Monthly Archives September 2019

Kebijakan dan Rencana Rekrutmen CPNS 2019 jadi Salah Satu Topik Unggulan Rakornas Kepegawaian 2019 BKN

[SIARAN PERS]
Nomor: 081/RILIS/BKN/IX/2019

Forum evaluasi dan koordinasi manajemen kepegawaian yang dikemas dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian, pada 25 September 2019 mendatang akan mengupas detil kebijakan dan rencana rekrutmen CPNS. Dalam acara yang akan dihadiri oleh pejabat pengelola kepegawaian di lingkup Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah itu juga akan diulas mengenai visi dan tantangan ASN serta potret kondisi ASN saat ini. Hingga siaran pers ini diterbitkan 4 Narasumber yang direncanakan telah mengonfirmasi kehadirannya yakni Menteri PANRB Syafruddin, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubowono X, Pakar Tata Negara Yudi Latif dan diskusi panel oleh Deputi BKN Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Suharmen bersama Deputi SDM Aparatur Setiawan Wangsaatmaja. Kepala BKN Bima Haria Wibisana akan membuka secara resmi acara yang akan dihelat di Yogyakarta ini.

Persiapan pelaksanaan rekrutmen ASN dari aspek infrastruktur kini tengah dimatangkan BKN selaku instansi penyelenggaraan seleksi CPNS secara nasional. Adapun persiapan infrastruktur di antaranya mencakup sistem pendaftaran daring terintegrasi melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN) dan penyiapan fasilitas seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT BKN). BKN juga bekerja sama dengan sejumlah Instansi Pusat dan Daerah untuk mendukung fasilitasi pelaksanaan seleksi, misalnya mengenai titik lokasi di mana BKN sudah menyiapkan 108 titik di seluruh wilayah Indonesia melalui kerja sama dengan Instansi Pemerintah lainnya.

Pada pemberitaan yang telah disampaikan sebelumnya, BKN sudah menyampaikan proyeksi jumlah pelamar CPNS dan P3K tahun ini jika dilaksanakan serentak akan mencapai 5,5 Juta.

Jakarta, 23 September 2019
Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN,
Ttd
Mohammad Ridwan

http://www.bkn.go.id

Link web dan medsos BKN 👇
http://www.bkn.go.id/wp-content/uploads/2017/01/Kebijakan-dan-Rencana-Rekrutmen-CPNS-2019-jadi-Salah-Satu-Topik-Unggulan-Rakornas-0D-Kepegawaian-2019-BKN.pdf

https://www.facebook.com/383767665088202/posts/1596559090475714/

https://twitter.com/BKNgoid/status/1175968647489081344?s=19

Read more

Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Tekankan Kesiapan Daerah Dalam Seleksi CPNS 2019

Kantor Regional X BKN Denpasar menyelenggarakan Sosialisasi Bidang Kepegawaian se wilayah kerja Kanreg X BKN dengan tema “Pengadaan ASN dan Teknis Pelaksanaanya,” pada Rabu (18/9) bertempat di aula A.E.Manihuruk Kanreg X BKN. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto, Kepala Kantor Regional X BKN Bambang Hari Samasto beserta narasumber yaitu Direktur Pengadaan dan Kepangkatan BKN Ibtri Rejeki dan Kepala Pusat Pengembangan Sistem Rekrutmen ASN BKN (PPSR ASN BKN) Heri Susilowati. Selain itu, acara ini diikuti oleh Kepala BKD/BKPP/BKPSDM Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota se wilayah kerja Kanreg X BKN dan para pengelola kepegawaian di masing-masing instansi.
ZI4.1
Dalam kegiatan ini Kepala Kanreg X BKN menyampaikan terkait dengan pengadaan CPNS, BKN bertugas dalam mengendalikan seleksi calon pegawai ASN, dimana pengadaan ASN menjadi isu yang sangat sensitif saat ini. Hal tersebut ditandai dengan banyaknya berita hoax yg mengatasnamakan pejabat BKN yang meminta beberapa orang untuk datang ke kantor dan dapat membantu pengangkatan CPNS. Ditegaskan bahwa hal itu sama sekali tidak benar. Kepala Kanreg X BKN pun menghimbau untuk berhati-hati jika ada yang menjanjikan mampu membantu kelulusan seleksi CPNS.
Sementara itu, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto menyampaika untuk tahun 2019, berdasar Permenpan Nomor 12 Tahun 2019 tentang pengadaan ASN tahun 2019, rencananya akan dilakukan pengangkatan ASN sejumlah 244173, dengan ricnian penempatan pusat 46425 dan penempatan daerah 207748. Aris juga menghimbau kepada seluruh panitia seleksi di daerah, agar melakukan verifikasi ulang formasi dari Menpan, terkait kualifikasi jabatan dan formasi yg diisi. Kemudian pada saat verifikasi berkas seleksi administrasi, dimohon untuk sangat berhati-hati dan lebih teliti. Jika ada hal yg perlu dikonsultasikan ke panselnas bisa dikonsulkan, supaya kekeliruah tsb tidak berlarut sampai penetapan NIP. Selain itu, terkait persiapan pelaksanaan SKD dan SKB, di tahun ini diharapkan panitia seleksi di daerah dapat membantu untuk menginventarisasi seberapa besar kemampuan daerah untuk menyiapkan Infrastruktur secara mandiri, dan menghitung perbandingan jumlah sarpras dan peserta.
ZI4
Dalam sosialisasi yang menjadi agenda tahunan Kanreg X BKN ini juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama antara Kakanreg X BKN bersama dengan 44 Kepala BKD/BKPSDM/BKPP Provinsi/Kabupaten/Kota di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Penandatanganan komitmen bersama ini menjadi bukti bahwa Pengelola Kepegawaian se Bali dan Nusra berkomitmen untuk mewujudkan layanan kepegawaian yang bersih demi mendukung terwujudnya Reformasi Birokrasi. (IRN & AWW)
Read more

