Monthly Archives December 2020

Hadiri Rakorda Manajemen Kepegawaian, Kakanreg X BKN Tekankan Pentingnya Digitalisasi Pelayanan Kepegawaian

Denpasar. Dalam rangka Tata Kelola Manajemen Kepegawaian berbasis digital dan menyamakan persepsi dalam memberikan pelayanan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN),  BKD Propinsi Bali menggelar Rapat Koordinasi Daerah Manajemen Kepegawaian Tahun 2020 pada Senin (28/12) bertempat di Ruang Rapat Jana Kerthi BKD Propinsi Bali, Denpasar. Kegiatan ini dihadiri Kepala BKD/BKPSDM di wilayah Propinsi Bali.

WhatsApp Image 2020-12-28 at 11.59.29 (2)

Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono dalam kesempatan ini menekankan pentingnya digitalisasi pelayanan kepegawaian. Terlebih di masa pandemi, digitalisasi dalam manajemen kepegawaian ini memiliki sisi positif seperti pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Tetapi tentu saja harus dibarengi dengan kemampuan SDM di bidang teknologi dan informasi serta sarana dan prasarana. Digitalisasi pelayanan kepegawaian ini juga telah dilakukan BKN diantaranya dalam penetapan NIP CPNS Formasi Tahun 2019 dan dilanjutkan dalam penetapan NIP bagi P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Hingga saat ini, Kanreg X BKN dengan wilayah kerja Bali, NTB dan NTT telah berhasil meyelesaikan Penetapan NIP bagi CPNS Formasi Tahun 2019 sejumlah 8.436 PERTEK, sementara sisanya masih dalam koordinasi dengan instansi daerah. Sementara jumlah usul masuk dalam aplikasi SAPK untuk Penetapan NI P3K sejumlah 2809 saat ini masih dalam proses. Terkait pelayanan kepegawaian di lingkungan Kanreg X BKN, rencananya pada awal tahun 2021 Kanreg X BKN akan mencanangkan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) sebagai wujud nyata dari proses Reformasi Birokrasi.

Selain itu, Kepala Kanreg X BKN juga mengungkapkan pelaksanaan sistem merit yang memberikan manfaat positif bagi pengembangan karir pegawai serta dapat mengukur kompetensi serta potensi pegawai. Pengembangan karir ini dapat dilakukan dengan mengikuti diklat. Namun ditekankan pengiriman pegawai untuk mengikuti diklat harus berdasarkan kebutuhan, bukan berdasarkan kuota, sehingga akan memberikan manfaat baik bagi individu itu sendiri dan bagi organisasi.

Kepala Kanreg X BKN berharap kegiatan rapat koordinasi atau pertemuan semacam ini dapat rutin dilaksanakan, untuk mempercepat penyelesaian permasalahan dalam pengelolaan kepegawaian yang terjadi di wilayah Propinsi Bali. Dengan kegiatan ini juga sebagai sarana untuk menampung masukan dari BKD/BKPSDM sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan layanan kanreg X BKN.

WhatsApp Image 2020-12-28 at 11.59.29 (1)

Sementara itu, Ketut Lihadnyana selaku Kepala BKD Propinsi Bali menyampaikan kebijakan dalam Manajemen Kepegawaian di lingkungan Propinsi Bali serta sinergitas BKN dengan BKD/BKPSDM di Propinsi dan Kabupaten/Kota dalam pengelolaan manajemen kepegawaian.  Selain itu, pihaknya juga menjelaskan bahwa sebagai pengelola kepegawaian hanya memiliki satu tujuan yaitu “menyenangkan pegawai”, ASN yang telah dilayani dengan baik akan merasa puas sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja seluruh ASN. (KPW)

Read more

Pengumuman Kelulusan PPNPN TA. 2021 Pada Kanreg X BKN dan UPT BKN Mataram

Berdasar Pengumuman No. 03/UM / PANSEL/ KRX/XII/ 2020 , berikut disampaikan pengumuman kelulusan hasil seleksi Pengadaan Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) pada Kantor Regional X BKN dan UPT BKN Mataram Tahun Anggaran 2021.

