Monthly Archives August 2016

Menyusul, Pemkab. Jembrana Lakukan Pemetaan JPT Pratama

Denpasar. “Pemkab. Jembrana telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk melakukan pemetaan jabatan dan sebagai evaluasinya akan diadakan mutasi serta rolling jabatan. Kegiatan ini juga bisa dikatakan Job Fitting, seperti halnya pasangan yang akan menikah, mereka harus mencoba baju untuk pernikahan terlebih dahulu. Pada prinsipnya, dengan langkah awal pemetaan ini maka betul-betul menjadi evaluasi bagi pihak Pemkab dan bagi pejabat yang akan dimutasi diharapkan dapat menempati posisinya sesuai dengan kompetensi.” Hal tersebut diungkapkan Kepala Kanreg X BKN Denpasar Drs. Made Ardita, M.Si dalam sambutannya sebelum membuka pelaksanaan Penilaian Kompetensi Pemetaan JPT Pratama Pemkab. Jembrana.

fb3Suasana saat Kakanreg X BKN menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Penilaian Kompetensi Pemetaan JPT Pratama Pemkab. Jembrana

Disampaikan lebih lanjut, pemetaan jabatan melalui Assessment Center ini pertama kali diikuti oleh pihak Pemkab. Buleleng, kemudian Pemprov. Bali. Tak hanya Bali, NTB dan NTT juga sudah melakukan pemetaan jabatan. Made Ardita berharap seluruh peserta dapat mengikuti Penilaian Kompetensi ini dengan lancar. “Tidak perlu takut atau khawatir mengikuti tes kompetensi ini. Enjoy aja, karena tidak ada jawaban benar atau salah” ungkapnya.

fb10Para peserta dengan tenang menjawab soal psikometri dalam Penilaian Kompetensi Pemetaan JPT Pratama Pemkab. Jembrana

Penilaian Kompetensi Pemetaan JPT Pratama Pemkab. Jembrana ini diikuti oleh 18 peserta yang merupakan eselon II di lingkungan Pemkab. Jembrana dan akan diadakan selama 3 (tiga) hari, yakni 25 hingga 27 Agustus 2016. Tes yang diujikan pada Kamis (25/08) antara lain CFIT  (Culture Fair Intelegence Test), Proposal Writing, DISC (Dominance, Inducement, Submission, and Compliance), Wartegg dan grafis. Selain tes tertulis, seluruh peserta juga harus mengikuti LGD (Leaderless Group Discussion) yang dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok. Sementara pada hari berikutnya akan dilanjutkan dengan tes wawancara. (IRN)

Read more

Semarakkan HUT Kemerdekaan RI, Pegawai Kanreg X BKN Ikuti Jalan Sehat Merdeka

jalan2

Denpasar. Usai melaksanakan Jumat bersih pada 5 Agustus lalu, Kanreg X BKN kembali menggelar kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 71 dengan menggelar Jalan Sehat Merdeka. Jumat pagi (19/08), para pegawai serta beberapa siswa PKL terlihat sudah ramai memenuhi lapangan volly Kanreg X BKN untuk melakukan persiapan jalan sehat merdeka.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pengembangan dan Supervisi Drs. Theodorus Darius Lusi, M.Si mewakili Kepala Kantor Regional X BKN, memberi semangat kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan jalan sehat ini hingga selesai. Karena selain dapat bermanfaat menyehatkan tubuh, jalan sehat juga merupakan salah satu kegiatan positif untuk menumbuhkan rasa kebersamaan diantara seluruh pegawai. Sementara rute jalan sehat ini diawali dari Kanreg X BKN dan berhenti di pos pemberhentian yakni di jembatan serangan, kemudian finish di Kanreg X BKN. Diharapkan, seluruh pegawai dapat mengikuti kegiatan dari awal hingga selesai dan keseluruhan kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

jalan1Drs. Theodorus Darius Lusi, M.Si (memegang terompet) saat membuka kegiatan Jalan Sehat Merdeka

Usai memberikan sambutan, Theodorus Darius Lusi membunyikan terompet, sebagai tanda dimulainya jalan sehat. Barisan diawali dari Bidang Pengangkatan dan Pensiun, kemudian diikuti pegawai dari bidang lainnya. Karena melalui jalan raya, seluruh pesertapun berbaris agar tidak menggangggu jalannya lalu lintas. Memasuki kawasan serangan, jalanan mulai terlihat sepi kendaraan. Di sekitar kawasan ini terlihat pohon cemara yang tinggi menjulang menambah segarnya udara di pagi hari. Beberapa peserta terlihat ada yang berjalan santai sambil menikmati pemandangan sekitar, namun ada pula yang berlari-lari kecil sehingga dapat lebih cepat sampai di pos untuk beristirahat.

Tiba di pos pemberhentian, yang tak jauh dari jembatan serangan, para peserta memberikan potongan kupon undian kepada panitia dan memasukkan ke dalam kotak yang telah disiapkan pihak panitia. Dari jembatan ini terlihat beberapa kapal yang tengah berlabuh. Tak ingin melewatkan pemandangan alam yang indah, seluruh peserta dan panitia menyempatkan diri berfoto bersama di jembatan serangan. Puas berfoto, seluruh peserta kembali berjalan ke arah jalan raya menuju Kanreg X BKN.

jalan3Beberapa peserta terlihat berjalan di pinggir jalan raya mengikuti rute yang telah ditentukan

Tak lama setelah seluruh peserta kembali berkumpul, panitia segera melakukan pengundian hadiah hiburan dan hadiah utama. Tak hanya pegawai, siswa PKL dan Cleaning Servicepun kebagian hadiah undian yang sebagian dari sponsor kegiatan. (IRN/YDN)

