Monthly Archives November 2015

Peringati HUT KORPRI, Presiden Sampaikan 5 Amanat Demi Terwujudnya Indonesia Berdaulat

Denpasar. Memperingati HUT KORPRI (Korps Pegawai Republik Indonesia) ke 44, Senin (30/11) Kanreg X BKN Denpasar menggelar Upacara Bendera yang diikuti oleh seluruh pegawai, dengan Inspektur Upacara Kepala Bagian Tata Usaha Istiyarno S.IP menggantikan Kepala Kantor Regional X BKN yang sedang melaksanakan tugas dinas luar kota. Dalam kesempatan ini, Istiyarno S.IP menyampaikan sambutan tertulis Presiden RI selaku Penasehat Nasional KORPRI.

hut kopr 1Istiyarno S.IP menyampaikan sambutan tertulis Presiden RI dalam rangka HUT KORPRI ke 44

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengucapkan Selamat Memperingati Hari Ulang Tahun KORPRI ke 44 kepada segenap keluarga besar KORPRI di seluruh tanah air. Presiden RI juga menyampaikan lima amanat kepada seluruh anggota Korpri yang antara lain melakukan percepatan Reformasi Birokrasi di semua tingkatan, membangun mentalitas baru yang positif, berintegritas, memiliki ethos kerja dan berjiwa gotong royong. Selain itu juga mempersiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif dan responsif terhadap perkembangan jaman, menjaga netralitas anggota KORPRI dalam pesta demokrasi, khususnya Pemilukada yang akan digelar akhir tahun 2015. Dan yang terakhir, semua aparatur birokrasi harus menjadi motor penggerak produktifitas nasional dan daya saing bangsa.

Joko Widodo juga berharap agar segenap anggota KORPRI dapat konsisten melaksanakan amanat tersebut demi kejayaan bangsa dan negara menuju terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

korpri 7Petugas upacara membacakan UUD 1945  yang dilanjutkan dengan Panca Prasetya KORPRI

Sementara itu meski panas matahari terasa menyengat, para petugas dan peserta upacara tampak semangat mengikuti  jalannya upacara hingga selesai dengan khidmat. (IRN/YDN)

korpri5Peserta upacara menyanyikan lagu Indonesia Raya sekaligus melakukan penghormatan saat pengibaran bendera
Read more

Tentukan Nilai Jabatan, Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian mantapkan Evaluasi Jabatan

Denpasar. Untuk memantapkan evaluasi jabatan dalam menentukan nilai jabatan, Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian Kanreg X BKN Denpasar menggelar Pemantapan Evaluasi Jabatan dengan menghadirkan narasumber Janry Haposan UP Simanungkalit selaku Kasi.Gaji Pejabat Negara dan PPPK Direktorat Kompensasi ASN BKN. Kegaiatan ini dibuka secara resmi oleh Drs.Theodorus Darius Lusi, M.Si selaku Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Utama Kanreg X BKN Denpasar.

Dalam sambutannya, Theodorus mengatakan Evaluasi Jabatan memiliki manfaat untuk menentukan nilai atau value semua jabatan dalam setiap organisasi. Secara teori, nilai jabatan tersebut dihitung dengan menggunakan metode dengan mengaitkan faktor jabatan dan tugas jabatan dengan formula tertentu. Diharapkan pula, melalui kegiatan ini nantinya para peserta dapat memahami dengan baik dan dapat menginformasikan dengan detail kepada stakeholder, khususnya kepada instansi di daerah.

IMG_8464

Drs.Theodorus Darius Lusi, M.Si (kiri) saat memberikan sambutan

Sementara itu dalam paparannya, Janry Haposan mengatakan bahwa Evaluasi Jabatan memiliki dasar hukum yakni Peraturan Menteri PAN dan RB No.34 Tahun 2011 tentang Pedoman Evaluasi Jabatan Pegawai Negeri Jo.Peraturan Menteri PAN dan RB no.39 Tahun 2013 serta Perka BKN No.21 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Evaluasi Jabatan PNS. Sedangkan metode  dalam Evaluasi Jabatan sebagian instansi menggunakan  metode FES (Factor Evaluation System), yang telah dikembangkan oleh U.S Office of Personnal Management (OPM) pada tahun 1977 dan revisi terakhir dilakukan pada Juni 2007. Sebagian lagi menggunakan metode Hay System yang dikembangkan Hay Group. Dijelaskan pula Evaluasi Jabatan memiliki manfaat diantaranya untuk menentukan Klasifikasi Jabatan, Nilai Bobot Jabatan, Pola Karier, Kompensasi, serta Desain Jabatan.