0001 (4)0002 (4)0003 (2)0004 (3)0005 (2)0009 (2) 0006 (2)0007 (2)0008 (2)

Read more

Jelang Tutup Tahun 2020 Kanreg X BKN Internalisasikan Budaya Kerja dan Motto

Denpasar. Budaya kerja yang adaptif, inovatif dan kolaboratif akan menciptakan keunggulan kompetitif sehingga ASN dapat tampil sebagai pelayan publik yang agile atau tangkas dalam menyikapi berbagai tantangan serta perubahan yang terjadi. Selain itu, integritas menjadi hal yang sang krusial sebagai nilai utama untuk menyikapi berbagai situasi. Tanpa kejujuran dan komitmen yang kuat maka apa yang kita rencanakan tidak akan dapat terwujud dengan baik. Hal tersebut ditegaskan Kepala Kanreg X BKN Paulus Dwi Laksono saat memberikan pengarahan dalam seminar “Membangun Budaya Kerja yang Adaptif, Kolaboratif, Berintegritas dan Melayani di lingkungan Kantor Regional X BKN Denpasar” yang digelar secara daring pada Senin pagi (21/12).

zoom7

Kakanreg X BKN memberikan pengarahan dalam seminar yang digelar secara daring

Dijelaskan lebih lanjut, tema seminar kali ini sangat relevan dengan nilai-nilai budaya kerja Kantor Regional X BKN yang sudah ditetapkan yaitu Integritas, Adaptif, Inovatif, Kolaboratif dan Melayani. Dalam kesempatan ini, Kepala Kanreg X BKN lebih menekankan pada integritas sebagai fondasi yang pertama dan utama. “Integritas dilakukan dengan memegang teguh nilai-nilai kejujuran dan komitmen dalam mengemban setiap tugas tanggung jawab. Menjalankan tugas ini juga seharusnya dilakukan dengan hati, sepenuh hati dan hati-hati,“ ungkapnya. Paulus Dwi Laksono juga mengingatkan kepada seluruh pegawai bahwa integritas sudah dimulai saat menandatangani surat pelaksanaan tugas sebagai CPNS atau kontrak kerja bagi PPNPN. “Disitulah sebagian hak kita digadaikan pada negara. Saat itu kebebasan kita sudah diatur Undang-Undang, juga harus taat dengan Pancasila dan UUD 1945 serta. UU No.5 tahun 2014. Jadi integritas sangat relevan dan sangat dibutuhkan dalam pelaksanana tugas dan tanggung jawab kita sebagai ASN” ungkap

Selain budaya kerja, juga telah ditetapkan motto Kantor Regional X BKN Denpasar yaitu Profesional, Unggul dan Bermartabat. Kepala Kanreg X BKN berharap kegiatan pagi ini dapat menjadi bagian dari momentum lahirnya semangat baru bagi seluruh jajaran Kantor Regional X BKN Denpasar di masa adaptasi kebiasaan baru. Semangat dan tekad kita bersama untuk menjunjung tinggi nilai integritas dan melahirkan inovasi-inovasi yang bermanfaat untuk peningkatan kinerja organisasi.

zoom8

Rurin Mardewita dari Hamarta Consulting saat memberikan motivasi secara virtual

Seminar budaya kerja ini menghadirkan seorang Motivator Rurin Mardewita dari Hamarta Consulting sebagai narasumber, dan diikuti Pejabat Administrator dan Pengawas, Pejabat Fungsional, Pegawai serta PPNPN di lingkungan Kantor Regional X BKN Denpasar. (tim)

 

Budaya Kerja Kantor Regional X BKN Denpasar: Integritas, Adaptif, Inovatif, Kolaboratif, Melayani

  • Integritas: Memegang teguh nilai-nilai kejujuran dan komitmen dalam mengemban setiap tanggung jawab dan penugasan.
  • Adaptif: Dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan terkini, sehingga mampu menjawab setiap tantangan dengan cara-cara yang adaptif.
  • Inovatif : Senantiasa berusaha meningkatkan kualitas layanan dengan melakukan terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja organisasi.
  • Kolaboratif: Dalam bekerja senantiasa mengedepankan semangat saling menghargai dan kerjasama.
  • Melayani: Berusaha memberikan pelayanan yang terbaik baik bagi para stakeholders eksternal maupun stakeholders internal sesuai dengan Norma Standar Prosedur dan Kriteria yang berlaku.

