Monthly Archives June 2020

HUT BKN ke-72, Kepala BKN Harapkan ASN Terus Berkarya dan Berinovasi

Denpasar. Selasa (30/06), Badan Kepegawaian Negara menggelar Puncak HUT BKN ke-72 secara daring oleh BKN Pusat karena masih dalam masa pandemi Covid 19. Kemeriahan acara HUT BKN dapat disaksikan secara langsung oleh seluruh pegawai BKN maupun masyarakat umum melalui akun youtube resmi BKN. Tak ketinggalan, Kanreg X BKN Denpasar juga mengikuti jalannya kegiatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid 19 bertempat di Ruang Arjuna serta dua ruangan lainnya untuk mencegah terjadinya kerumunan. Turut hadir, Kepala Kantor Regional X BKN Denpasar, Bambang Hari Samasto, didampingi Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan perwakilan pegawai.

WhatsApp Image 2020-06-30 at 14.44.29

Dalam sambutannya,  Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana menginspirasi ASN di seluruh pelosok Indonesia, untuk membuktikan diri dengan terus berkarya, serta tidak memandang pandemi ini hanya sebagai musibah, tetapi sebagai faktor pendorong untuk semakin berinovasi. Dengan demikian, kinerja dan produktifitas tidak menurun melainkan meningkat di tengah pandemi. Sesuai dengan tema HUT BKN ke 72, ASN Semakin Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19.

“Saat pandemi, dalam 3 bulan muncul 25 inovasi yang disertakan dalam lomba. Kita harus belajar dari ini, bagaimana selama WFH kita tetap bisa produktif. Teruslah berinovasi, teruslah berkreatifitas. Jack Ma mengatakan, di masa depan tidak lagi hanya kompetisi pengetahuan, tapi kompetisi inovasi, imajinasi, dan kemerdekaan berpikir. Kita harus bisa out of the box. Jika anda menginginkan perubahan pasti ada jalannya. Dengan itulah kita bisa survive, karena kita ingin lembaga yang kita cintai ini berumur panjang, tegasnya.”

Dalam puncak acara HUT BKN ke 72 ini, Kanreg X BKN juga turut berpartisipasi memeriahkan acara dengan Virtual Choir yang diikuti ASN di lingkungan Kanreg X BKN dan wilayah Kerja Kanreg X BKN yakni Bali, NTB dan NTT. Mengusung lagu Laskar Pelangi, Virtual Choir ini menjadi suatu persembahan Kanreg X BKN yang dikemas apik dalam bentuk video. Pengumuman berbagai pemenang lomba yang diadakan BKN juga dibacakan dalam kesempatan ini, diantaranya lomba desain logo dan seragam, lomba karaoke serta lomba tik tok.

Perayaan HUT BKN ke 72 diwarnai dengan beraneka ragam perlombaan baik yang diselenggarakan oleh BKN Pusat maupun Kantor Regional di wilayah kerjanya masing-masing. Tidak ketinggalan, Kanreg X BKN Denpasar juga turut mengadakan beragam kegiatan menarik yang dapat diikuti oleh seluruh ASN di wilayah kerja Kanreg X BKN yakni Photo Contest, Essay Competition, Webinar tentang Kepegawaian dan Bakti Sosial. (Deby & IV)

Virtual Choir Kanreg X BKN dapat disimak melalui link  https://drive.google.com/file/d/1dp8eECN8rQpmmFpuHxettxZ2afndGOD3/view?usp=sharing

Read more

Pelamar Dikdin 2020 di Portal SSCASN Capai 160.189 Orang

Jakarta – Humas BKN, Pendaftaran online Sekolah Kedinasan Tahun Anggaran 2020 (Dikdin) melalui portal SSCASN-BKN dikdin.bkn.go.id ditutup 26 Juni 2020. Terhitung sejak pendaftaran dibuka pada tanggal 8 Juni sampai dengan penutupan pendaftaran, jumlah pelamar yang membuat akun di portal sebanyak 204.823. Adapun total pelamar yang menyelesaikan proses pendaftaran (submit dokumen) mencapai 160.189 orang.

