Monthly Archives August 2017

Kakanreg X BKN Apresiasi Pelayanan Kepegawaian

Denpasar. “Upayakan optimalisasi fungsi tugas Kantor Regional X BKN dalam rangka pelayanan kepagawaian melalui sinergitas antar unit dengan kerja nyata bersama dalam memfasilitasi penyajian data informasi ke lingkungan internal maupun eksternal. Saya rasa Pelayanan Kepegawaian saat ini banyak mengalami kemajuan. Tetap bekerja cermat dan teliti serta buat matrik dari segala permasalahan kepegawaian beserta solusinya.” Berikut ditegaskan Kepala Kantor Regional X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si dalam Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Tugas Pokok dan Fungsi Bidang/Bagian pada Rabu (30/08) yang dihadiri Pejabat Pengawas dan Administrator di lingkungan Kantor Regional X BKN.

Kepala Kanreg X BKN saat memimpin FGD Evaluasi Tugas Pokok dan Fungsi Bidang/Bagian

Lebih lanjut Kakanreg juga meminta ditingkatkannya pembinaan disiplin serta update data ke 44 instansi terkait laporan hukuman disiplin di wilayah kerja Kanreg X BKN. Sementara sebagai tindak lanjut pelaksanaan Kenaikan Pangkat Otomatis (KPO) dan Penetapan Pensiun Otomatis (PPO) di daerah, pihaknya meminta agar segera diadakan workshop terkait mekanisme KPO dan PPO di tingkat daerah.

Dalam FGD ini juga dipaparkan hasil FGD setiap Bidang/Bagian yang rutin dilaksanakan setiap bulannya. Seperti Bidang Informasi Kepegawaian yang mengungkapkan perlu ditingkatkannya infrastruktur jaringan internet sehingga pelayanan kepegawaian dapat lebih efektif dan efisien. Sementara Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian mengungkapkan banyaknya permintaan untuk fasiltasi Analisa Jabatan, Assessment Center serta penjatuhan hukuman disiplin untuk Tahun 2017 ini. (IRN)

Read more

Rangkaian Pendaftaran Online CPNS 2017 untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA) Resmi Ditutup

Pada tanggal 31 Agustus 2017 seluruh rangkaian pendaftaran online CPNS 2017 untuk Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan Mahkamah Agung (MA) resmi ditutup.

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2017/08/SIARAN-PERS-31-AGUSTUS-2017-PRESS-CONFERENCE-1.pdf”]

Read more

Wujudkan Persatuan Dalam Keberagaman Melalui Donor Darah

Denpasar. Masih dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 72, pada Rabu (30/08) Kanreg X BKN menggelar kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI RSUD Sanglah Bali dan pemeriksaan kesehatan tulang bekerjasama dengan salah satu produk suplemen makanan berkalsium. Bertempat di Aula A.E.Manihuruk, kegiatan ini dihadiri Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si , Ketua KORPRI Kanreg X BKN Drs. Abdul Salam Gassing M.H serta Perwakilan Dokter dari PMI Provinsi Bali Dr. Supartini.

Dalam sambutannya, Kepala Kanreg X BKN mengatakan donor darah mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, sehingga diharapkan dapat dilakukan secara rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali. Sementara dalam Hindu, kegiatan ini termasuk dalam manusia yadnya, yakni satu bentuk kepedulian terhadap sesama manusia. Di akhir sambutan, Ida Ayu Rai Sri Dewi juga memberikan semangat serta motivasi bagi peserta yang akan mendonorkan darahnya.

Dr. Supartini saat menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan Donor Darah di Kanreg X BKN

Berbeda dengan Kepala Kanreg X BKN, Dr. Supartini menyoroti kegiatan ini dari sisi kemerdekaan RI. Dikatakan bahwa tema HUT Kemerdekaan ke 72 Tahun 2017 adalah keberagaman. Tak hanya dilihat dari ras, budaya, suku, serta agama, golongan darah pun beragam jenisnya. “Melalui keberagaman tersebut, diharapkan persatuan dan semangat untuk saling tolong menolong dapat tetap terjaga. Hal tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan kegiatan donor darah ini. Kalau tidak sekarang kita mulai donor, lalu kapan??”

Dalam kegiatan donor darah ini terdapat sejumlah peserta yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS), salah satunya karena tekanan darah tinggi. Sebelum melakukan donor, peserta tidak hanya diperiksa tekanan darah, tetapi juga kandungan kolesterol dan gula dalam darah.