 Motto Kantor Regional X BKN Denpasar: Profesional, Unggul, Bermartabat

  • Profesional: Dalam memberikan pelayanan senantiasa meningkatkan kompetensi dan bekerja dengan dedikasi tinggi serta berorientasi pada kinerja.
  • Unggul: Semangat untuk berusaha mencapai yang terbaik dengan mengedepankan cara-cara yang adaptif, inovatif dan kolaboratif serta menerapkan sistem manajemen mutu dalam memberikan layanan kepegawaian kepada stakeholders terkait.
  • Bermartabat: Dalam melaksanakan tugas penyelenggaraan dan pembinaan manajemen ASN mengedepankan integritas yang menjunjung tinggi nilai-nilai dasar yang meliputi: jujur, tanggung jawab, disiplin, bersemangat, kerja sama, dan pelayanan prima.

 

Read more

Wilayah Kerja Kanreg X BKN Raih Penghargaan BKN Awards

Sejumlah 75 Instansi Pemerintah yang melingkupi Kementerian, Lembaga Negara, Lembaga Tinggi Negara, Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK), Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten, dan Pemerintah Kota berhasil meraih penghargaan BKN Award sebagai pelaksana manajemen ASN berdasarkan keunggulan di masing-masing kategori yang dinilai. Adapun penilaian Instansi Pengelola Kepegawaian terbaik yang meraih BKN Award dinilai berdasarkan 5 (lima) kategori, meliputi: Perencanaan kebutuhan, pelayanan pengadaan, kepangkatan dan pensiun (kategori I); Implementasi SAPK dan Pemanfaatan CAT (Kategori II); Penilaian kompetensi (Kategori III); Implementasi Penilaian Kinerja (Kategori IV); dan Komitmen pengawasan dan pengendalian (Kategori V).
Kanreg X BKN mengucapkan selamat kepada Pemerintahan Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah kerja Kanreg X BKN yang telah mendapatkan penghargaan BKN Award yang diumumkan dalam perhelatan Rakornas Kepegawaian 2020, pada Kamis (17/12/2020) secara virtual. Terimakasih atas kerjasama dan koordinasi yang telah dibangun hingga saat ini. Kiranya penghargaan tersebut mampu memberi semangat dan motivasi untuk terus berkarya dan berkinerja membangun Manajemen Kepegawaian ASN.
 Pemerintah Provinsi serta Kabupaten/Kota di wilayah kerja Kanreg X BKN yang menerima penghargaan diantaranya Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Lembata dengan kategori sebagai berikut.
0008 (1)
0009 (1)
0010 (1)
0011 (1)
Read more

BKN Realisasikan Satu Data ASN Melalui Launching SIASN

[SIARAN PERS]
Nomor: 055/RILIS/BKN/XII/2020

Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi meluncurkan Sistem Informasi ASN atau SIASN dalam perhelatan Rakornas Kepegawaian 2020, Kamis (17/12/2020) secara virtual. SIASN merupakan jawaban implementasi Satu Data ASN, yakni dengan mengintegrasikan data ASN secara nasional meliputi seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Instansi Pemerintah Daerah. Peluncuran SIASN dilakukan secara langsung oleh Kepala BKN, Bima Haria Wibisana bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Agus Pramusinto dan Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen.

WhatsApp Image 2020-12-17 at 14.07.11

Program layanan SIASN bertujuan untuk memperbaiki kualitas data ASN, khususnya menyangkut layanan manajemen kepegawaian. Melalui SIASN, setiap ASN dapat memantau progres layanan kepegawaiannya dengan menerima notifikasi via MySAPK atau email. SIASN juga sudah menerapkan digital signature sehingga proses layanan pengusulan kepegawaian tidak memakan waktu yang lama dan berbasis paperless.

Dari aspek implementasi dan pengawasan sistem merit, ada dua sasaran pembangunan SIASN. Pertama, untuk menginternalisasi target tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel melalui implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai dengan Perpres 95/2018, khususnya tentang satu data ASN atau integrasi data ASN yang dimandatkan kepada BKN. Kedua, sistem ini akan digunakan untuk fokus pada penegakan hukum dan reformasi birokrasi dalam Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) sesuai Perpres 54/2018. Dari perspektif pencegahan korupsi, SIASN akan dimanfaatkan untuk transparansi pengisian jabatan di lingkup instansi pusat dan daerah. Pembangunan sistem informasi ASN nasional ini dilakukan selain bertujuan untuk mengimplementasikan amanat UU ASN dan PP 11/2017 tentang Manajemen PNS, juga digunakan untuk mencegah proses pelaksanaan sistem merit yang keliru.

Jakarta, 17 Desember 2020
Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja sama BKN

Ttd
Paryono

Read more