Monthly Archives July 2015

Format permintaan Username Admin e-PUPNS

Disampaikan kepada BKD Kabupaten/Kota/Propinsi di lingkungan kerja Kantor Regional X BKN Denpasar untuk segera mengirimkan  permintaan Admin e-PUPNS , guna untuk kelancaran pada acara sosialisasi e-PUPNS di Kantor Regional X BKN Denpasar tanggal 3-4 Agustus 2015, Format pengajuan admin terlampir pada link unduh berikut ini, demikian untuk kerjasamanya disampaikan  terimakasih.

Link Unduh Klik di sini

Read more

Implementasi e-PUPNS

Dengan Hormat kami sampaikan bahwa berdasarkan Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, ditegaskan antara lain untuk menjamin keterpaduan dan akurasi data dalam sistem informasi ASN, setiap instansi pemerintah wajib memutakhirkan data secara berkala dan menyampaiakan kepada BKN

Berikut surat Kepala BKN, perihal : Implementasi pelaksanaan e-PUPNS Terlampir

e-pupns

Read more

KANREG X SOSIALISASIKAN ANJAB DAN ABK KE BELAHAN UTARA PULAU BALI

Buleleng. Untuk mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bersih, efektif, dan efisien serta memberikan pelayanan publik yang lebih baik sesuai misi dan fungsinya, maka perlu dilaksanakan penataan dan pemetaan terhadap kelembagaan, sumber daya aparatur dan ketatalaksanaan. Oleh karena itu, Pemkab Buleleng menggelar Bimbingan Teknis Evaluasi Analisis Jabatan (ANJAB)  dan Analisis Beban Kerja (ABK) di lingkungan Pemkab Buleleng, Selasa (28/07). Selain dihadiri Ida Bagus Surya Manuaba selaku Assisten I Pemerintahan Kabupaten Buleleng, kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari Kanreg X BKN Denpasar,  Kabag Tata Usaha Istiyarno, S.IP, beserta Kasubag. Kepegawaian Ni Made Purnami Astari, SE, MM.

sosialisasi di buleleng

Hadir sebagai narasumber dari Kanreg X BKN Denpasar Kabag Tata Usaha Istiyarno, S.IP (dari kiri nomor 2), beserta Kasubag. Kepegawaian Ni Made Purnami Astari, SE, MM (paling kiri)

Dalam paparannya, Istiyarno S.IP mengatakan bahwa ANJAB merupakan metode untuk memperoleh data jabatan yang diolah menjadi informasi jabatan dan disajikan untuk kepentingan program kepegawaian serta memberikan umpan balik bagi organisasi, tata laksana, pengawasan , dan akuntabilitas. Sementara aspek yang dianalisis adalah pelaksanaan pekerjaan di setiap unit kerja. “Aspek yang menjadi bahan penelitian dalam Analisis Jabatan antara lain nama dan kode jabatan, unit kerja, ikhtisar jabatan, uraian tugas, hasil dan bahan kerja, tanggung jawab dan wewenang jabatan, korelasi dan syarat jabatan, serta kemungkinan resiko bahaya, ” tegasnya.

Dijelaskan pula, melalui ANJAB ini nantinya akan diketahui rumusan jabatan struktural dan fungsional, uraian jabatan, serta peta jabatan sebagai gambaran menyeluruh dalam unit sebuah organisasi atau instansi.

Dalam bimtek ini, Kasubag. Kepegawaian Ni Made Purnami Astari, SE, MM memaparkan materi tentang Analisis Beban Kerja (ABK). “ Analisis Beban Kerja merupakan metode untuk menentukan jumlah dan jenis pekerjaan suatu unit organisasi yang dilakukan secara sistematis menggunakan teknik ANJAB dengan memperhatikan teknik manajemen lainnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut wanita yang biasa disapa Ana ini mengatakan, metode yang digunakan dalam ABK antara lain dengan metode daftar pertanyaan, wawancara , dan pengamatan langsung. Untuk mengukur beban kerja, seorang pegawai atau pemegang jabatan harus menguraikan antara lain tentang Unit Kerja, Ikhtisar Jabatan, Uraian Tugas , Satuan Hasil , Waktu Penyelesaian , Waktu Kerja Efektif , Beban Kerja , serta Pegawai Yang Dibutuhkan. Laporan ABK ini nantinya akan diolah kembali untuk mengetahui jumlah isi kerja jabatan dan isi kerja unit. Berdasarkan isi kerja jabatan selanjutnya dapat dihitung jumlah kebutuhan pegawai per jabatan.

Acara yang berlangsung di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Buleleng ini diikuti oleh badan pengelola kepegawaian serta SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di lingkungan Pemkab Buleleng. (tim liputan KRX)

Read more

Ciptakan ASN profesional, Kanreg X BKN akan sosialisasikan Evaluasi Jabatan

Evaluasi jabatan digunakan sebagai panduan dalam menentukan nilai dan kelas jabatan di lingkungan pegawai negeri. Hasil evaluasi jabatan berupa nilai dan kelas jabatan tersebut dapat digunakan antara lain dalam program kepegawaian seperti penyusunan formasi, sistem karir, kinerja, pemberian tunjangan, serta sistem penggajian. Dengan demikian, diharapkan akan tercipta ASN yang profesional. Lebih lanjut hal tersebut akan dikupas dalam Sosialisasi Evaluasi jabatan Menuju Aparatur Sipil Negara yang Profesional dan Akuntabel yang digelar Kanreg X BKN pada 5 agustus 2015 mendatang, dengan mengundang Pejabat yang menangani bidang Organisasi dan Tata Laksana (ORTALA) di Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota se-wilayah kerja Kantor Regional X BKN.

undangan sosialisasi ev

Read more

Kanreg X BKN akan gelar Sosialisasi dan Pelatihan e-PUPNS

 

 

Untuk mendukung program Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil (PUPNS) yang dilakukan secara online, Kanreg X BKN akan menggelar sosialisasi dan pelatihan e-PUPNS pada 3-4 agustus 2015 mendatang. Kegiatan ini akan melibatkan pranata komputer yang akan menangani teknis Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dari seluruh BKD wilayah kerja  Kanreg X BKN, yang nantinya akan ditunjuk sebagai admin aplikasi e-PUPNS.

Berikut surat undangan sosialisasi bagi Pejabat Pembina Kepegawaian Daerah Propinsi/Kabupaten/Kota se-wilayah kerja Kanreg X BKN, beserta jadwal kegiatan sosialisasi.

undangan sosialisasi e-pupns1undangan sosialisasi e-pupns2

Read more