Monthly Archives October 2016

Peringati Sumpah Pemuda, Para Pemuda Diajak Ikut Serta Dalam Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia

Denpasar. Mulai  Tahun 2020 sampai 2035, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif Indonesia diproyeksikan berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini. Bonus Demografi menjadi windows opportunity (peluang) yang sangat strategis bagi sebuah negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan. Hal tersebut diungkapkan dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang disampaikan Made Ardita M.Si selaku Inspektur Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-88 Tahun 2016 pada Jumat (28/10).

sp1Pelaksanaan Upacara Bendera di lingkungan Kanreg X BKN memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 88

Lebih lanjut disampaikan, hal tersebut bisa menjadi jawaban dari kalimat terkenal yang pernah dilontarkan Presiden Pertama RI Bung Karno, yakni “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan ku guncangkan dunia.” Jika kita merenung dan merefleksikan pidato Bung Karno, maka Bung Karno tidak perlu menunggu bonus demografi untuk bisa memberikan kehormatan yang layak bagi bangsa dan negaranya. Bung Karno hanya membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia. Namun dengan Bonus Demografi menjadi kesempatan kita satu-satunya untuk memastikan percepatan pembangunan ekonomi Indonesia menjadi negara maju sejajar dengan negara-negara besar lainnya. Di depan mata kita ada MEA dan Perdagangan bebas Asia dan dunia. Saatnya pemuda Indonesia membangun visi yang besar menatap dunia.

Melalui peringatan hari sumpah pemuda ini, seluruh pemuda diajak untuk tetap berjuang dan berupaya sekuat tenaga demi kemajuan dan kemakmuran Bangsa Indonesia dan terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam Upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ini dibacakan pula hasil Konggres Pemuda pada 28 Oktober 1928  yang menyatakan Bertumpah Darah satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa satu Bangsa Indonesia dan menjunjung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia.(IRN/YDN)

Read more

Kepala BKN Resmikan (Lagi) Rumah Jabatan Eselon IV

rj21

Denpasar. Usai membuka Rapat Koordinasi Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center) , Kepala BKN Bima Haria Wibisana meresmikan sembilan Rumah Jabatan Eselon IV Kanreg X BKN, bertempat di Rumah Jabatan Kanreg X BKN. Kepala BKN menyambut positif dengan dirampungkannya pembangunan 9 rumah jabatan Eselon IV di lingkungan Kanreg X BKN, untuk mendukung peningkatan produktivitas dan kualitas kerja pegawai. “Rumah jabatan ini dibangun agar para pegawai dapat lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dengan begitu diharapkan kualitas kerja pegawai dapat meningkat”, tegasnya

rj2Kepala BKN menunjuk salah satu rumah jabatan yang akan diresmikan saat memberikan pengarahan

Dilaporkan Made Ardita dalam acara ini, Pembangunan rumah jabatan type 50 tahun 2016 merupakan lanjutan dari kegiatan yang sama yang dimulai tahun 2015. Untuk tahun 2016 jumlah yang dibangun sejumlah 9 unit, sehingga total rumah jabatan bagi pejabat pengawas saat ini berjumlah 18 unit. Dengan selesainya pembangunan 9 unit rumah jabatan yang diperuntukan bagi pejabat pengawas di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar, maka semua Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas sudah mendapatkan sarana pendukung berupa tempat tinggal yang cukup representative, yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja Kantor Regional X BKN Denpasar pada khususnya.


rj23Kepala BKN (kanan) didampingi Kepala Kanreg X BKN (kiri) meresmikan 9 unit rumah jabatan Eselon IV

Sebelum meresmikan, Kepala BKN menyerahkan kunci rumah jabatan secara simbolis kepada sembilan calon penghuni. Peresmian dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Kepala BKN didampingi Kepala Kanreg X BKN di rumah jabatan No. D 10 yang akan ditempati oleh Ni Made Purnami Astari SE, MM dan dilanjutkan dengan peninjauan ruangan rumah jabatan Eselon IV. (IRN/YDN)

Read more

Assessment Center Diharapkan Dapat Lebih Dimanfaatkan Untuk Pengembangan Karier ASN

Denpasar. Sumber daya manusia merupakan aset utama dan mempunyai peran penting bagi kelangsungan hidup suatu organisasi. Oleh karena itu selain perlu peningkatan integritas, perlu juga dilakukan upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan baik potensi maupun kompetensi setiap personil dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Penilaian kompetensi ini salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan Assessment Center. Hal tersebut dibahas dalam Rakor Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center) yang digelar Kamis (27/10) di Aula Bimasena Kanreg X BKN.

rakor-ac1Kepala BKN  (tengah) saat memberikan pengarahan dalam Rakor Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center)