janri evajab

Janry Haposan UP Simanungkalit memaparkan Evaluasi Jabatan kepada para peserta

Usai break, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan contoh evaluasi jabatan dengan menggunakan metode FES. Tak hanya tahapan pelaksanaan, Janry Haposan juga menjelaskan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian evaluasi jabatan dengan menggunakan metode FES. Selain itu, Para peserta pun dapat mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab usai pemaparan materi tentang Evaluasi Jabatan. (IRN)

peserta evajab

Para peserta tampak serius menyimak materi tentang Evaluasi Jabatan
Read more

USAI DIKLAT PRAJABATAN, CPNS DIHARAPKAN TERAPKAN ANEKA

Ciawi. Usai ujian Laporan Pelaksanaan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi ASN Diklat Prajabatan Golongan II , pada Selasa (24/11) pelaksanaan Diklat Prajabatan Golongan II akhirnya ditutup secara resmi oleh Warli selaku Kepala Biro Kepegawaian BKN, bertempat di Lobby Perpustakaan Pusat Pengembangan (Pusbang) ASN BKN Ciawi, Bogor. Dalam sambutannya, Warli berharap kepada seluruh CPNS, agar selalu menerapkan nilai-nilai ANEKA yang dipelajari dalam diklat saat kembali ke instansi masing-masing.

Lebih lanjut Warli mengatakan, Nilai ANEKA yakni Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi dapat menjadi landasan dalam melaksanakan tugas di instansi masing-masing. Dengan demikian, para CPNS dapat menjadi agen perubahan menuju Reformasi Birokrasi yang lebih baik, khususnya di BKN. Selain itu, diungkapkan pula bahwa setelah menjalani ujian Laporan Pelaksanaan Aktualisasi Nilai-Nilai Dasar Profesi ASN, CPNS masih akan menjalani tes kesehatan di RSUD yang telah ditunjuk oleh BKN dan Kanreg BKN. Karena selain tingkat intelegensi, tentunya untuk melakukan pekerjaan diperlukan fisik yang sehat.

Dalam acara penutupan ini pula, Herman selaku Penanggung Jawab Kegiatan mengumumkan 3 peserta terbaik dari masing-masing angkatan. Pada Angkatan 1, Juara 1 diraih oleh Pandu Setia Gama dari Kanreg X Denpasar, Juara 2 Anggi Rizki Harahap dari Kanreg XIII Aceh dan Juara 3 diraih Tri Rahmawati dari Kanreg V Jakarta. Pada Angkatan 2, Juara 1 diraih oleh Afrilita Ayu Sartika dari Kanreg VII Palembang, Juara 2 Marfi Andika Rangkuti dari Kanreg XII Pekanbaru dan  Juara 3 Silviawati dari Kanreg XIII Aceh. Sementara pada Angkatan 3 Juara 1 diraih oleh Rinal Arifin dari Kanreg III Bandung,  Juara 2 Rahmad Ramadhan dari Kanreg XIII Aceh dan Juara 3 Didik Wuriyono dari BKN Pusat. (IRN)

Read more

Sambut HUT KORPRI, Kanreg X BKN Gelar Pertandingan Persahabatan

Denpasar (20/11/2015). Menyambut HUT KORPRI yang jatuh pada 29 Nopember mendatang, Kanreg X BKN menggelar berbagai macam acara untuk memeriahkannya, salah satu diantaranya dengan melakukan pertandingan olahraga dengan stakeholder terkait dan acara bakti sosial berupa donor darah. Untuk pertandingan olahraga diantaranya pertandingan volley, futsal, tenis lapangan, badminton dan tenis meja. Dalam pertandingan pembuka yang digelar pada hari Jumat (20/11) di Kanreg X Denpasar yaitu volley ball dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali.

HUT KORPRI1Tim volley ball dari Kanreg X BKN dan BPS Propinsi Bali foto bersama sesaat sebelum pertandingan dimulai

Sebelum pertandingan dimulai Kakanreg X BKN Denpasar, Drs. Made Ardita, M.Si memberikan ucapan selamat datang dan sambutan kepada atlet dan official dari BPS. Dalam sambutannya, Kakanreg X BKN mengaku gembira dengan diadakannya pertandingan olahraga semacam ini. Karena selain bermanfaat untuk kesehatan, kegiatan ini juga dapat digunakan sebagai ajang untuk bersilahturahmi antar instansi. “Melalui kegiatan ini, saya berharap hubungan silahturahmi tidak hanya sebatas pertandingan seperti ini saja tetapi juga dalam bentuk non formal,” ungkap pria penggemar olahraga voley ball.

