Monthly Archives June 2016

Kanreg X BKN gelar Sosialisasi dan Pelatihan Tentang Peraturan Kepegawaian Pengalihan PNS

Denpasar. Sebagai langkah strategis dalam mengimplementasikan peraturan kepegawaian terkait pengalihan status PNS, Kanreg X BKN menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Tentang Peraturan Kepegawaian Pengalihan PNS. Kegiatan yang digelar Kamis (23/06) di Aula Lantai 3 Gedung Tata Naskah ini diikuti 90 peserta dari BKD Kabupaten/Kota serta Provinsi di wilayah kerja Kanreg X BKN.

status1Kakanreg X BKN menyampaikan sambutannya dalam Sosialisasi dan Pelatihan Peraturan Kepegawaian Terkait Pengalihan Status

Usai membuka secara resmi, Kakanreg X BKN menyampaikan bahwa dalam kegiatan sosialisasi ini berfokus pada pengalihan status PNS tenaga kependidikan tingkat SMA sederajat dari Kabupaten ke Provinsi. Dasar hukum pengalihan status tersebut diantaranya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PERKA BKN No 1 Tahun 2016 tentang pelaksanaan pengalihan PNS Daerah Kab/Kota yang menduduki Jabatan Fungsional guru dan tenaga kependidikan menjadi PNS Daerah Provinsi. Menurut PERATURAN KEPALA BKN tentang PENGALIHAN PNS, pengalihan status ditetapkan 01 Oktober 2016 dan pembebanan gaji dari PNS yang dialihkan pindah ke instansi baru terhitung mulai 1 Januari 2017. Untuk pejabat fungsional harus tetap menduduki jabatan fungsional sebelum dialihkan. Sementara itu jumlah Penetapan SK Pengalihan PNS sesuai jenis urusan di wilayah kerja Kanreg X BKN terdapat 22.025 tenaga kependidikan tingkat menengah. Di Bali terdapat sejumlah 6.869 orang , NTB 7.230 dan NTT 7.926 orang.

status2Tampak para peserta  sosialisasi mengikuti kegiatan dengan serius

Di sesi kedua dilanjutkan oleh Heny Sri Wahyuni, S.Kom, M.TI selaku Kepala Sub Direktorat Informasi Kepegawaian, yang menjelaskan sisi teknis pengalihan status PNS, sehingga seluruh peserta dapat sekaligus mengimplementasikan pengalihan status melalui aplikasi. Beberapa pertanyaan pun dilontarkan oleh beberapa peserta terkait pengalihan status tersebut dan langsung ditanggapi oleh narasumber. (IRN)

status3Suasana saat pelatihan teknis terkait pengalihan status yang diikuti seluruh BKD di wilayah kerja Kanreg X BKN
Read more

KANREG X BKN BERBAGI SEBAGAI BENTUK KEPEDULIAN KEPADA SESAMA

parsel2

Denpasar. Sebagai wujud rasa kepedulian terhadap sesama sekaligus sebagai penghargaan atas kinerja seluruh pegawai Kanreg X BKN serta tenaga security dan cleaning service, Rabu sore (22/06), Kanreg X BKN menyerahkan bingkisan kepada 3 orang perwakilan pegawai, tenaga satpam dan cleaning service. Diharapkan ke depan, kerjasama dan sinergitas antar seluruh pegawai dapat selalu terjalin.

parsel3Suasana saat pengarahan Kepala Kantor Regional X BKN terkait kinerja pegawai, tenaga Cleaning Service dan Security di lingkungan Kanreg X BKN

Dalam pengarahannya Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita M.Si mengapresiasi kinerja tenaga Cleaning service dan security selama ini. “Tenaga Cleaning Service yang selama ini bersungguh-sungguh melaksanakan tugas dan tentunya karena kesungguhan itu, Kanreg X BKN dinilai bersih dan beberapa pegawai yang datang dari pusat atau kanreg lain yang melakukan kunjungan ke Kanreg X BKN merasa nyaman. Kebersihan ini lah salah satu bentuk pelayanan kita kepada masyarakat” ungkapnya. Selain kebersihan, dari sisi keamanan pun dinilai sudah cukup baik. Security yang bertugas selama ini sudah melaksanakan tugas dengan baik, namun demikian Made Ardita berharap dapat ditingkatkan lagi.