Pada tahun ini hanya ada 6 (enam) Instansi yang membuka rekrutmen Dikdin, yakni Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan jumlah 1200 formasi, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dengan jumlah 600 formasi, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan jumlah 2.676 formasi, Badan Intelijen Negara (BIN) dengan jumlah 250 formasi, Badan Pusat Statistik (BPS) dengan jumlah 600 formasi, dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dengan jumlah 100 formasi. Sementara itu, ada 2 (dua) Instansi yang tidak membuka penerimaan Dikdin 2020 yakni Kementerian Keuangan dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Mengenai jumlah pelamar Dikdin 2020, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Paryono mengatakan Institut Pemerintahan Dalam Negeri yang dinaungi Kemendagri berada di urutan pertama dengan jumlah pelamar terbanyak mencapai 57.534. Posisi kedua ditempati PTTD-STTD yang dinaungi Kemenhub dengan jumlah pelamar 34.384. Diikuti Politeknik Statistika/STIS yang dinaungi BPS di urutan ketiga dengan jumlah pelamar 28.942. Selanjutnya Poltekim dan Poltekip yang dinaungi Kemenkumham di urutan keempat dengan jumlah pelamar 26.679. Di urutan kelima ada Sekolah Intelijen Negara yang dinaungi BIN berada dengan jumlah pelamar 8.527. Terakhir ada STSN yang dinaungi BSSN di urutan keenam dengan jumlah pelamar 4.123.

Untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Dikdin, Paryono menyebutkan bahwa Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mengagendakan SKD pada Juli 2020. Jadwal pelaksanaan keseluruhan Dikdin sudah disampaikan Panselnas melalui Surat Menteri PANRB Nomor B/435/M.SM.01.00/2020 perihal Rencana Pembukaan Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan Tahun 2020 tanggal 6 Mei 2020.

“Panselnas menjadwalkan pelaksanaan SKD Dikdin 2020 akan dilakukan pada Juli 2020, namun jadwal SKD ini bisa berubah sewaktu-waktu berdasarkan kebijakan Pemerintah terhadap status Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, Panselnas juga berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 sebelum mengambil keputusan,” terang Paryono pada Senin, (29/6/2020) di Kantor Pusat BKN Jakarta. (des)

Read more

Pencanangan ZI di lingkungan Sestama BKN

Denpasar. Team Zona Integritas (ZI) di lingkungan Kanreg X BKN pada Kamis pagi (25/06) mengikuti pencanangan Zona Integritas di lingkungan Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang dilakukan secara daring. Tak hanya pencanangan, dalam kegiatan ini dilakukan pula pembacaan Deklarasi ZI oleh Plt.Sestama BKN Supranawa Yusuf serta Penandatanganan Pencanangan Pembangunan ZI di lingkungan Sestama BKN. Untuk memberikan pemahaman lebih dalam, BKN juga menggelar Bimbingan Teknis dengan materi tentang ZI menuju WBK dan WBBM Strategi percepatan Reformasi Birokrasi oleh Kementerian PAN RB.

DSC_7408 (2)

Membuka jalannya kegiatan, Kepala BKN Bima Haria Wibisana menegaskan bahwa Integritas menjadi harga mati yang harus dimiliki ASN. ASN harus bekerja dengan tuntas dan dapat menjalankan sebuah sistem kerja sama dalam sebuah team. “Integritas merupakan satu kesatuan sistem. Jika bekerja sendiri-sendiri bukanlah kesatuan utuh. Selain itu harus mengutamakan tranparansi, akuntabel, pengawasan serta kolaborasi sehingga menghasilkan produk yang berkualitas,” tegas Kepala BKN.

WhatsApp Image 2020-06-25 at 21.02.31 (4)

Sementara dari sisi ASN, Bima Haria Wibisana menjelaskan bahwa ASN harus dapat dipercaya  dan jujur. Karena hal tersebut menjadi karakter dasar dalam mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI WBK-WBBM). Menutup arahannya, Kepala BKN mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama melaksanakan ZI di era New Normal yang dapat dimulai dari unit yang paling kecil, dan mengimplementasikannya melalui aksi nyata.

Lebih lanjut Inspektorat BKN Darmuji menekankan pada komitmen untuk melaksanakan dan merencanakan tujuan yang ingin dicapai terkait pembangunan ZI dalam unit kerja. Menurut Darmuji,  ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pembangunan RB, yakni peningkatan komitmen, perubahan kebijakan, kurangnya pemahaman perubahan LKE, serta metode penilaian komponen pengungkit. Inspektorat BKN juga mengapresiasi tim RB di lingkungan Sestama BKN yang telah menggerakkan pegawai untuk berkomitmen sehingga pembangunan ZI dapat terlaksana dan memperoleh hasil yang dapat didokumentasikan.

