Monthly Archives May 2017

Jam Kerja Selama Bulan Ramadhan

Menindaklanjuti Surat Edaran Menpan RB Nomor 20 Tahun 2017 tentang penetapan Jam Kerja ASN, TNI dan POLRI pada Bulan Ramadhan, Kanreg X BKN mengeluarkan Nota Dinas yang menetapkan Jam kerja selama bulan puasa, yakni sebagai berikut.

Read more

Berbagai Lomba Seni dan Kreatifitas Warnai Kemeriahan HUT BKN ke 69

Denpasar. Jika sebelumnya Kanreg X BKN menggelar berbagai lomba olah raga, lomba mewarnai untuk anak-anak dan lomba “Scavenger Photo Hunt” di Hutan Mangrove, pada puncak acara Memperingati HUT BKN ke 69 yakni Rabu (24/05) panitia mengadakan lomba menyanyi bagi Kepala Bagian/ Bidang serta “Make Up Challenge” yang diikuti masing-masing Bagian/Bidang di lingkungan Kanreg X BKN.

Tak ketinggalan, di awal acara Kanreg X BKN juga menampilkan kesenian tradisional tari Oleg Tamulilingan yang menggambarkan lebah jantan yang sedang mengejar lebah betina di sebuah taman. Gerakan penari di atas panggung terlihat gemulai, mengikuti suara musik gamelan  yang mengiringinya. Tak mau melewatkannya begitu saja, beberapa penonton dengan gadget masing-masing tampak mengabadikan pertunjukan tersebut.

Usai tarian, dimulailah lomba menyanyi antar Kepala Bagian/ Bidang yang diawali Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian, dilanjutkan Bidang Informasi Kepegawaian, Bidang Pensiun dan Pengangkatan, Bidang Mutasi dan Status Kepegawaian, dan terakhir Bagian Tata Usaha. Berdasar suara terbanyak, maka Juara pertama diraih oleh Kepala Bidang Pensiun dan Pengangkatan Drs. Sang Nyoman Dartana, sementara juara kedua diraih Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Drs. Abdul Salam Gassing.

Make Up Challenge bertema “Birthday Party” tampaknya menjadi lomba yang paling ditunggu seluruh peserta. Bidang Tata Usaha dengan riasan Badutnya tampak mendapat applause meriah saat presentasi di atas panggung. Sang badut pun melakukan atraksi kecil dengan bola yang dibawanya untuk mendukung riasannya. Sementara dari Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian menampilkan salah satu tokoh orang tua yang membintangi film kartun “UP.”

Peserta Make Up Challenge saat foto bersama anak-anak pegawai di lingkungan Kanreg X BKN

Tak hanya berbagai perlombaan seni dan kreatifitas, kali ini Kanreg X BKN juga membagikan hadiah berupa doorprize yang beberapa diantaranya merupakan peralatan rumah tangga dan elektronik. Sementara hadiah utama berupa lemari es satu pintu yang berhasil diraih oleh Binanda Triska, salah satu pegawai dari Bidang Informasi Kepegawaian. (IRN/YDN)

Secara simbolis, hadiah utama diberikan langsung oleh Kakanreg X BKN kepada Binanda Triska
Read more

Kakanreg : Generasi Muda Harus Pahami Nilai Kepemimpinan BKN

Denpasar. “Melalui peringatan HUT BKN, mari kita tengok lagi sejarah, siapa pemimpin yang unggul dan sukses saat itu. Pemimpin-pemimpin yang menerapkan nilai-nilai yang hingga saat ini masih digunakan. Cepat, Cermat dan Ikhlas menjadi beberapa diantara ciri-ciri seseorang yang profesional. Kita harapkan generasi muda dapat memahami apa yang sudah diterapkan pemimpin sebelumnya dan dapat mengingat kembali prestasi yang pernah diraih oleh BKN.” Berikut diungkapkan Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si selaku Kepala Kanreg X BKN dalam sambutannya memperingati Hari Ulang Tahun Badan Kepegawaian Negara ke 69 di lingkungan Kanreg X BKN.

“Generasi muda dapat memahami apa yang sudah diterapkan pemimpin sebelumnya dan dapat mengingat kembali prestasi yang pernah diraih oleh BKN”, ungkap Kakanreg X BKN dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakan berkaitan dengan tema HUT BKN tahun 2017, yakni Melalui Transformasi Digital, Kita Tingkatkan Mutu Layanan Kepegawaian ASN, tentu menjadi hal yang mudah bagi generasi saat ini karena sudah memiliki mindset yang technology minded. Terlebih lagi, sebanyak 60 persen pegawai di Kanreg X BKN merupakan generasi muda yang energic, kreatif dan memiliki semangat tinggi. Kakanreg berharap para generasi muda tersebut dapat lebih giat belajar, saling bertukar pikiran dengan unit lain, sehingga dapat unggul dan berprestasi.

Kakanreg menyerahkan potongan tumpeng kedua kepada pegawai termuda di lingkungan Kanreg X BKN

Sementara itu, Puncak Peringatan HUT BKN ke 69 di lingkungan Kanreg X BKN sekaligus menandai dimulainya bulan puasa atau “munggah” dilakukan pemotongan tumpeng oleh Kepala Kantor Regional X BKN, yang diberikan kepada Pegawai Termuda, Pegawai Tertua serta Ketua Rohis di lingkungan Kanreg X BKN. (IRN/YDN)

Read more

Polda Bali Bekerjasama Dengan Kanreg X BKN Dalam Ujian Akademik Penerimaan AKPOL

Denpasar. Dalam rangka seleksi Calon Taruna Akademi Kepolisian (AKPOL), Polda Bali melakukan kerjasama dengan Kanreg X BKN dalam Ujian Akademik dengan menggunakan fasilitas Computer Asissted Test (CAT) Station milik Kanreg X BKN. Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan Senin pagi (22/05) di Ruang Rapat Kanreg X BKN, yang dilakukan oleh Kepala Kantor Regional X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si dan Komisaris Besar Polisi Drs. Jawari SH, MH selaku Karo SDM Polda Bali.