Made Ardita pun memberi motivasi kepada seluruh pegawai yang hadir agar selalu mencintai pekerjaannya, sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan ikhlas. Selain itu juga perlu menumbuhkan rasa kekeluargaan dan keakraban diantara seluruh pegawai Kanreg X BKN dengan tenaga cleaning service maupun security. Sehingga sinergisitas dan rasa saling menghormati dapat terus terjalin.

parsel1Drs. Made Ardita M.Si (batik biru) menyerahkan bingkisan kepada Ni Nyoman Yuni Oka Triandini (endek hitam) salah satu perwakilan pegawai Kanreg X BKN

Usai menutup pengarahan, Drs. Made Ardita M.Si menyerahkan bingkisan lebaran kepada tiga orang perwakilan dari Tenaga Cleaning service, Security dan  pegawai Kanreg X BKN. (IRN)

Read more

Kakanreg X BKN mengambil sumpah 15 PNS di Lingkungan BKN

sumpah215 PNS yang mengambil sumpah berfoto bersama Kakanreg X BKN dan Kabag TU (foto:YDN)

Denpasar. Kamis (16/06), Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita M.Si mengambil sumpah atau janji 15 PNS di lingkungan Badan Kepegawaian Negara. 5 orang diantaranya ditempatkan di Kanreg X BKN, sementara 10 lainnya ditempatkan di Unit Penyelenggara Seleksi Calon dan Penilaian Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara di Prov. NTB dan NTT. Pengambilan sumpah/janji PNS di lingkungan BKN yang digelar di Lantai 3 Aula Gedung Tata Naskah ini dihadiri oleh seluruh pegawai Kanreg X BKN.

sumpah1Kepala Kantor Regional X BKN saat mengambil sumpah 15 PNS di lingkungan Badan Kepegawaian Negara (foto:YDN)

Dalam sambutannya, Drs. Made Ardita M.Si menyampaikan ucapan selamatnya sekaligus berpesan kepada seluruh PNS di Lingkungan Kanreg X BKN untuk tetap menjaga sumpah dan janji PNS. “Hari ini kita patut bersyukur karena baru saja saya mengambil sumpah PNS karena sebagaimana diketahui bersama bahwa setelah diangkat sebagai PNS, maka setiap PNS wajib mengucapkan sumpah sesuai amanat Pasal 66 ayat 1 UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN. Pengambilan sumpah dan janji ini merupakan ikrar untuk menjamin pelaksanaan tugas kedinasan dengan penuh tanggung jawab. Pada kesempatan ini, saya juga mengingatkan bagi seluruh PNS di lingkungan Kanreg X BKN untuk tetap menjaga sumpah dan janji PNS yang telah saudara ucapkan. Kebocoran rahasia negara kepada pihak yang tidak berkepentingan merupakan salah satu bentuk pelanggaran terhadap sumpah dan janji PNS” tegasnya.

Lebih lanjut Made Ardita juga mengatakan menjadi PNS merupakan amanah sehingga melalui pekerjaan yang dipercayakan kepada kita seharusnya memberi nilai tambah dan bermanfaat bagi orang lain dan diri kita pribadi. Selain itu, juga melakukan pekerjaan dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat disertai niat tulus untuk mengabdi kepada Kanreg X khususnya, BKN, bangsa dan negara pada umumnya. Di akhir sambutannya, Made Ardita juga berpesan untuk selalu mengembangkan dan meningkatkan kompetensi, memegang teguh integritas, independensi dan profesionalitas sebagai PNS, tidak merendahkan diri dengan menjual prinsip, melakukan pekerjaan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jwab dan tidak melakukan hal-hal yang menguntungkan diri sendiri, yang dapat merugikan negara.

