Monthly Archives June 2017

Pacu Kinerja Organisasi, BKN Lakukan Rotasi 52 Pejabat Internal

Jakarta-Humas BKN, “Rotasi, mutasi, dan promosi itu merupakan hal yang lumrah dalam sebuah organisasi, hal itu dilakukan untuk semakin meningkatkan kinerja baik secara individu maupun dampak kinerja organisasi, itu mungkin konsep yang usang tetapi masih perlu dilakukan,” ungkap Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Hal itu disampaikan Kepala BKN saat melantik 52 pejabat internal yang mutasi, rotasi, dan juga promosi pada pagi ini Kamis, (22/06) di Kantor Pusat BKN Jakarta.

Kepala BKN berpesan kepada 52 pejabat yang dilantik untuk semakin meningkatkan kinerja

Kepada 52 pejabat yang dilantik hari ini, Kepala BKN juga berpesan untuk semakin berlomba-lomba meningkatkan kinerja, mengingat peran dan tugas BKN sebagai instansi pembina manajemen kepegawaian memiliki fungsi yang strategis, terlebih untuk menjamin berjalannya roda manajemen ASN secara nasional yang menjadi tanggung jawab BKN. Pada bagian akhir, Kepala BKN juga menyampaikan bahwa pejabat yang hari ini dilantik merupakan the best fit untuk BKN. Selain itu diingatkan pula pentingnya meningkatkan pengawasan, khususnya dalam perencanaan dan penyerapan yang tepat. Dalam hal penyerapan, BKN telah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 8 (delapan) kali berturut-turut dari hasil pemeriksaan Badan Pengawas Keuangan (BPK) dan Kepala BKN berpesan agar prestasi tetap diteruskan hingga tahun-tahun selanjutnya.

Sementara itu, Pejabat yang dirotasi, dimutasi, dan dipromosikan terdiri dari Pejabat Tinggi Pratama (BKN Pusat dan Kantor Regional BKN), Pejabat Administrator, dan Pejabat Pengawas.

[gview file=”https://denpasar.bkn.go.id/wp-content/uploads/2017/06/Pejabat-BKN-yang-dilantik-pada-tanggal-22-Juni-2017.pdf”]

sumber : bkn.go.id

Read more

Seleksi Pegawai Tidak Tetap Non PNS, RSUP Sanglah Gelar Tes CAT

Denpasar. Kamis (22/06) , Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah menggelar Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan sistem Computer Assissted Test (CAT) bertempat di Kanreg X BKN Denpasar. Ujian ini diikuti oleh 208 peserta yang melamar Pegawai Tidak Tetap Non PNS dengan formasi Perawat, Radiografer, Perekam Medis, Asisten Apoteker dan Teknisi Elektromedis.

Kepala Bidang Informasi Kepegawaian (baju coklat) harapkan seluruh peserta dapat lebih fokus mengerjakan soal ujian

Dalam pengarahannya, Abdul Salam Gassing selaku Kepala Bidang Informasi Kepegawaian mengatakan bahwa seleksi TKD dengan menggunakan CAT merupakan metode seleksi yang transparan, akuntabel dan dijamin hasilnya. Selain itu, seluruh peserta diharapkan dapat lebih fokus, karena soal ujian berbeda antara satu meja dengan meja lainnya. “Kami berharap masing-masing peserta tidak tergesa-gesa dan lebih fokus dalam mengerjakan soal di meja masing-masing,” ungkapnya. Lebih lanjut dikatakan, seluruh peserta wajib menaati tata tertib selama berada di ruang ujian. Diantaranya tidak membawa Handphone atau alat elektronik lainnya.

Peserta tampak serius mengerjakan soal

Sebelumnya, RSUP Sanglah telah melakukan seleksi administrasi pada 12 Juni lalu, dan sejumlah 208 peserta dinyatakan lulus, sehingga dapat melanjutkan seleksi berikutnya yakni Tes Kemampuan Dasar (TKD) dengan CAT. Dalam TKD, seluruh peserta harus menjawab materi ujian Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum dan Tes Karakteristik Pribadi, dalam waktu 90 menit. Jika dinyatakan lulus TKD, maka peserta dapat mengikuti seleksi selanjutnya yakni Tes Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI), Wawancara dan Tes Kesehatan. (IRN)

Read more

Pererat Silahturahmi, Kanreg X BKN Bagikan Tali Kasih

Denpasar. “Pemberian tali kasih dapat menjadi tradisi yang mesti dilestarikan. Terlebih menjelang Hari Raya Idul Fitri seperti saat ini, tak hanya untuk mempererat silahturahmi, kiranya juga dapat membantu dalam memenuhi kebutuhan. Namun demikian, jangan melihat dari nilainya, tetapi dari ketulusan hati kita untuk berbagi dengan sesama.” Berikut diungkapkan Kepala Kanreg X BKN Ida Ayu Rai Sri Dewi saat memberikan sambutan dalam penyerahan bingkisan Hari Raya Idul Fitri, pada Rabu (20/06) di Ruang Rapat Lantai II Kanreg X BKN.

Kepala Kanreg X BKN saat memberikan sambutan

Menutup sambutan, Kepala Kanreg X BKN juga memberikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri bagi yang merayakannya dan selamat menikmati liburan selama cuti nanti. Usai memberikan sambutan, secara simbolis Ida Ayu Rai Sri Dewi memberikan bingkisan kepada perwakilan pegawai yang hadir.