Donor Darah sebagai bentuk kepedulian membantu sesama

Selain donor darah, Kanreg X BKN juga menggelar pemeriksaan kesehatan tulang yang didukung salah satu produk suplemen makanan berkalsium. Hanya dengan meletakkan kaki di atas sebuah mesin, dapat langsung diketahui bagaimana kondisi kesehatan tulang. Terlihat melalui sebuah layar kecil sebuah grafik serta lampu indikator yang menunjukkan tingkat kesehatan tulang. Warna hijau menunjukkan tulang masih sehat, kuning menunjukkan kurang sehat dan warna merah menunjukkan tulang tidak sehat atau keropos. (IRN)

Read more

BKN Terbitkan Perka BKN Inpassing Jabatan Fungsional Kepegawaian

Jakarta-Humas BKN, Sebagai instansi pembina Jabatan Fungsional (Jabfung) Kepegawaian yang terdiri dari Analis Kepegawaian; Auditor Kepegawaian; dan Assessor SDM Aparatur, BKN resmi terbitkan Peraturan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyesuaian/Inpassing, Pelaksanaan Uji Kompetensi dan Penetapan Kebutuhan ketiga Jabfung Kepegawaian tersebut.

Perka BKN 12/2017 telah mengakomodir ketentuan mulai dari syarat/kualifikasi pengangkatan, tata cara/pelaksanaan uji kompetensi hingga mekanisme pelaksanaan bagi PNS yang diusulkan inpassing ke dalam 3 (tiga) Jabfung Kepegawaian.

Sejak PermenPANRB Nomor 26 Tahun 2016 tentang Pengangkatan PNS ke dalam Jabatan Fungsional melalui inpassing diterbitkan, BKN sudah menghimbau agar Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) seluruh instansi wajib menghitung kebutuhan Jabfung di instansinya sebelum mengusulkan daftar nominatif PNS yang akan diikutsertakan dengan memperhatikan keempat kategori PNS yang memenuhi kualifikasi ikut inpassing sbb:

  1. PNS yang telah dan masih menjalankan tugas di bidang Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian, Auditor Kepegawaian dan Assessor SDM Aparatur yang akan diduduki berdasarkan keputusan Pejabat yang berwenang.
  2. PNS yang masih menjalankan tugas jabatan sesuai dengan formasi Jabatan Fungsional Analis Kepegawaian, Auditor Kepegawaian dan Assessor SDM Aparatur dan telah mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi;
  3. PNS yang dibebaskan sementara dari jabatannya karena dalam jangka waktu 5 (lima) tahun sejak diangkat dalam jabatan/pangkat terakhir tidak dapat memenuhi angka kredit untuk kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi. Tetapi bagi PNS yang sudah diberhentikan dari jabatan fungsional karena tidak dapat memenuhi angka kredit tidak dapat mengikuti pengangkatan ke dalam jabatan fungsional melalui inpassing;
  4. Pejabat Pimpinan Tinggi, Administrator dan Pengawas yang memiliki kesesuaian antara jabatan terakhir yang diduduki dengan jabatan fungsional yang akan diduduki.

Sesuai dengan PermenPANRB Nomor 26 Tahun 2016 instansi pembina jabatan fungsional bertanggung jawab menghitung komposisi kebutuhan jabatan fungsional yang diusulkan PPK dengan berorientasi pada kebutuhan formasi. Jika usulan yang disampaikan tidak sesuai dengan kebutuhan dalam formasi akan dikembalikan kepada PPK.

Berikut Peraturan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penyesuaian/Inpassing, Pelaksanaan Uji Kompetensi dan Penetapan Kebutuhan ketiga Jabfung Kepegawaian.

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2017/08/PERKA-BKN-NOMOR-12-TAHUN-2017-TATA-CARA-INPASSING-UJI-KOMPETENSI-PENETAPAN-KEBUTUHAN-JF-ANALIS-KEPEGAWAIAN-AUDITOR-KEPEGAWAIAN-DAN-ASSESOR-SDM-APARATUR.pdf”]

Sumber : www.bkn.go.id

Read more

UPDATE : Lokasi SKD dan SKB CAT untuk Dokter Spesialis, Dokter Umum dan S-1 diubah

Pelaksanaan tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Computer Assisted Test (CAT) dan Praktik Komputer untuk kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis, Dokter Umum dan Sarjana (S-1) diubah dilaksanakan di daerah sesuai domisili wilayah provinsi pendaftar di 33 (tiga puluh tiga) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2017/08/SIARAN-PERS-23-AGUSTUS-2017-Perubahan-Tmp-SKD-Dokter.pdf”]

Read more