sumpah3Salah satu PNS yang diambil sumpah menandatangani Berita Acara Pengambilan Sumpah PNS (foto:Dedi)

Dalam Pengambilan sumpah/janji PNS di lingkungan BKN ini dilakukan penandatanganan Berita Acara Pengambilan Sumpah PNS yang ditandatangani oleh PNS yang diambil sumpah dan Pejabat yang mengambil sumpah serta dua orang saksi yakni Istiyarno S.IP selaku Kabag. Tata Usaha dan Drs. Sang Nyoman Dartana selaku Kabid. Pengangkatan dan Pensiun. (IRN)

Read more

Raih BKN Award, Pemkot. Denpasar Optimis mampu Tingkatkan Manajaemen Kepegawaian

Denpasar. Selain Pemkab. Karangasem, Pemkot. Denpasar dan Pemprov. Bali juga berhasil menyabet penghargaan BKN Award Tahun 2016. Pemkot. Denpasar berhasil meraih peringkat ke lima untuk kategori BKD Inovatif, sementara Pemprov. Bali meraih dua penghargaan, yakni peringkat ke dua untuk kategori Implementasi CAT dalam manajemen ASN dan peringkat ke lima untuk kategori pelaksanaan e-PUPNS.

BKN award3Suasana saat jajaran Kanreg X BKN menemui Sekretaris Daerah Pemkot. Denpasar Drs. A.A. Ngurah Rai Iswara M.Si (Batik Cokelat)

Kakanreg X BKN Drs. Made Ardita M.Si mengapresiasi langkah yang telah diambil pihak Pemkot. Denpasar dalam hal meningkatkan manajemen kepegawaian serta pelayanan publik, sehingga mampu meraih BKN Award. “Berdasar Keputusan Kepala BKN Nomor 91/S.KEPT/KA/V/2016 Tanggal 23 Mei 2016 tentang Instansi Pemenang BKN Award Tahun 2016, Pemkot. Denpasar berhasil meraih BKN award Tahun 2016 untuk kategori BKD Inovatif. Kami berharap Pemkot. Denpasar selalu terdepan dalam melaksanakan tugas-tugasnya serta pelayanan bagi masyarakat. Namun tidak hanya tercepat tetapi juga berkuantitas dan berkualitas. Terimakasih pula Pemkot. Denpasar selalu berkoordinasi dan bekerjasama sehingga dapat melaksanakan tugas tepat waktu” ungkapnya.

Sementara itu,  Sekretaris Daerah Pemkot. Denpasar Drs. A.A. Ngurah Rai Iswara M.Si didampingi Ketut Mister selaku Plt. BKPP Pemkot. Denpasar menyampaikan rasa bangga karena Pemkot. Denpasar berhasil meraih BKN Award Tahun 2016, meskipun belum maksimal dalam melaksanakan manajemen kepegawaian. Namun demikian pihaknya optimis dapat meningkatkan manajemen kepegawaian di lingkungan Pemkot. Denpasar serta meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. “Lini sektor yang menangani kepegawaian harus memiliki dharma lebih daripada sektor SKPD lain. Dalam hal ini Pemkot. Denpasar selalu menanamkan Swaka Dharma kepada seluruh pegawai, yakni Melayani adalah kewajiban. Kami juga selalu mengoreksi diri dalam hal pelayanan di jajaran Pemerintah Kota Denpasar dengan melakukan inovasi pendekatan serta berkomunikasi dengan pihak Kanreg X BKN. Kami merasa tersanjung dengan diberikannya penghargaan ini walaupun belum maksimal. Semoga dapat memacu kami sehingga dapat setara dengan kota dan provinsi lainnya. Harap bina kami serta berikan kami motivasi untuk penyajian terkini” ungkapnya.