“Assessment Center hampir sebagian besar digunakan untuk pelaksanaan seleksi terbuka, padahal kegunaannya bukan hanya untuk promosi. Proses penilaian kompetensi dan potensi ini juga dapat digunakan utk pengembangan PNS yang bersangkutan.” Berikut diungkapkan Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat memberikan pengarahan dalam rakor tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, dengan melakukan penilaian kompetensi dan potensi melalui Assessment Center dapat diketahui kelemahan dan kelebihannya. Kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan mengikuti pelatihan maupun diklat. Selama ini pun, hanya diklat teknis yang banyak diikuti, terutama pegawai dari daerah. Sementara untuk Soft Skill seperti pengembangan leadership dan kerjasama masih belum banyak diadakan.

rakor-ac2Drs. Made Ardita M.Si mengungkapkan pentingnya pengembangan ASN melalui Assessment Center

Ditambahkan Kepala Kantor Regional X BKN, Drs. Made Ardita M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian potensi dan kompetensi ASN menjadi hal yang sangat penting dalam pengembangan ASN untuk menunjang perkembangan organisasi. Dengan adanya Assessment Center ini diharapkan dapat meningkatkan dan mendukung efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan pengembangan karir ASN dengan penerapan sistem merit.

Kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center)  ini terselenggara berkat kerjasama antara Pusat Penilaian Kompetensi ASN dengan Kantor Regional X BKN dan diikuti oleh Kepala BKD Se-Provinsi Bali, NTB dan NTT beserta pengelola Assessment Center dari beberapa instansi yang memiliki Assessment Center. (IRN/YDN)

 

 

Read more

Akun Media Sosial Resmi Milik BKN

Guna percepatan diseminasi informasi di lingkungan BKN melalui media sosial, silakan melakukan LIKE, FOLLOW, dan SUBSCRIBE pada akun resmi BKN berikut ini.

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2016/10/Scan0004.pdf”]

Read more

BELAJAR ILMU PERKANTORAN, SMK N 1 PURWODADI KUNJUNGI KANREG X BKN

Denpasar. Senin Pagi (24/10), Kanreg X BKN mendapat kunjungan istimewa dari Kabupaten Grobogan , Jawa Tengah, tepatnya dari SMK N 1 Purwodadi, dalam rangka melaksanakan Kunjungan Industri khususnya di Bidang Administrasi Perkantoran. Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Bagian Tata Usaha Istiyarno, S.IP di Ruang Aula Bimasena Kanreg X BKN.

Dalam kesempatan ini, Drs. Safi in selaku salah satu guru pendamping SMK N 1 Purwodadi menyampaikan bahwa kegiatan ini ditujukan untuk menambah wawasan serta ketrampilan para siswa, khususnya dalam Administrasi Perkantoran. Selain itu, juga dapat menjadi bekal sebelum para siswa melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) pada Desember mendatang serta saat akan terjun langsung untuk bekerja di sebuah institusi yang sebenarnya.

purwo1Drs. Safi in (batik biru) menjelaskan pelaksanaan kegiatan kunjungan industri SMK N 1 Purwodadi di Kanreg X BKN

Sementara itu, Istiyarno S.IP menyambut baik kunjungan SMK N 1 Purwodadi ini. Melalui kegiatan ini, seluruh siswa dapat menambah ilmu administrasi perkantoran, terutama dalam hal layanan kepegawaian di Kanreg X BKN. Disampaikan pula bahwa sejak Tahun 2005, Institusi yang semula bernama BAKN (Badan Administrasi Kepegwaian Negara) berubah menjadi BKN (Badan Kepegawaian Negara). Tentunya dalam waktu sekian tahun manajamen kepegawaian selalu berbenah. Pelayanan Kanreg X BKN, yakni Mutasi dan Status Kepegawaian, Pengangkatan dan Pensiun, Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, Assessment Center dan CAT (Computer Assisted Test) kini telah berbasis ISO 9001 : 2015.

purwo2SMK N 1 Purwodadi menyerahkan cinderamata kepada Kanreg X BKN yang diwakili oleh Kasubbag. Umum Aryanto, S.Sos (foto:gede tegmini)

Usai pemaparan layanan kepegawaian serta penukaran cinderamata, sejumlah 120 Siswa SMK N 1 Purwodadi beserta 9 guru pendamping dengan Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran melakukan kunjungan ke beberapa bagian di lingkungan Kanreg X BKN. Tak hanya itu, para siswa juga diajak melihat ruang Assessment Center dan CAT serta dijelaskan prosedur pelaksanaan kegiatan baik di Assessment Center mau pun di ruang CAT. (IRN)

purwo3Siswa SMK N 1 Purwodadi mendapatkan pengarahan saat berkunjung ke Ruang CAT Kanreg X BKN (foto:gede tegmini)
Read more