WhatsApp Image 2020-06-25 at 21.02.32 (2)

Kegiatan dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis tentang ZI oleh Kementerian PAN RB. Narasumber pertama yakni Agus Uji Hantara selaku Sekretaris Deputi Bid.RB, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kemenpan RB memberikan pemaparan tentang ZI menuju WBK dan WBBM Strategi Percepatan RB. Dilanjutkan narasumber kedua, Gempar Genefianto selaku Koordinator Koordinasi Dan Pemantauan, Analisis, Evaluasi Dan Pelaporan Pelaksanaan Kebijakan Rb, Akuntabilitas Aparatur, Sistem Pengawasan Dan Sistem Integritas Di Wilayah I-1, yang memaparkan tentang Budaya melayani serta kinerja. (IRN)

Read more

Seminar Nasional “Strategi Implementasi Manajemen ASN di Era New Normal”

Denpasar. Rabu pagi (24/06), pegawai BKN mengikuti Seminar Nasional bertajuk “Strategi Implementasi Manajemen ASN di Era New Normal” yang diselenggarakan oleh Pusat Pengkajian Manajemen ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam rangka memeriahkan HUT BKN ke 72. Seminar ini juga diikuti oleh perwakilan pegawai Kantor Regional X BKN secara virtual, bertempat di Ruang Arjuna Kantor Regional X BKN. Seminar nasional ini menghadirkan Teguh Wijinarto, Plt.Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN RB sebagai Keynote Speaker, Aloysius Budi selaku Chief Corporate HCD ASTRA International, dan Wahjudi Purnama selaku Business Group Lead Modern Workplace Microsoft Indonesia sebagai Speaker.

WhatsApp Image 2020-06-24 at 10.23.05

Dalam welcome speech, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Bima Haria Wibisana. menyampaikan bahwa pembatasan aktivitas masyarakat yang diakibatkan oleh pandemi Covid 19, mendorong pemerintah untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi sebagai media dalam menunjang efektifitas kinerja. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dan kreatifitas dari ASN untuk dapat bekerja dengan tatanan baru yang mengedepankan protokol kesehatan dan teknologi, sehingga tetap memberikan pelayanan yang optimal bagi masyarakat.

Sementara itu, Teguh Wijinarto dalam seminar ini menyampaikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam Manajemen ASN di era new normal. Diantaranya diperlukan Integrasi data ASN untuk mewujudkan Manajemen ASN yang baik serta ASN dengan keahlian spesifik dan literasi IT yang tinggi untuk membangun digital government. Selain itu, juga perlu dilakukan pembaharuan sistem rekrutmen yang memungkinkan terselenggaranya rekrutmen sepanjang tahun, dan pembaharuan standar kompetensi pegawai, sehingga kebutuhan pegawai terhadap posisi yang tepat dapat terisi saat dibutuhkan. Dengan demikian Manajemen ASN di era new normal yang bergerak dari sistem konvesional ke digital dapat terwujud.

WhatsApp Image 2020-06-24 at 11.22.39

Menanggapi pelaksanaan WFH (Work From Home) selama masa pandemi Covid 19, salah satu Speaker Aloysius Budi selaku Chief Corporate HCD ASTRA International menekankan pentingnya Trust atau kepercayaan untuk tetap mendapatkan hasil kerja yang baik selama WFH. Trust dibentuk oleh 4 faktor, yaitu Pemimpin yang dapat memberikan prioritas dan ekspektasi yang jelas, Organisasi yang dapat membangun sistem yang memungkinkan untuk tetap memantau pegawai yang sedang WFH, Kedewasaan pegawai yang sadar sepenuhnya atas tanggungjawab pekerjaan yang harus diselesaikan, serta konektivitas yang berperan tinggi untuk tetap menjaga komunikasi berjalan lancar.  Dengan adanya keempat faktor tersebut, niscaya bekerja di era new normal tidak akan mengurangi kinerja individu dan organisasi. Sementara Speaker Kedua Wahyudi Purnama lebih menekankan pada kendala yang dialami dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam komunikasi, misalnya kemungkinan ancaman keamanan berupa cyber attack. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian dan perhatian lebih untuk tingkat keamanan aplikasi yang digunakan.

Usai pemaparan, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup rangkuman seminar yang dipaparkan oleh Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara, Supranawa Yusuf. (IV dan GC)

Read more

Menuju New Normal, Kanreg X BKN Turut Meriahkan Ultah BKN ke 72

Denpasar-Humas. Di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid) 19, Badan Kepegawaian Negara tengah berbenah mempersiapkan diri menuju tatanan baru “New Normal” yang akan diterapkan di seluruh lingkungan kerja Badan Kepegawaian Negara. Protokol Kesehatan harus semakin disiplin dijalankan guna memutus rantai penularan Covid 19 yang kini mewabah di Indonesia.