BKN award2Kakanreg X BKN menyerahkan  Penghargaan BKN Award Tahun 2016 kepada Sekretaris Daerah Pemkot. Denpasar (Baju endek cokelat)

Penghargaan BKN Award Tahun 2016 untuk Pemkot. Denpasar diserahkan Selasa siang (14/06) oleh Kakanreg X BKN kepada Sekda. Pemkot. Denpasar di Pemkot. Denpasar, sementara untuk Pemprov. Bali diserahkan Pada Senin pagi (13/06) oleh Kakanreg X BKN kepada Kepala BKD Prov. Bali di BKD Prov. Bali Ketut Rochineng SH. (IRN)

BKN award1Kakanreg X BKN menyerahkan  Penghargaan BKN Award Tahun 2016 kepada Kepala BKD Prov.Bali (Baju Abu-abu)
Read more

33 Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemkab.Tabanan Ikuti Seleksi Pemetaan JPT

Denpasar. Setelah Pemkab. Buleleng dan Pemprov. Bali, kini Pemkab. Tabanan mulai mengambil langkah untuk melakukan seleksi Pemetaan Jabatan Pimpinan Tinggi JPT dengan memanfaatkan Assessment Center Kanreg X BKN. Sebanyak 33 Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemkab.Tabanan mengikuti Seleksi Pemetaan JPT yang digelar di Ruang Assessment Center pada Senin(13/06). Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita M.Si ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pemkab. Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM.

Dalam Sambutannya, Drs. Made Ardita M.Si mengapresiasi langkah yang diambil pihak Pemkab. Tabanan, yang pertama kalinya memanfaatkan Assessment Center Kanreg X BKN dalam seleksi pemetaan JPT. “Kami atas nama Kanreg X BKN mengucapkan selamat datang dan tentunya juga mengapresiasi Pemkab.Tabanan yang telah mengikuti regulasi yang ada, khususnya di bidang manajemen kepegawaian. Karena disebutkan dalam UU ASN, dengan jelas  mengamanatkan bahwa ASN yang menduduki jabatan harus memiliki kompetensi. Tentu arahnya adalah peningkatan kinerja bagi PNS yang menduduki jabatan di unit masing-masing” tandasnya.

jpt tbn 01Usai dibuka oleh Drs. Made Ardita M.Si (kiri), kegiatan dialnjutkan dengan sambutan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM (kanan) selaku Sekretaris Daerah Pemkab. Tabanan

Sementara itu ditambahkan Sekretaris Daerah Pemkab. Tabanan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut regulasi manajemen kepegawaian bahwa sesuai UU ASN untuk bisa dilakukan rotasi dan mutasi, bagi JPT harus melalui proses assessment. “Assessment yaitu tes kompetensi untuk mengetahui potensi, kompetensi, profil serta kualifikasi dari masing-masing pejabat. Hasil tes ini nantinya akan dijadikan pedoman bagi pimpinan dalam memposisikan seluruh pejabat peserta tes, seandainya dilakukan promosi dan mutasi jabatan “ ungkapnya.

jpt tbn 02Dalam LGD, seluruh peserta harus berdiskusi mengenai langkah dan strategi dalam memecahkan sebuah permasalahan

Dalam seleksi pemetaan JPT ini , seluruh peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi. Pertama, seluruh peserta harus mengikuti tes tertulis yakni tes psikometri diantaranya CFIT (Culture Fair Intelegence Test), Proposal Writing, Wartegg dan Papikostik. Usai tes tulis dilanjutkan dengan LGD (Leaderless Group Discussion). Dalam LGD, seluruh peserta dibagi menjadi enam kelompok untuk mendiskusikan sebuah kasus yang telah diberikan assesor. Seleksi pemetaan JPT Pemkab. Tabanan ini rencananya akan digelar hingga Kamis (16/06). (IRN)

Read more