33 Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemkab.Tabanan Ikuti Seleksi Pemetaan JPT

Denpasar. Setelah Pemkab. Buleleng dan Pemprov. Bali, kini Pemkab. Tabanan mulai mengambil langkah untuk melakukan seleksi Pemetaan Jabatan Pimpinan Tinggi JPT dengan memanfaatkan Assessment Center Kanreg X BKN. Sebanyak 33 Pejabat Eselon II di Lingkungan Pemkab.Tabanan mengikuti Seleksi Pemetaan JPT yang digelar di Ruang Assessment Center pada Senin(13/06). Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita M.Si ini juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Pemkab. Tabanan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM.

Dalam Sambutannya, Drs. Made Ardita M.Si mengapresiasi langkah yang diambil pihak Pemkab. Tabanan, yang pertama kalinya memanfaatkan Assessment Center Kanreg X BKN dalam seleksi pemetaan JPT. “Kami atas nama Kanreg X BKN mengucapkan selamat datang dan tentunya juga mengapresiasi Pemkab.Tabanan yang telah mengikuti regulasi yang ada, khususnya di bidang manajemen kepegawaian. Karena disebutkan dalam UU ASN, dengan jelas  mengamanatkan bahwa ASN yang menduduki jabatan harus memiliki kompetensi. Tentu arahnya adalah peningkatan kinerja bagi PNS yang menduduki jabatan di unit masing-masing” tandasnya.

jpt tbn 01Usai dibuka oleh Drs. Made Ardita M.Si (kiri), kegiatan dialnjutkan dengan sambutan Ir. I Nyoman Wirna Ariwangsa, MM (kanan) selaku Sekretaris Daerah Pemkab. Tabanan

Sementara itu ditambahkan Sekretaris Daerah Pemkab. Tabanan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai tindak lanjut regulasi manajemen kepegawaian bahwa sesuai UU ASN untuk bisa dilakukan rotasi dan mutasi, bagi JPT harus melalui proses assessment. “Assessment yaitu tes kompetensi untuk mengetahui potensi, kompetensi, profil serta kualifikasi dari masing-masing pejabat. Hasil tes ini nantinya akan dijadikan pedoman bagi pimpinan dalam memposisikan seluruh pejabat peserta tes, seandainya dilakukan promosi dan mutasi jabatan “ ungkapnya.

jpt tbn 02Dalam LGD, seluruh peserta harus berdiskusi mengenai langkah dan strategi dalam memecahkan sebuah permasalahan

Dalam seleksi pemetaan JPT ini , seluruh peserta harus melalui beberapa tahapan seleksi. Pertama, seluruh peserta harus mengikuti tes tertulis yakni tes psikometri diantaranya CFIT (Culture Fair Intelegence Test), Proposal Writing, Wartegg dan Papikostik. Usai tes tulis dilanjutkan dengan LGD (Leaderless Group Discussion). Dalam LGD, seluruh peserta dibagi menjadi enam kelompok untuk mendiskusikan sebuah kasus yang telah diberikan assesor. Seleksi pemetaan JPT Pemkab. Tabanan ini rencananya akan digelar hingga Kamis (16/06). (IRN)