Monthly Archives May 2016

Kedua Kalinya Pemkab. Buleleng Manfaatkan Assessment Center Untuk Seleksi JPT

Denpasar. Berdasar Keputusan Bupati Buleleng Nomor 821.2/929/ BKD Tanggal 1 April 2016 tentang Pengangkatan dan Mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng, maka Pemkab. Buleleng melaksanakan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dengan memanfaatkan Assessment Center Kanreg X BKN untuk kedua kalinya. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris BKD Kab.Buleleng Ni Nyoman Wiratini dalam pembukaan Seleksi JPT Kab. Buleleng pada Selasa (30/05) di Ruang Rapat Kakanreg.

AC1Ni Nyoman Wiratini (memegang mic) saat memberikan penjelasan disela-sela pembukaan Ujian Seleksi JPT Pemkab.Buleleng

Lebih lanjut Ni Nyoman Wiratini menjelaskan bahwa jabatan yang akan diseleksi yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab.Buleleng, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kab.Buleleng dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab.Buleleng. Sementara Peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 19 orang. 4 orang diantaranya mengikuti seleksi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab.Buleleng, 4 orang mengikuti seleksi Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kab.Buleleng  dan 11 orang mengikuti seleksi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab.Buleleng. Sebelumnya, seluruh peserta telah mengikuti wawancara dengan panitia seleksi dari Pemkab. Buleleng pada tanggal 23 dan 24 mei 2016.

ac3Drs. Made Ardita M.Si (tengah) saat menyampaikan sambutan

Sementara dalam sambutannya Kepala Kanreg X BKN Drs. Made Ardita M.Si menyampaikan bahwa Assessment Center ini digunakan untuk mengetahui kompetensi calon Pejabat Tinggi Pratama, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan. Hasilnya pun lebih transparan, obyektif dan akuntabel. Dengan demikian, seluruh peserta dapat memiliki kesempatan luas dalam mendapatkan jabatan. Dalam hal ini, pimpinan hanya akan memaparkan hasil tersebut, sehingga dapat diketahui mana yang memenuhi standar kompetensi.

AC2      Salah satu peserta tampak serius mengerjakan soal ujian psikometri

Seleksi JPT di lingkungan Pemkab. Buleleng ini akan dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama, seluruh peserta harus mengik   uti tes psikologi seperti psikometri, Tes DISC (Dominance Influence Steadiness dan Compliance), Proposal Writing, wartegg dan papikostik bertempat di  Ruang Ujian Assessment Center Kanreg X BKN. Pada siang harinya dilanjutkan dengan Leaderless Group Discussion (LGD) yang diadakan di Ruang Diskusi. Sementara pada hari kedua akan dilaksanakan tes wawancara di Ruang Individu. (IRN)

Read more

Kanreg X BKN Meriahkan HUT BKN ke 68 Dengan Kesederhanaan

Denpasar. Setelah menggelar serangkaian kegiatan seperti donor darah dan bakti sosial, akhirnya Kanreg X BKN menggelar acara puncak HUT BKN ke 68 pada Senin (30/05) bertempat di Lantai 3 Aula Gedung Tata naskah. Tak hanya dimeriahkan dengan beberapa pertunjukan yang merupakan persembahan dari sejumlah pegawai di Kanreg X BKN, acara juga terlihat semarak dengan adanya photoboot yang terletak di dekat pintu masuk aula serta pohon harapan yang berisi segala harapan dari seluruh pegawai yang diberikan untuk BKN menginjak usianya ke 68.

Dalam sambutannya, Kepala Kanreg X BKN Drs. Made Ardita M.Si memotivasi seluruh pegawai untuk terus berinovasi dan terus mengembangkan wawasannya melalui berbagai pelatihan maupun pendidikan. Tak hanya di dalam negeri, namun juga dapat melakukan pendidikan hingga ke luar negeri, yang salah satunya melalui program beasiswa. Selain itu, juga dapat dilakukan melalui rotasi dan mutasi pekerjaan, sehingga pemikiran pun tidak sempit.

HUT1Penyerahan tumpeng dari Kepala Kanreg X BKN kepada pegawai termuda di lingkungan Kanreg X BKN

Usai sambutan,  Kepala Kanreg X BKN dengan didampingi Kepala Bidang melakukan pemotongan tumpeng yang kemudian diserahkan kepada pegawai termuda di lingkungan Kanreg X BKN. Dalam acara ini diumumkan pula para pemenang Lomba Foto dalam rangka memperingati HUT BKN ke 68  kategori Terfavorit serta pemenang utama Juara 1,2 dan 3.

