Monthly Archives October 2015

Fasilitas Assessment Center dan Rumah Jabatan Kantor Diresmikan (Kepala BKN : Layak Dijadikan Model)

Design rumah jabatan di Kantor Regional X BKN layak dijadikan model untuk pembangunan rumah jabatan berikutnya di Kantor Regional yang belum memiliki fasilitas sejenis.

 asc1

Kepala BKN DR. Bima Haria Wibisana, M.SIS (kanan) didampingi Kakanreg X BKN Drs. Made Ardita, M.Si (kiri) saat menandatangani prasasti peresmian rumah jabatan

Demikian disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara, DR. Bima Haria Wibisana, M.SIS saat meresmikan sembilan unit rumah jabatan type 50 yang diperuntukkan bagi pejabat pengawas di lingkungan Kantor Regional X BKN Denpasar. Design rumah yang tidak memerlukan tanah yang luas ini dinilai layak untuk dijadikan model untuk pembangunan rumah jabatan berikutnya bagi Kantor Regional dan unit pelayanan teknis BKN. Sesaat setelah meresmikan rumah jabatan yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti, Kepala BKN menyerahkan secara simbolis kunci kepada pejabat pengawas yang ditunjuk untuk menempati fasilitas rumah jabatan. asc

Kepala BKN meresmikan fasilitas Assessment Center Kantor Regional X BKN Denpasar

Setelah meresmikan rumah jabatan, Kepala BKN juga meresmikan fasilitas Assessment Center Kantor Regional X BKN Denpasar. Di sela-sela peresmian, Kepala BKN ketika diwawancarai sejumlah wartawan mengungkapkan bahwa  metode Assessment Center sangat penting dilakukan untuk mendapatkan orang yang tepat untuk pekerjaaan yang tepat. “Tanpa itu (Assessment Center) kita hanya bisa mengira-ngira, dengan metode ini bisa lebih akurat” ungkapnya. Hal ini juga diakui Bima Haria  dapat mengurangi tendensi pimpinan unit yang ingin mengganti bawahannya secara subjektif, harus ada aturan dan ukuran yang disepakati dan reliable untuk menempatkan seseorang dalam suatu posisi jabatan. Fasilitas Assesement Center yang ada di Kantor Regional bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengukuran pengetahuan, ketrampilan dan prilaku sehingga  potensi dan kompetensi seseorang diukur  sebelum menempati suatu posisi jabatan.

DSC_1623

Kepala BKN membuka secara resmi Rakornis Kepegawaian dan Sosialisasi Peraturan Pemerintah  No. 70 Tahun 2015 dan Peraturan Kepala BKN No. 7 Tahun 2015.

Fasilitas Assessment Center yang diresmikan kali ini dapat menampung penilaian untuk paling tidak enam orang setiap sesi/batch, dengan dilengkapi ruang ujian, ruang diskusi, enam ruang wawancara/individu, ruang monitoring, ruang data, dan pantry. Design ruangan dilakukan untuk memenuhi standar minimal sebuah ruang Assessment Center dengan sentuhan estetika yang cukup sehingga memberikan kenyamanan bagi calon peserta. Kepala berharap dengan adanya fasilitas ini dapat memenuhi permintaan pelaksanaan Assessment Center terutama untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi di daerah wilayah kerja Kantor Regional X BKN Denpasar. Sebelumnya Kepala BKN membuka secara resmi Rakornis Kepegawaian dan Sosialisasi Peraturan Pemerintah No. 70 Tahun 2015 dan Peraturan Kepala BKN No. 7 Tahun 2015. Rakor sendiri diikuti oleh kurang lebih 200 peserta dari wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (Boent).

Read more

KANREG X GELAR UPACARA PERINGATAN SUMPAH PEMUDA KE- 87

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda ke-87, segenap jajaran pimpinan, dan pegawai di lingkungan Kantor Regional X BKN Denpasar menggelar upacara bendera di lapangan upacara Kanreg X BKN. Rabu, (28/10). Kepala Kantor Regional X BKN, Drs. Made Ardita, M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan bertema, ‘Revolusi Mental untuk Kebangkitan Pemuda Menuju Aksi Satu untuk Bumi’.

00Sumpah Pemuda1

Kakanreg X BKN Drs. Made Ardita, M.Si selaku Inspektur Upacara membacakan sambutan Menpora

Sebelum membacakan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Made Ardita menyulut semangat para pegawai dengan mengucapkan yel-yel Kanreg X BKN yaitu “Kanreg X BKN Denpasar, Profesional, Unggul, Bermartabat”. Sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Kakanreg, disampaikan tema peringatan Sumpah Pemuda kali ini didasari atas keprihatinan yang mendalam terhadap dua hal. Pertama adanya fenomena baru tentang berubahnya pola relasi kemasyarakatan kita akibat arus modernisasi dan kemajuan teknologi informasi. Kedua adalah terkait fenomena pengelolaan Sumber Daya Alam yang belum sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan atau suistanability development.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi diibaratkan pisau bermata dua. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan skill. Namun, pada sisi yang lain membawa dampak negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahya tanpa dapat dibendung dengan baik. Dengan demikian gerakan Revolusi Mental yang digagas oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menemukan relevansinya. Hanya dengan pembangunan karakter diyakini Indonesia bisa kuat, tangguh dan kokoh menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi. Melalui gerakan Revolusi Mental, diharapkan para pemuda Indonesia memiliki kemandirian untuk mengambil keputusan-keputusan terbaik secara jernih sesuai dengan akal sehat mereka, tanpa harus tergantung dari kehadiran orang tua maupun negara di sampingnya.