Terlihat antrian panjang pegawai Kanreg X BKN saat penyerahan Bingkisan Tali Kasih

Tak hanya memberikan kepada perwakilan pegawai, Ida Ayu Rai Sri Dewi mengajak seluruh pegawai untuk melakukan penyerahan bingkisan di tepi lapangan volley, tepat di depan gedung Tata Naskah. Beberapa saat kemudian, terlihat antrian panjang pegawai Kanreg X BKN yang menunggu giliran menerima bingkisan yang diserahkan langsung oleh Kepala Kanreg X BKN. Suasana di lapangan volley tiba-tiba menjadi riuh dan ramai, karena seluruh pegawai hadir di satu tempat. (IRN/YDN)

 

Read more

Membentuk Jiwa Yang Kuat Melalui Body, Soul dan Spirit

Denpasar. Mungkin masih ada yang belum mendengar nama Dedy Susanto. Namun di kalangan psikolog, nama tersebut sudah cukup terkenal. Dedy Susanto merupakan seorang motivator Psikologi yang juga seorang praktisi pemulihan jiwa, pembicara atas 32 judul training dan seminar dengan tema psikologi dan penulis buku Pemulihan Jiwa jilid satu sampai dengan tujuh. Berkesempatan hadir di Aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN pada Senin (19/06), Dedi Susanto kembali memberikan motivasi serta penyegaran jiwa dengan tema “Semangat Berkarya, Bahagia Melayani.”

Kegiatan diawali dengan pemahaman mengenai Body, Soul dan Spirit yang berkaitan dengan alam bawah sadar manusia. “Apa yang muncul dalam alam bawah sadar, akan diikuti pula oleh perasaan, pikiran serta tubuh kita. Apa yang kita lihat dan kita dengar, dapat mempengaruhi jiwa kita. Misalnya sering melihat atau menonton berita buruk secara berulang-ulang, dapat membuat kita menjadi parno atau ketakutan yang berlebihan.”

Dalam kesempatan ini, Dedy Susanto juga memberikan rumus bagaimana membentuk jiwa yang kuat, yang diantaranya harus dekat dengan Tuhan, memberikan penghargaan terhadap diri sendiri, mengekspresikan emosi secukupnya dan kondusif serta memberikan jeda pada jiwa atau refreshing. “Pikiran yang sering serius bisa membuat kita cepat tua dan pikun. Namun pikiran yang terlalu santai juga kurang bagus. Yang paling bagus adalah kombinasi diantara keduanya. Mungkin di siang hari karena pekerjaan, pikiran kita menjadi tegang, namun di malam hari saat akan tidur usahakan untuk membuat pikiran lebih santai. Hal tersebut juga akan membuat jiwa lebih segar.”

Ucapan selamat atau bangga atas prestasi kerja yang diraih dapat membangkitkan jiwa untuk selalu bersemangat dalam menjalankan pekerjaan

Tak hanya penjelasan mengenai psikologis, Dedy Susanto juga memberikan kesempatan bagi seluruh peserta yang hadir untuk melakukan praktek bagaimana membangkitkan dan menyegarkan jiwa sehingga dapat lebih bersemangat dalam bekerja dan menjalani kegiatan sehari-hari. Salah satunya dengan mengungkapkan rasa bangga terhadap prestasi yang sudah diraih rekan kerja. Peserta diwajibkan menggunakan kata “selamat” dan “bangga.”

Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh pegawai dapat memahami bagaimana membentuk jiwa yang kuat dan dapat memberikan pelayanan kepada stakeholder dengan maksimal. (IRN/YDN)

Kepala Bagian Tata Usaha (kiri) menyerahkan cinderamata kepada Dedy Susanto
Read more

Tekan Jumlah Penipuan, Pemerintah Segera Terbitkan Kebijakan Pemanfaatan Data Kepegawaian

Jakarta, Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan segera menerbitkan kebijakan penggunaan data kepegawaian yang telah terintegrasi milik BKN. Hal itu disampaikan Menteri PAN dan RB Asman Abnur saat rapat bersama Kepala BKN Bima Haria Wibisana beserta jajarannya di Kantor Kementerian PAN dan RB, Selasa (13/6/2017). Asman melanjutkan, langkah tersebut dilakukan karena dirinya kerap menerima aduan terkait kejahatan dan penipuan yang memanfaatkan data kepegawaian, oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk mendapatkan keuntungan.

IMGL1417Menteri PAN dan RB Asman Abnur

“Data kepegawaian milik BKN saat ini tidak digunakan dengan maksimal oleh pengelola kepegawaian, khususnya di daerah. Jadi, walaupun secara makro sistem yang ada telah terbangun dengan baik, permasalahan-permasalahan mikro kerap terjadi”, papar Asman.

 

IMGL1395Kepala BKN Bima Haria Wibisana

 Asman berharap, seluruh pengelola kepegawaian dapat memanfaatkan data kepegawaian yang sudah terintegrasi milik BKN, secara optimal. Lalu kelola dan sajikan data-data itu sedemikian rupa kepada masyarakat, salah satunya untuk menekan kasus kejahatan dan penipuan kepegawaian.

Menanggapi hal itu, Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan jika sesuai pasal 47 dan 48 Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), BKN memiliki tugas mengelola sistem informasi kepegawaian. Namun, walalupun sistem telah terbangun dengan baik, Bima menjelaskan penggunaan data milik BKN oleh pengelola kepegawaian belum optimal, sehingga tidak dapat menjangkau masyarakat. Padahal, terpaparnya masyarakat akan informasi kepegawaian yang benar sejatinya akan mengedukasi masyarakat sehingga terhindar dari kejahatan.

Bima melanjutkan, belum adanya kebijakan penggunaan data kepegawaian yang diterbitkan oleh BKN dikarenakan BKN tidak memiliki kewenangan terkait itu. Karenanya, BKN menyambut positif inisiasi langkah yang akan diambil oleh Kementerian PAN dan RB dan bersama-sama akan berkomitmen mewujudkan realisasi terbitnya kebijakan tersebut. (berry-humas BKN Pusat)

Read more