HUT KORPRI4Pertandingan volley ball tim Kanreg X BKN dengan tim dari BPS Propinsi Bali

Sementara itu perwakilan dari BPS mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk ikut berpartisipasi meramaikan pertandingan olahraga menyambut HUT KORPRI.”Ini merupakan suatu penghargaan bagi kami, kami bisa bersilaturahmi ke Kanreg X BKN Denpasar. Kami juga berharap nantinya dari Kanreg X BKN bisa bersilaturahmi ke BPS sehingga ke depan hubungan antar instansi dapat terjalin lebih baik lagi,” pungkasnya.

HUT KORPRI2Pertandingan tenis meja tim Kanreg X BKN dengan tim dari PT Taspen Cabang Denpasar

Setelah acara seremonial kemudian dilanjutkan ke pertandingan Volley antara Kanreg X BKN dengan BPS Provinsi Bali pun dimulai. Pertandingan cukup seru, karena tim sama-sama kuat. Sorak riuh para penonton pun bergema di lapangan menambah semangat para pemain. Usai pertandingan volley, acara dilanjutkan dengan pertandingan Tenis Meja dengan PT. Taspen Cab. Denpasar di gedung Tata Naskah Kanreg X BKN. (Yd/Irn)

Read more

Kanreg X BKN Sosialisasikan Assessment Center

Denpasar. Sebagai tindak lanjut diresmikannya Assessment Center, Kanreg X Denpasar pada Senin (16/11) menggelar Sosialisasi Assessment Center dengan  menghadirkan narasumber Diah Kusuma Ismuwardhani, S.Psi, M.Si selaku Kabid.Perencanaan dan Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi dan Ima Pravita Saraswati, S.Psi selaku Assessor Muda Pusat Pengembangan Kompetensi ASN. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Drs.Theodorus Darius Lusi, M.Si selaku Kabid.Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Utama.

a 1

Drs.Theodorus Darius Lusi, M.Si (tengah) menyampaikan sambutan

Dalam sambutannya, Theodorus menyampaikan, bahwa dalam penempatan jabatan disyaratkan adanya seleksi yang berdasar pada UU ASN. Panitia Seleksi yang dibantu Assesor harus netral dan tidak memiliki kepentingan. Karena itu, jabatan Assesor dinilai sangat penting mengingat Assessment Center sangat dibutuhkan. Kini Kanreg X BKN sudah membangun dan meresmikan Gedung Assessment Center sehingga diharapkan melalui sosialisasi ini, para pejabat di Instansi Daerah dan Vertikal dapat mengenal Assessment Center lebih jauh.

a 2

Diah Kusuma Ismuwardhani, S.Psi, M.Si (berdiri) memaparkan tentang Kompetensi Kepegawaian

Sementara itu Diah Kusuma Ismuwardhani dalam kesempatan ini memaparkan tentang Kompetensi Kepegawaian. Dijelaskan bahwa terdapat faktor penentuan kompetensi, yakni kinerja, hasil nyata dari sebuah pekerjaan, berorientasi pada hasil serta kreatif menciptakan solusi. Hasil penilaian kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan dalam Assessment Center yang merupakan investasi besar bagi organisasi. Pemanfaatan nilai kompetensi tersebut merupakan tanggung jawab individu dan organisasi. Hasil penilaian kompetensi tersebut dapat dijadikan bahan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Diungkapkan pula, penilaian kompetensi dapat digunakan dalam seleksi rekrutmen pegawai baru , rekrutmen pejabat serta pemetaan (job fitting) yakni mutasi dan pengembangan pegawai.

a 3

Sejarah Assessment Center menjadi salah satu materi pilihan yang dipaparkan Ima Pravita Saraswati (berdiri)

Selain itu, Ima Pravita Saraswati dalam kegiatan ini menjelaskan mengenai sejarah Assessment Center serta sarana prasarana yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan uji kompetensi perekrutan pegawai dalam Assessment Center.

Usai diskusi , para peserta diajak langsung melakukan simulasi di ruang Assessment Center sehingga dapat lebih mengetahui dan mengerti bagaimana tahapan yang dilaksanakan dalam penilaian kompetensi pegawai melalui Assessment Center (IRN).

a 4

Para peserta sosialisasi melakukan simulasi dengan mengerjakan soal kompetensi kepegawaian
Read more