Seleksi Calon Mahasiswa Gelombang II, STIN Gunakan CAT

Denpasar. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara) membuka penerimaan mahasiswa baru Tahun Angkatan 2016/2017 untuk gelombang kedua yang pendaftaran onlinenya dibuka pada awal Mei 2016. Sementara untuk pelaksanaan Tes Kemampuan Dasar (TKD), STIN memanfaatkan sistem Computer Assisted Test (CAT)  yang hanya dilaksanakan di dua tempat, yakni Kanreg X BKN Denpasar yang beralamat di Jalan By Pass I Gusti Ngurah Rai No.646, Pesanggaran , Denpasar dan di Kanreg IX BKN Jayapura Jalan Baru No.100/B Kota Raja, Jayapura.

Secara keseluruhan, Pelaksanaan TKD di Kanreg X BKN Denpasar pada Rabu (25/05) berjalan dengan lancar. Dari total 269 peserta, yang mengikuti TKD sejumlah 140 peserta. TKD yang diikuti peserta dari berbagai kota di Indonesia ini dibagi menjadi tiga sesi. Pada sesi pertama, TKD diikuti 51 peserta, sesi kedua 47 peserta dan sesi ketiga diikuti 42 peserta. Sebelum memasuki ruang CAT, seluruh peserta harus melakukan registrasi untuk mencocokkan identitas peserta dengan data panitia. Usai menunggu dengan tegang, seluruh peserta pun memasuki ruang CAT untuk selanjutnya diberi pengarahan sebelum memulai ujian. Suasana tegang pun terlihat saat ujian dimulai.

STIN

Sama seperti tes pada umumnya,  soal ujian pada TKD ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai ambang batas minimal 70, Tes Inteligensia Umum (TIU) 75 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas minimal 126. Dengan menggunakan sistem CAT , masing-masing peserta dapat langsung mengetahui nilai yang diperoleh usai menjawab seluruh soal ujian, sehingga dapat mengetahui lulus tes atau tidak.

Usai pelaksanaan tiap sesi TKD, pihak STIN pun langsung mengumumkan para peserta yang dinyatakan lulus tes dan dapat mengikuti seleksi selanjutnya. (IRN)