 oleh Kepala Kanreg X BKN Bambang Hari Samasto pada Kamis pagi (14/05) di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN. Pelantikan digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid 19, yakni dengan memakai masker, menjaga jarak, dan menyediakan hand sanitizer serta cek suhu badan sebelum memasuki ruangan.

Diantara sebelas pejabat yang dilantik, satu diantaranya yakni I Ketut Buana dilantik melalui videoconference dikarenakan masih berada di Jakarta. I Ketut Buana dilantik sebagai Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian pada Kantor Regional X BKN, terhitung sejak pelantikan.

foto lantik 1
Kepala Kanreg X BKN saat melakukan Pelantikan Pejabat Administrator dan Pengawas

Dalam sambutannya, Kepala Kanreg X BKN mengatakan rotasi dan mutasi ini dilakukan untuk menjaga organisasi agar lebih dinamis. Bagi ASN tentu saja hal tersebut dapat bermanfaat dalam pengembangan karier, meningkatkan kompetensi serta wawasan dengan tetap menjaga kedisiplinan dan attitude. Menutup sambutannya, Kepala Kanreg X BKN mengucapkan selamat untuk seluruh Pejabat yang dilantik. Jabatan dan tugas baru yang diemban kiranya dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik sekaligus menjadi tantangan  dalam mengasah kompetensi yang dimiliki.

Sebelas Pejabat yang dilantik diantaranya Aryanto S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Seksi Verifikasi dan Pelaporan Mutasi dan Status Kepegawaian kini menjabat sebagai Kepala Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian pada Kanreg X BKN. Heri Pitono S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kepala Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian kini menjabat sebagai Kepala Bidang Informasi Kepegawaian pada Kantor Regional X BKN.

foto lantik2

Seluruh Pejabat Administrator dan Pengawas berbaris dengan tetap menjaga jarak saat upacara pelantikan

Daftar Pejabat yang dilantik, selengkapnya dapat dilihat di link berikut.

https://drive.google.com/file/d/1d5pfbOTvPaRKiqixOpzZj5wgxPVOyyfI/view?usp=sharing

Read more

Pendaftaran Online Dikdin 2020 di Portal SSCASN-BKN Dibuka Juni

Jakarta – Humas BKN, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) melakukan penjadwalan ulang tentang rencana pembukaan seleksi Sekolah Kedinasan (Dikdin) Tahun 2020 yang sebelumnya ditunda. Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono mengatakan pengumuman seleksi Dikdin 2020 akan dilakukan mulai tanggal 1 Juni dan pendaftaran online lewat portal SSCNASN-BKN akan dibuka pada 8 – 23 Juni 2020.

Sementara untuk jadwal pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Paryono menyebutkan akan disesuaikan dengan kebijakan Pemerintah tentang Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Covid-19 di Indonesia. “Panselnas menjadwalkan rencana pelaksanaan SKD akan dilakukan pada Juli 2020, namun jadwal SKD ini bisa jadi berubah jika kebijakan status Covid-19 diperpanjang,” terangnya pada Kamis, (7/5/2020) di Jakarta.

Rencana pembukaan pendaftaran dan seleksi Dikdin 2020 ini disampaikan kepada Kementerian/Lembaga pengelola Sekolah Kedinasan melalui Surat Edaran Menteri PANRB Nomor B/435/M.SM.01.00/2020 tanggal 6 Mei 2020, dengan mempertimbangkan keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020 tentang Perpanjangan Status Keadaan Tertentu Darurat Covid-19 yang diperkirakan akan berakhir pada 29 Mei 2020.

Adapun sejumlah Kementerian/Lembaga yang membuka pendaftaran Dikdin 2020, yakni Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perhubungan, Kementerian Hukum dan HAM, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Sementara untuk Kementerian Keuangan yang mengelola PKT STAN tidak membuka pendaftaran Dikdin tahun 2020.

Surat Menteri PANRB terkait informasi tersebut bs diunduh melalui link berikut https://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Surat-Rencana-Pendaftaran-dan-Seleksi-Sekolah-Kedinasan-2020.pdf

(Humas BKN)

Read more