Kanreg X BKN Sosialisasikan Assessment Center

Denpasar. Sebagai tindak lanjut diresmikannya Assessment Center, Kanreg X Denpasar pada Senin (16/11) menggelar Sosialisasi Assessment Center dengan  menghadirkan narasumber Diah Kusuma Ismuwardhani, S.Psi, M.Si selaku Kabid.Perencanaan dan Penyelenggaraan Penilaian Kompetensi dan Ima Pravita Saraswati, S.Psi selaku Assessor Muda Pusat Pengembangan Kompetensi ASN. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Drs.Theodorus Darius Lusi, M.Si selaku Kabid.Pengembangan dan Supervisi Kepegawaian di Ruang Rapat Lantai 2 Gedung Utama.

a 1

Drs.Theodorus Darius Lusi, M.Si (tengah) menyampaikan sambutan

Dalam sambutannya, Theodorus menyampaikan, bahwa dalam penempatan jabatan disyaratkan adanya seleksi yang berdasar pada UU ASN. Panitia Seleksi yang dibantu Assesor harus netral dan tidak memiliki kepentingan. Karena itu, jabatan Assesor dinilai sangat penting mengingat Assessment Center sangat dibutuhkan. Kini Kanreg X BKN sudah membangun dan meresmikan Gedung Assessment Center sehingga diharapkan melalui sosialisasi ini, para pejabat di Instansi Daerah dan Vertikal dapat mengenal Assessment Center lebih jauh.

a 2

Diah Kusuma Ismuwardhani, S.Psi, M.Si (berdiri) memaparkan tentang Kompetensi Kepegawaian

Sementara itu Diah Kusuma Ismuwardhani dalam kesempatan ini memaparkan tentang Kompetensi Kepegawaian. Dijelaskan bahwa terdapat faktor penentuan kompetensi, yakni kinerja, hasil nyata dari sebuah pekerjaan, berorientasi pada hasil serta kreatif menciptakan solusi. Hasil penilaian kompetensi tersebut dapat dimanfaatkan dalam Assessment Center yang merupakan investasi besar bagi organisasi. Pemanfaatan nilai kompetensi tersebut merupakan tanggung jawab individu dan organisasi. Hasil penilaian kompetensi tersebut dapat dijadikan bahan untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Diungkapkan pula, penilaian kompetensi dapat digunakan dalam seleksi rekrutmen pegawai baru , rekrutmen pejabat serta pemetaan (job fitting) yakni mutasi dan pengembangan pegawai.

a 3

Sejarah Assessment Center menjadi salah satu materi pilihan yang dipaparkan Ima Pravita Saraswati (berdiri)

Selain itu, Ima Pravita Saraswati dalam kegiatan ini menjelaskan mengenai sejarah Assessment Center serta sarana prasarana yang digunakan untuk mendukung pelaksanaan uji kompetensi perekrutan pegawai dalam Assessment Center.

Usai diskusi , para peserta diajak langsung melakukan simulasi di ruang Assessment Center sehingga dapat lebih mengetahui dan mengerti bagaimana tahapan yang dilaksanakan dalam penilaian kompetensi pegawai melalui Assessment Center (IRN).

a 4

Para peserta sosialisasi melakukan simulasi dengan mengerjakan soal kompetensi kepegawaian