Kepala Kantor Regional X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si saat menandatangani Nota Kesepahaman

Dalam sambutannya, Kepala Kanreg X BKN menyambut baik kerjasama ini, karena  memiliki komitmen yang sama dalam meningkatkan dan mengembangkan aparatur negara yang profesional dan bermartabat. “Komitmen kerjasama seperti ini sebenarnya sudah dirintis jauh hari sebelumnya. Dan sistem CAT ini sendiri digunakan hanya untuk keperluan perekrutan CPNS dan ujian kedinasan lainnya, namun tidak menutup kemungkinan dapat pula digunakan instansi lain, tentu dengan persetujuan BKN pusat, salah satunya dengan Polda Bali,” jelasnya. Ditambahkan, CAT kini banyak digunakan dalam berbagai ujian atau seleksi, karena hasilnya dapat diketahui dengan cepat, lebih akuntabel dan transparan. Selain itu juga, tidak ada intervensi darimanapun. Ida Ayu Rai Sri Dewi berharap ke depannya kerjasama ini dapat terus berlanjut.

Hal yang sama diungkapkan pula oleh Komisaris Besar Polisi Drs. Jawari SH, MH. Melalui kerjasama ini, BKN juga turut serta menjaring anggota Polri yang berkualitas. “BKN melalui sistem CAT yang dimiliki, telah membantu pelaksanaan ujian penerimaan Calon Taruna AKPOL yang bersih, akuntabel dan transparan sekaligus mewujudkan pemimpin Polri yang berkualitas ke depannya,” ungkapnya. Ujian penerimaan Taruna AKPOL ini dalam rangka rekrutmen anggota Polri, yakni melalui AKPOL yang proyeksinya untuk menduduki jabatan manajerial.

Tes Akademik akan dilaksanakan selama 2 hari, yakni 25-26 Mei 2017, sementara simulasinya digelar Selasa (23/05). Peserta yang berhak mengikuti ini merupakan peserta yang mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian dengan sistem gugur, yang meliputi pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, pemeriksaan psikologi (tertulis), dan pengujian kesamaptaan jasmani dan antropometri. Sementara materi yang akan diujikan dalam pengujian akademik, meliputi Pengetahuan Umum, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA dan IPS. (IRN)

 

Read more

Tanamkan Jiwa Sosial dengan Semangat No Politic, No Money Oriented and No Popularity

Denpasar. Hal tersebut disampaikan Ibu Linda selaku Pengelola sekaligus Pemilik Yayasan Sosial Kemanusiaan, Angel Hearts, saat berbincang dengan kepala Kantor Regional X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi, SH, M.Si. Ditemui di rumah Yayasan Angel Hearts, Ibu Linda mengaku hal tersebut sudah menjadi salah satu prinsip hidupnya sebelum mendirikan yayasan sosial ini dan sudah ditanamkan di lingkungan keluarganya sejak kecil. “Keluarga besar saya berpesan jangan bertujuan untuk kegiatan politik, tidak berorientasi uang untuk kepentingan pribadi dan jangan mencari popularitas jika ingin benar-benar mengabdikan diri untuk kegiatan sosial. Jadilah sebuah lilin, meskipun kecil namun mampu menerangi lingkungan sekitarmu,“ tegasnya.

Kepala Kantor Regional X BKN dalam kesempatan ini juga mengapresiasi niat baik Angel Hearts, yang telah banyak membantu masyarakat kurang mampu, khususnya dalam bidang kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan warga kurang mampu. “Saya sendiri sangat mengapresiasi kegiatan sosial seperti ini. Memang perlu ditanamkan jiwa sosial sejak kita kecil, sehingga saat dewasa nanti mampu menolong banyak orang, tanpa mengharapkan imbalan,” ungkapnya.

Suasana saat berkunjung ke Yayasan kemanusiaan dan Sosial Angel Hearts

Yayasan Angel Hearts menjadi salah satu rumah sosial yang menerima bantuan Kanreg X BKN dalam rangka HUT BKN ke 69. Bantuan ini diberikan oleh Kepala Kantor Regional X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi SH, M.Si melalui Ketua Panitia HUT BKN ke 69 I Made Teguh Wicaksana, SE.

I Made Teguh Wicaksana, SE. memberikan bantuan kepada Ibu Linda selaku Pengelola Yayasan Angel Hearts

Dalam Rumah Yayasan Angel Hearts ini terdapat 12 anak kurang mampu yang melanjutkan pendidikannya di Denpasar dan perawatan terhadap 2 Balita yang masing-masing menderita Tumor Pembuluh Darah dan Bibir Sumbing. Ibu Linda juga menegaskan bahwa sebagian anak-anak yang kini menghuni rumah Angel Hearts bukanlah yatim piatu, karena mereka masih memiliki keluarga inti. Ibu Linda menanamkan bahwa di saat sudah dewasa, anak-anak ini harus kembali kepada keluarganya masing-masing, sehingga dapat membantu kesejahteraan dan mengangkat martabat keluarga. Rencananya, yayasan ini akan membangun gedung baru di sekitar Jalan Tukad Badung. (IRN)

Read more