Di sisi lain, Badan Kepegawaian Negara kini juga memperingati Hari Ulang Tahun ke 72. Berbagai kegiatan dan perlombaan secara virtual digelar BKN untuk menambah kemeriahan acara dengan tetap digelar secara sederhana. Tak ketinggalan, Kantor Regional X Badan Kepegawaian Negara Denpasar juga menyelenggarakan rangkaian kegiatan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun BKN yang ke-72. Diungkapkan Ketua panitia Ayu Prabha Puspita, kegiatan HUT ke 72 BKN di lingkungan Kanreg X BKN akan dilaksanakan pada minggu ke-2 bulan Juni 2020. “ Kegiatan sudah dimulai pada minggu ke 2 bulan Juni 2020 kemarin. Kami pun sudah mempublikasikan kegiatan melalui sosial media yang dikelola Kanreg X BKN. Sementara tema yang digunakan menyesuaikan dengan tema di BKN Pusat, yakni “ASN Semakin Kreatif dan Inovatif di Tengah Pandemi Covid-19.” Ditambahkan, kegiatan yang diselenggarakan ini juga tidak lepas dari semangat Kantor Regional X BKN yang selalu berusaha meningkatkan kualitas kinerja dan pelayanan publik.

HUT-ALL

vc 23 juni   HUT-ESSAY     HUT-PHOTO

Rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Panitia HUT ke- 72 BKN, di Kantor Regional X BKN Denpasar antara lain Virtual Choir, Photo Contest, Essay Competition, Webinar Series bertema Kepegawaian serta Bhakti Sosial. Peserta kegiatan HUT BKN ke 72 ini adalah ASN di lingkungan Kanreg X BKN, serta ASN di wilayah kerja Kanreg X BKN, yakni Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Untuk Virtual Choir bukanlah perlombaan, tetapi merupakan ajakan bagi seluruh insan ASN di wilayah Provinsi Bali, NTB dan NTT untuk bernyanyi bersama secara virtual. Cara mengikuti virtual choir ini peserta harus mengirimkan video rekaman peserta saat sedang menyanyi (suara saja tanpa instrumen pengiring) paling lambat 23 Juni 2020 , selanjutnya team panitia akan menggabungkan video tersebut dengan video peserta yang lain. Satu orang hanya diperbolehkan mengirim satu video. Baju/Dresscode yang digunakan adalah baju seragam kantor masing-masing atau seragam KORPRI. Sementara lagu yang harus dinyanyikan adalah “Laskar Pelangi” milik Grup Band Nidji. Melalui lagu ini diharapkan dapat membawa pesan perdamaian dan juga penyalur semangat bagi seluruh insan ASN seantero negeri, bahwa sesungguhnya kita semua adalah laskar pelangi yang tidak boleh lelah berupaya dan berusaha untuk mewujudkan mimpi membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Panitia HUT ke-72 Kanreg X BKN juga mengadakan Photo Contest yang dapat diikuti oleh seluruh ASN di wilayah kerja Kanreg X BKN dengan tema “WFH? ASN Inovatif Tetap Produktif.” Peserta bebas menggunakan type kamera apapun, seperti DSLR, Kamera Pocket dan Kamera HP. Tata caranya, foto WAJIB diunggah di media sosial Instagram pribadi dengan menambahkan frame HUT BKN yang telah didesain oleh Panitia, dengan ketentuan: Instagram tidak boleh berada pada setting mode private; menggunakan tagar #HUTBKNKRX2020; menautkan/ menyebutkan akun Instagram @kanregxbkn/ Facebook Kanreg X BKN @Kanreg X BKN Denpasar dan tag 3 orang teman ASN di wilayah kerja Kanreg X BKN. Photo akan dinilai oleh juri dengan penilaian diantaranya kesesuaian tema, kreatifitas, estetika, dan usaha yang dilakukan.

Selain Photo Contest, Panitua HUT ke- 72 BKN Kantor Regional X juga melaksanakan kompetisi menulis dalam bentuk essay bagi ASN di wilayah kerja Kantor Regional X BKN dengan tema essay “WFH? ASN inovatif tetap produktif.” Kompetisi menulis essay ini tidak hanya dalam upaya untuk meningkatkan daya literasi saja, namun diharapkan melalui kegiatan ini akan lahir ide inovatif baru yang berguna bagi kemajuan tidak hanya organisasi, namun juga reformasi birokrasi secara menyeluruh dan berkelanjutan. Essay merupakan karya asli penulis, yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Prosedur dan tata cara pengiriman video Virtual Choir dan perlombaan dapat dilihat pada link https://linktr.ee/HUTBKNKRX2020.

Panitia HUT ke- 72 BKN di Kantor Regional X BKN juga mengadakan seminar, sosialisasi, dan kegiatan diskusi publik dengan tema layanan kepegawaian bagi ASN dan stakeholder di wilayah kerja Kanreg X BKN serta kegiatan bakti sosial.

Melalui berbagai kegiatan yang dilakukan, Kanreg X BKN berharap rangkaian kegiatan ini dapat didukung baik secara moril dan materiil oleh berbagai pihak, demi terwujudnya keatifitas dan inovasi dalam upaya menciptakan pelayanan publik yang reformatif secara berkelanjutan.

Read more