Assessment Center Diharapkan Dapat Lebih Dimanfaatkan Untuk Pengembangan Karier ASN

Denpasar. Sumber daya manusia merupakan aset utama dan mempunyai peran penting bagi kelangsungan hidup suatu organisasi. Oleh karena itu selain perlu peningkatan integritas, perlu juga dilakukan upaya untuk meningkatkan dan mengembangkan baik potensi maupun kompetensi setiap personil dalam menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Penilaian kompetensi ini salah satunya dapat dilakukan dengan memanfaatkan Assessment Center. Hal tersebut dibahas dalam Rakor Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center) yang digelar Kamis (27/10) di Aula Bimasena Kanreg X BKN.

rakor-ac1Kepala BKN  (tengah) saat memberikan pengarahan dalam Rakor Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center)

“Assessment Center hampir sebagian besar digunakan untuk pelaksanaan seleksi terbuka, padahal kegunaannya bukan hanya untuk promosi. Proses penilaian kompetensi dan potensi ini juga dapat digunakan utk pengembangan PNS yang bersangkutan.” Berikut diungkapkan Kepala BKN Bima Haria Wibisana saat memberikan pengarahan dalam rakor tersebut.

Lebih lanjut dikatakan, dengan melakukan penilaian kompetensi dan potensi melalui Assessment Center dapat diketahui kelemahan dan kelebihannya. Kekurangan tersebut dapat ditutupi dengan mengikuti pelatihan maupun diklat. Selama ini pun, hanya diklat teknis yang banyak diikuti, terutama pegawai dari daerah. Sementara untuk Soft Skill seperti pengembangan leadership dan kerjasama masih belum banyak diadakan.

rakor-ac2Drs. Made Ardita M.Si mengungkapkan pentingnya pengembangan ASN melalui Assessment Center

Ditambahkan Kepala Kantor Regional X BKN, Drs. Made Ardita M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa penilaian potensi dan kompetensi ASN menjadi hal yang sangat penting dalam pengembangan ASN untuk menunjang perkembangan organisasi. Dengan adanya Assessment Center ini diharapkan dapat meningkatkan dan mendukung efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan pengembangan karir ASN dengan penerapan sistem merit.

Kegiatan Rapat Koordinasi Lembaga Penilaian Kompetensi (Assessment Center)  ini terselenggara berkat kerjasama antara Pusat Penilaian Kompetensi ASN dengan Kantor Regional X BKN dan diikuti oleh Kepala BKD Se-Provinsi Bali, NTB dan NTT beserta pengelola Assessment Center dari beberapa instansi yang memiliki Assessment Center. (IRN/YDN)