Kedua Kalinya Pemkab. Buleleng Manfaatkan Assessment Center Untuk Seleksi JPT

Denpasar. Berdasar Keputusan Bupati Buleleng Nomor 821.2/929/ BKD Tanggal 1 April 2016 tentang Pengangkatan dan Mutasi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng, maka Pemkab. Buleleng melaksanakan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dengan memanfaatkan Assessment Center Kanreg X BKN untuk kedua kalinya. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris BKD Kab.Buleleng Ni Nyoman Wiratini dalam pembukaan Seleksi JPT Kab. Buleleng pada Selasa (30/05) di Ruang Rapat Kakanreg.

AC1Ni Nyoman Wiratini (memegang mic) saat memberikan penjelasan disela-sela pembukaan Ujian Seleksi JPT Pemkab.Buleleng

Lebih lanjut Ni Nyoman Wiratini menjelaskan bahwa jabatan yang akan diseleksi yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab.Buleleng, Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kab.Buleleng dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab.Buleleng. Sementara Peserta yang mengikuti seleksi sebanyak 19 orang. 4 orang diantaranya mengikuti seleksi Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kab.Buleleng, 4 orang mengikuti seleksi Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian Kab.Buleleng  dan 11 orang mengikuti seleksi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab.Buleleng. Sebelumnya, seluruh peserta telah mengikuti wawancara dengan panitia seleksi dari Pemkab. Buleleng pada tanggal 23 dan 24 mei 2016.

ac3Drs. Made Ardita M.Si (tengah) saat menyampaikan sambutan

Sementara dalam sambutannya Kepala Kanreg X BKN Drs. Made Ardita M.Si menyampaikan bahwa Assessment Center ini digunakan untuk mengetahui kompetensi calon Pejabat Tinggi Pratama, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan. Hasilnya pun lebih transparan, obyektif dan akuntabel. Dengan demikian, seluruh peserta dapat memiliki kesempatan luas dalam mendapatkan jabatan. Dalam hal ini, pimpinan hanya akan memaparkan hasil tersebut, sehingga dapat diketahui mana yang memenuhi standar kompetensi.

AC2      Salah satu peserta tampak serius mengerjakan soal ujian psikometri

Seleksi JPT di lingkungan Pemkab. Buleleng ini akan dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama, seluruh peserta harus mengik   uti tes psikologi seperti psikometri, Tes DISC (Dominance Influence Steadiness dan Compliance), Proposal Writing, wartegg dan papikostik bertempat di  Ruang Ujian Assessment Center Kanreg X BKN. Pada siang harinya dilanjutkan dengan Leaderless Group Discussion (LGD) yang diadakan di Ruang Diskusi. Sementara pada hari kedua akan dilaksanakan tes wawancara di Ruang Individu. (IRN)