Digitalisasi Pelayanan Kepegawaian Melalui SIASN Tahun 2023 di Wilayah Nusa Tenggara Barat

WhatsApp Image 2023-03-18 at 10.13.15 (1)

Diterima langsung oleh Sekda NTB Drs.H.Lalu Gita Ariadi, Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono beserta jajaran melakukan penyerahan SK KP secara digital Periode April Tahun 2023 pada Selasa (14/03) bertempat di Gedung Sangkareang, Provinsi NTB. Penyerahan dilakukan secara simbolis dengan menyentuh layar bergambar telapak tangan dan penayangan video bahwa SK sudah dapat didownload oleh masing-masing penerima SK KP melalui aplikasi My SAPK. Kegiatan dihadiri pula oleh Kepala BKD Prov.NTB Muhammad Nasir serta Kepala OPD di lingkungan Provinsi NTB.

Dalam laporannya, Kepala BKD Prov.NTB menyampaikan digitalisasi dalam pelayanan dapat membawa perubahan positif terkait tata Kelola pemerintahan yang menciptakan birokrasi yang “gak ribet.” Sementara Kepala Kanreg X BKN menekankan pentingnya digitalisasi dalam pengelolaan manajemen kepegawaian. Penyederhanaan proses bisnis dari 11 tahap menjadi 3 tahap melalui pemanfatan teknologi adalah bentuk dari transformasi layanan digital yang dilakukan oleh BKN. Melalui platform tiga pilar aplikasi yang digunakan saat ini yaitu SIASN, Simpegnas dan My SAPK yang disertai dengan pemanfaatan Digital Signature maka diharapkan dapat memberikan manfaat nyata bagi ASN.

WhatsApp Image 2023-03-18 at 10.13.14 (1)WhatsApp Image 2023-03-18 at 10.13.15

Lebih lanjut disampaikan olek Sekda.Prov.NTB digitalisasi ini sejalan dengan Reformasi Birokrasi yang diharapkan dapat berdampak langsung pada masyarakat dan ke depan dapat menjadi kebutuhan bagi administrasi birokrasi pemerintahan yang didukung dengan penguatan jaringan. Selain itu, melalui digitalisasi ini mampu mendukung jalannya reformasi birokrasi yang bergerak lincah melalui penyederhanaan birokrasi pemerintah.

WhatsApp Image 2023-03-18 at 10.13.16

Melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kota Bima, Kepala Kantor Regional X BKN Paulus Dwi Laksono menekankan perlunya perubahan pola pikir dan budaya kerja dalam implementasi Reformasi Birokrasi yang berdampak langsung pada masyarakat. Hal tersebut menjadi kunci penting pengelolaan SDM terkait digitalisasi dalam transformasi layanan publik kepada masyarakat. Khususnya dalam digitalisasi layanan kepegawaian, pemanfaatan digital signature dalam SI ASN, Simpegnas dan My SAPK diharapkan dapat mempercepat proses layanan kepegawaian. Selain mudah dan bermanfaat, ASN juga dapat memantau langsung progress layanan dan dapat berpartisipasi dalam mengupdate datanya sendiri melalui My SAPK. Senada dengan yang disampaikan Kepala Kanreg X BKN, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan pun turut mendukung pelaksanaan digitalisasi pelayanan kepegawaian yang diharapkan mampu membawa perubahan positif dalam pelayanan kepegawaian bagi ASN di wilayah Kota Bima.

WhatsApp Image 2023-03-18 at 10.13.16 (1)

Dalam rangkaian kegiatan ini, sejumlah ASN juga turut memberikan apresiasi atas implementasi transformasi layanan kepegawaian yang disampaikan dalam testimoninya. Tak hanya lebih cepat dan mudah, digitalisasi layanan kepegawaian ini juga turut membantu ASN untuk lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan utamanya, tanpa diganggu dengan proses pelayanan yang sebelumnya lama dan “ribet.”

WhatsApp Image 2023-03-18 at 10.13.17