00Sumpah Pemudae

Kanreg X BKN Drs. Made Ardita, M.Si menyalami pegawai setelah membagikan pin Kanreg

Setelah upacara bendera Kakanreg X BKN membagikan pin Kanreg X BKN Denpasar kepada perwakilan pegawai sebagai simbol pengukuhan semangat dan konsistensi keluarga besar Kanreg X BKN Denpasar untuk mewujudkan visi Profesional, Unggul dan Bermartabat. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-87, semoga lahir generasi muda Indonesia yang tangguh, berkarakter, mandiri dan rela berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara.(Yd)

Read more

Kemenkumham Gunakan CAT BKN Untuk Ujian Penyesuaian Ijazah

Denpasar. Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) melaksanakann ujian penyesuaian ijazah (PI) serentak di 30 Kantor Wilayah Kemenkumham seluruh Indonesia dengan jumlah keseluruhan 2.408 pegawai yang bekerja sama dengan BKN dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT), Selasa(27/10). Dalam kesempatan ini Kantor Regional X BKN memfasilitasi sebanyak 133 pegawai dari Kantor Wilayah KemenkumHAM Provinsi Bali dan Kantor Imigrasi Kelas I Ngurah Rai Denpasar, yang dibagi ke dalam 2 sesi tes. Ujian ini diselenggarakan dalam rangka penyesuaian ijazah S1 untuk 130 pegawai yang akan naik pangkat ke golongan III/a dan 3 orang pegawai yang melaksanakan penyesuaian ijazah jenjang S2.

00 Kum HAM

Peserta ujian penyesuaian ijazah (PI) sedang mengikuti ujian menggunakan sistem CAT

Acara pembukaan Ujian Penyesuaian Ijazah dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali Drs.Sulistiono, MM yang didampingi oleh Kepala Kantor Regional X BKN, Drs.Made Ardita,M.Si. Sebelum ujian dimulai para peserta ujian penyesuaian ijazah S1 dan S2, para pejabat struktural serta panitia penyelenggara dilingkungan Kemenkumham RI, Kanwil Kemenkumham Bali dan Kanreg X BKN Denpasar menyaksikan Video Teleconference sambutan Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI Dr. Bambang Rantam Sariwanto. Sekjen Kemenkumham mengucapkan selamat kepada para peserta dan berpesan agar mengikuti ujian dengan baik dan tertib sesuai dengan aturan yang berlaku. (yahe/yd)

Read more

Dilaksanakan Serentak di Seluruh Indonesia, IPDN Seleksi Calon Praja Menggunakan CAT BKN

Denpasar, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menyelenggarakan seleksi Calon Praja Tahun 2015 secara serentak di seluruh Indonesia. Seleksi dilaksanakan dengan menggunakan fasilitas Computer Assisted Test (CAT) baik secara mandiri maupun yang diselenggarakan di CAT Station Kantor Regional BKN, Senin (26/10). Pada seleksi Calon Praja Tahun 2015 ini, Kanreg X BKN memfasilitasi sebanyak 210 peserta yang dibagi ke dalam 3 sesi tes.

0 IPDN

Peserta CAT IPDN sedang mendengarkan pengarahan sebelum ujian dumulai

Secara nasional, CAT BKN menyeleksi total sebanyak 12.232 peserta yang tersebar di 34 titik lokasi termasuk partisipasi 12 Kantor Regional BKN di dalamnya.

Istiyarno, S.IP selaku Kepala Bagian Tata Usaha Kanreg X BKN menyampaikan kepada para peserta seleksi bahwa CAT adalah mekanisme yang memastikan seleksi terlaksana secara akuntabel. Dalam sambutannya Istiyarno menambahkan pula bahwa untuk mendapatkan Calon Praja IPDN yang bermartabat dan berintegritas, proses seleksi yang transparan merupakan hal krusial. (yahe)

Read more

Kanreg X “Melaspas” Rumah Jabatan

Melaspas adalah upacara pembersihan dan penyucian bangunan yang baru selesai dibangun atau baru ditempati lagi, seperti rumah, kantor, toko dan lain sebagainya. Upacara ini digelar agar orang yang akan tinggal di bangunan tersebut merasa aman dan tentram serta betah dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan (sakit, boros, marah dan pertengkaran). Rangkaian upacara tersebut dilaksanakan di Kantor Regional X BKN Denpasar, tepatnya upacara melaspas 9 unit rumah jabatan untuk eselon IV di lingkungan Kanreg X BKN, Selasa (27/10).

DSC_1449

Anggota SDUH sedang melkukan prosesi ngayaban banten ayaban dan ngayaban pras pamlaspas

Sehari sebelum upacara melaspas, Suka Duka Umat Hindu (SDUH) Kanreg X BKN yang ditunjuk sebagai panitia penyelenggara melaksanakan upacara mendak tirta ke beberapa pura yang ada disekitaran kantor, diantaranya Pura Sakenan, Pura Prapat Nunggal, Pura Candi Narmada, Pura Tanah Kilap dan Pura Tri Khayangan Desa Pedungan. Tirta atau air suci tersebut dipakai saat upacara melaspas.

DSC05980

Kakanreg X BKN dan Ibu, serta anggota SDUH melakukan persembahyangan setelah upacara Melaspas

Upacara yang dihadiri langsung oleh Kakanreg X BKN Denpasar, Drs. Made Ardita, M.Si dipuput oleh Jro Mangku Kajeng dari desa Penatih, Denpasar. Made Ardita mengatakan rumah jabatan yang  nantinya diharapkan menjadi model atau contoh untuk Kantor Regional lain agar segera bisa dimanfaatkan setelah diresmikan nantinya. Rumah jabatan ini rencananya akan diresmikan oleh Kepala BKN pada hari Kamis 29 Oktober 2015 bersamaan dengan peresmian gedung Assessment Center Kanreg X BKN. (Yd)

Read more