HUT2Usai penyerahan hadiah, para pemenang Juara Lomba Foto melakukan foto bersama Kepala Kanreg X BKN

Menginjak siang, acarapun semakin meriah dengan pertunjukan senam Zumba yang dipersembahkan oleh 6 orang pegawai Kanreg X BKN serta pembagian door prize. Nomor undian door prize ini sebelumnya telah dimasukkan dalam balon warna-warni yang diletakkan di depan panggung. Untuk mendapatkan nomor tersebut, seluruh peserta harus memecahkan balon. Bagi yang memperoleh nomor undian 1 hingga 20 berhak mendapatkan hadiah. Menutup acara HUT BKN ke 68, panitia juga menyelenggarakan tukar kado. (IRN/YDN)

HUT5Ekspresi senang salah satu peserta saat memperoleh undian door prize
Read more

Menginjak Usia 68, BKN Fokus Reformasi Manajemen ASN Dan Reformasi Pelayanan Kepegawaian

bkn3

Denpasar. Pada tanggal 30 Mei 2016 ini, Badan Kepegawaian Negara genap berusia 68 Tahun. Usia 68 tahun merupakan rentang waktu yang cukup panjang bagi Badan Kepegawaian Negara dalam rangka turut serta secara aktif membangun Bangsa dan Negara Republik Indonesia melalui pembinaan dan penyelenggaraan manajemen kepegawaian negara. Hal tersebut disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana melalui sambutan yang dibacakan Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita M.Si dalam Upacara Bendera memperingati HUT BKN ke 68 pada Senin (30/05).

Lebih lanjut disampaikan, BKN tetap berusaha konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi untuk secara terus-menerus berbenah diri dan berkembang ke arah yang lebih baik. “Reformasi Manajemen Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Pelayanan Kepegawaian merupakan fokus prioritas Reformasi Birokrasi Badan Kepegawaian Negara saat ini dan ke depan, dalam mewujudkan Aparatur Sipil Negara yang Profesional dan Berdaya Saing Global” tegas Made Ardita.

BKN1Drs. Made Ardita M.Si saat menyampaikan sambutan Kepala BKN dalam rangka HUT BKN ke 68

Selain itu, dalam menghadapi perkembangan dan dinamika lingkungan strategis yang kian pesat, Badan Kepegawaian Negara telah melaksanakan langkah-langkah prioritas ke depan, diantaranya Pembenahan database ASN melalui Sensus Kepegawaian secara Online (e-PUPNS), Pelaksanaan kegiatan assessment secara masif untuk para Pejabat Pimpinan Tinggi di Instansi Pusat dan Daerah, Sistem Penilaian Kinerja ASN berbasis elektronik (e-Kinerja) serta menciptakan Sistem Pelayanan Prima di seluruh jenis Layanan Kepegawaian.

BKN2Drs. Made Ardita M.Si melakukan Penyematan Satyalancana Karya Satya 20 tahun

Dalam Upacara Bendera memperingati HUT BKN ke 68 ini digelar pula penyerahan penghargaan Satyalancana Karya Satya 20 tahun, penyerahan SK Kenaikan Pangkat serta penyerahan SK PNS kepada 15 CPNS di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar. (IRN)

Read more

Pengumuman Pelelangan Sederhana Pengadaan Alat Pengolah Data Pada Kantor Regional X BKN

Berikut kami sampaikan Pengumuman Pemenang Pengadaan Alat Pengolah Data pada Kantor Regional X BKN Nomor: 02/UMP/ PLE/KR.X/V/2016 Tanggal 30 Mei 2016.

Read more

Seleksi Calon Mahasiswa Gelombang II, STIN Gunakan CAT

Denpasar. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Angkatan 2016/2017 untuk gelombang kedua yang pendaftaran onlinenya dibuka pada awal Mei 2016. Sementara untuk pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD), STIN memanfaatkan sistem Computer Assisted Test (CAT)  yang hanya dilaksanakan di dua tempat, yakni Kanreg X BKN Denpasar yang beralamat di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai No.646, Pesanggaran , Denpasar dan di Kanreg IX BKN Jayapura Jalan Baru No.100/B Kota Raja, Jayapura.

Secara keseluruhan, Pelaksanaan TKD di Kanreg X BKN Denpasar pada Rabu (25/05) berjalan dengan lancar. Dari total 269 peserta, yang mengikuti TKD sejumlah 140 peserta. TKD yang diikuti peserta dari berbagai kota di Indonesia ini dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, TKD diikuti 51 peserta, sesi kedua 47 peserta dan sesi ketiga diikuti 42 peserta. Sebelum memasuki ruang CAT, seluruh peserta harus melakukan registrasi untuk mencocokkan identitas peserta dengan data panitia. Usai menunggu dengan tegang, seluruh peserta pun memasuki ruang CAT untuk selanjutnya diberi pengarahan sebelum memulai ujian. Suasana tegang pun terlihat saat ujian dimulai.

STIN

Sama seperti tes pada umumnya,  soal ujian pada TKD ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai ambang batas minimal 70, Tes Inteligensia Umum (TIU) 75 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas minimal 126. Dengan menggunakan sistem CAT , masing-masing peserta dapat langsung mengetahui nilai yang diperoleh usai menjawab seluruh soal ujian, sehingga dapat mengetahui lulus tes atau tidak.

Usai pelaksanaan tiap sesi TKD, pihak STIN pun langsung mengumumkan para peserta yang dinyatakan lulus tes dan dapat mengikuti seleksi selanjutnya. (IRN)

Read more