Materi Sosialisasi Bidang Kepegawaian Tanggal 18 September 2019

 

  1. Powerpoint pengadaan ASN <Unduh>
  2. Powerpoint Penyelenggaraan CPNS menggunakan sistem CAT BKN <Unduh>
  3. Powerpoint Roadmap Pengadaan <Unduh>
  4. Dokumentasi Kegiatan <Tautan>
Read more

Tingkatkan Pemahaman SPIP, BPKP Adakan Sharing Knowledge di Kanreg X BKN

Denpasar. Seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah kini dituntut untuk memiliki sistem pengawasan dan pengendalian intern yang mandiri dan terintegrasi. Hal tersebut ditekankan oleh Kepala Kantor Regional X BKN Bambang Hari Samasto dalam sambutannya saat mengawali acara Sharing Knowledge dan Pengawasan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kamis (11/9) di Aula A.E Manihuruk Kanreg X BKN Denpasar.

IMG_3733

Kepala Kanreg X BKN saat memberikan sambutan

Sementara itu, Inspektur BKN Darmuji dalam arahannya menyampaikan pentingnya pelaksanaan pengendalian internal. ”Pengendalian yang tertib dan teratur akan memperkuat pelaksanaan Reformasi Birokrasi” ungkapnya. Di akhir arahannya Inspektur juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kanreg X BKN atas peran yang dilakukan dalam melaksanakan pengendalian internal. Kanreg X mendapat apresiasi sebagai unit kerja yang telah menerapkan pengendalian internal dengan baik dan unggul dalam melakukan pendokumentasian kegiatan sesuai prosedur, dan bisa menjadi contoh yang patut ditiru oleh unit kerja lain di BKN.

Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Regional X BKN bekerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  ini ditujukan untuk berbagi pengetahuan dan penyamaan persepsi mengenai SPIP serta teknik-teknik pengawasan dan pengendalian di instansi pemerintah. Selain itu acara yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanreg X BKN ini juga disertai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Pejabat Struktural Kanreg X BKN dalam rangka membangun komitmen untuk melaksanakan pelayanan publik yang profesional, unggul dan bermartabat.

IMG_3756

Penandatanganan komitmen bersama oleh salah satu Pejabat Struktural Kanreg X BKN

Selain itu, dalam acara ini dipaparkan materi teknis mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah oleh Narasumber dari BPKP. Materi kebijakan pengendalian disampaikan oleh Direktur Bidang Pengendalian IPTEK dan Reformasi Birokrasi BPKP, Bambang Utoyo yang menitikberatkan pada upaya pemerintah untuk mendorong proses pengawasan secara terstruktur melalui komando dari BPKP. Selain itu Narasumber lainya dari BPKP Kasubditwas Bidang RB BPKP Lady Martha Napitupulu memaparkan mengenai strategi peningkatan maturitas SPIP di lingkungan BKN, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai teknik penilaian maturitas SPIP, yang didalamnya terdapat paparan hasil penilaian maturitas SPIP yang dilakukan di BKN. (Dedi + AWW)

Read more

40 PNS di lingkungan Pemkab.Bangli Ikuti Ujian Dinas Tingkat I dan II

Denpasar.Bekerjasama dengan Kanreg X BKN, Pemkab.Bangli menggelar Ujian Dinas Tingkat I dan Tingkat II pada Rabu (11/09) bertempat di Ruang CAT Kanreg X BKN.  Ujian Dinas ini diikuti oleh 11 peserta Ujian Dinas Tingkat I dan 29 peserta Ujian Dinas Tingkat II.

IMG_3694Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian (kiri) saat memberikan pengarahan

Menurut Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Suparlan,  ujian ini dilakukan guna mengukur kompetensi Pegawai Negeri Sipil yang akan naik golongan, selain sebagai salah satu syarat untuk Kenaikan Pangkat. Dalam ujian ini, seluruh peserta akan mengerjakan ujian dengan sistem Computer Assissted Test (CAT) di ruang CAT Kanreg X BKN serta wawancara bagi peserta ujian Tingkat II bertempat di ruang Assesment Center.

20190911_091106
Seluruh peserta akan mengerjakan ujian dengan sistem CAT Kanreg X BKN

Sementara materi yang diujikan diantaranya Pengetahuan Umum terkait sejarah Bangsa Indonesia, Pancasila serta Peraturan Perundang-undangan, Pengetahuan terkait program pemerintah daerah, serta pengetahuan terkait bidang pekerjaan masing-masing. Ujian sejumlah 100 soal tersebut harus dikerjakan dalam waktu 90 menit. (IRN)

Read more