Tingkatkan Pemahaman SPIP, BPKP Adakan Sharing Knowledge di Kanreg X BKN

Denpasar. Seluruh instansi pemerintah baik pusat maupun daerah kini dituntut untuk memiliki sistem pengawasan dan pengendalian intern yang mandiri dan terintegrasi. Hal tersebut ditekankan oleh Kepala Kantor Regional X BKN Bambang Hari Samasto dalam sambutannya saat mengawali acara Sharing Knowledge dan Pengawasan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Kamis (11/9) di Aula A.E Manihuruk Kanreg X BKN Denpasar.

IMG_3733

Kepala Kanreg X BKN saat memberikan sambutan

Sementara itu, Inspektur BKN Darmuji dalam arahannya menyampaikan pentingnya pelaksanaan pengendalian internal. ”Pengendalian yang tertib dan teratur akan memperkuat pelaksanaan Reformasi Birokrasi” ungkapnya. Di akhir arahannya Inspektur juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kanreg X BKN atas peran yang dilakukan dalam melaksanakan pengendalian internal. Kanreg X mendapat apresiasi sebagai unit kerja yang telah menerapkan pengendalian internal dengan baik dan unggul dalam melakukan pendokumentasian kegiatan sesuai prosedur, dan bisa menjadi contoh yang patut ditiru oleh unit kerja lain di BKN.

Acara yang diselenggarakan oleh Kantor Regional X BKN bekerjasama dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP)  ini ditujukan untuk berbagi pengetahuan dan penyamaan persepsi mengenai SPIP serta teknik-teknik pengawasan dan pengendalian di instansi pemerintah. Selain itu acara yang diikuti oleh seluruh pegawai Kanreg X BKN ini juga disertai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Pejabat Struktural Kanreg X BKN dalam rangka membangun komitmen untuk melaksanakan pelayanan publik yang profesional, unggul dan bermartabat.

IMG_3756

Penandatanganan komitmen bersama oleh salah satu Pejabat Struktural Kanreg X BKN

Selain itu, dalam acara ini dipaparkan materi teknis mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah oleh Narasumber dari BPKP. Materi kebijakan pengendalian disampaikan oleh Direktur Bidang Pengendalian IPTEK dan Reformasi Birokrasi BPKP, Bambang Utoyo yang menitikberatkan pada upaya pemerintah untuk mendorong proses pengawasan secara terstruktur melalui komando dari BPKP. Selain itu Narasumber lainya dari BPKP Kasubditwas Bidang RB BPKP Lady Martha Napitupulu memaparkan mengenai strategi peningkatan maturitas SPIP di lingkungan BKN, yang dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai teknik penilaian maturitas SPIP, yang didalamnya terdapat paparan hasil penilaian maturitas SPIP yang dilakukan di BKN. (Dedi + AWW)