Read more

Peringati Kemerdekaan RI Ke 71, Pemerintah Berkomitmen Bekerja Nyata

up2

Denpasar. “Peringatan hari Kemerdekaan tahun ini, hendaknya dijadikan momentum untuk meningkatkan jiwa patriotisme, dengan menggugah semangat dan kemauan untuk bekerja lebih keras dalam mengemban tugas negara. Sesuai dengan tema HUT RI ke 71 yakni “Indonesia Kerja Nyata,” yang memiliki pesan agar pemerintah memiliki komitmen bekerja secara nyata dengan sikap mengutamakan transparansi dan informatif, serta mengajak seluruh lapisan masyarakat agar  bersatu padu dan terlibat aktif dalam memajukan dan mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.” Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Negara dalam sambutannya, yang dibacakanKepala Kanreg X BKN Denpasar, Drs. Made Ardita M.Si dalam Upacara Memperingati Hut Ke 71 Kemerdekaan RI pada Rabu (17/08).

up1Suasana saat Kakanreg menyampaikan sambutan Kepala BKN dalam upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71

Lebih lanjut disampaikan pula bahwa menjadi tugas dan tanggung jawab BKN sebagai instansi pembina dan penyelenggara manajemen kepegawaian memenuhi harapan masyarakat mewujudkan kinerja ASN yang profesional, berintegritas dan melayani serta bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Hal-hal tersebut tidak dapat terpenuhi tanpa adanya “Kerja Nyata” yang dibarengi dengan tekad kuat, program kerja yang jelas dan terencana serta efektif dan efisien.

Kepala BKN juga mengajak seluruh pegawai BKN untuk meningkatkan kreatifitas dan berinovasi, membangun team work serta giat melakukan perubahan kinerja ke arah yang lebih baik, sehingga mampu meraih prestasi.

Seluruh pegawai serta siswa PKL di lingkungan Kanreg X BKN Denpasar mengikuti jalannya upacara bendera memperingati Hari Ulang Tahun ke 71 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan khidmat.  Dalam upacara ini dilakukan pula penyerahan penghargaan Satyalancana Karya Satya Dua Puluh Tahun kepada Winarsih, SE selaku Kasi. Mutasi Instansi Kabupaten/Kota Kanreg X BKN Denpasar. (IRN)

up3Drs. Made Ardita M.Si (kanan) melakukan penyematan pin Satyalancana Karya Satya kepada Winarsih, SE (kiri)
Read more

Asman Abnur : Perubahan Itu Pasti Dimulai Dari Atas

Denpasar. “Perubahan itu pasti dimulai dari atas, bukan dari bawah. Kita mau berubah, daerah juga pasti akan berubah. Tidak usah melakukan perubahan yang besar-besar, tapi kita bisa mewujudkan apa yang kita inginkan.” Hal tersebut disampaikan Asman Abnur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) saat memberikan pengarahan di BKN Pusat sekaligus teleconference dengan Kantor Regional BKN di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Asman Abnur  memberikan motivasi untuk bersama-sama  membangun BKN. Satu sama lain punya satu tekad dalam memperbaiki sistem layanan kepegawaian. Jika BKN sudah membangun, maka sistem yang sudah dibangun tersebut harus disambungkan dengan jaringan di daerah, selanjutnya daerah menyesuaikan sistem dan gubernur pun diharapkan akan lebih terpacu. Rencananya Jawa Tengah , Jawa Timur dan Yogyakarta akan dijadikan role model. Ke depan, seluruh propinsi akan mengacu pada role model yang sudah ditunjuk dan orang daerah tidak perlu lagi ke pusat untuk mengurus berkas kenaikan pangkat atau pensiun.

Asman juga mengajak BKN untuk bekerja secara luar biasa. “Khusus utk kepegawaian, kita memang ditantang dalam waktu yang pendek harus membuat proposal, pelayanan yang optimal dan praktis. Untuk itu tidak bisa bekerja seperti biasa, kita harus bekerja luar biasa. Saya berpikir sudah saatnya harus mulai dibenahi. Saya ingin semua yang menjadi halangan kita terobos. Apa yang menjadi keinginan kita realisasikan sampai itu menjadi contoh. Tidak perlu yang besar atau banyak” tegasnya. (IRN)

Read more

Kanreg X BKN Warnai Peringatan HUT Kemerdekaan RI Dengan Kegiatan Sosial

donor1

Denpasar. Mewarnai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 71, Kanreg X BKN Denpasar menggelar sejumlah kegiatan diantaranya kegiatan sosial berupa donor darah, bekerjasama dengan Unit Tranfusi Darah PMI Provinsi Bali. Antusias peserta mengikuti kegiatan donor darah ini juga cukup tinggi.

Sebelum membuka kegiatan secara resmi, Kepala Kantor Regional X BKN Drs. Made Ardita M.Si dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya karena masih dapat menikmati kemerdekaan RI, yang tak lepas dari perjuangan para pahlawan. Sebagai generasi penerus bangsa, Made Ardita mengajak untuk turut berperan mengisi kemerdekaan, salah satunya dengan mengimplementasikan sikap rela berkorban dalam kegiatan donor darah. “Kita anak bangsa agar ikut berperan mengisi kemerdekaan sebagai bentuk rasa menghargai perjuangan para pahlawan. Salah satunya dengan melakukan donor darah sebagai implementasi sikap rela berkorban dan tulus ikhlas para pahlawan dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI.”

donor4Drs. Made Ardita M.Si saat membuka secara resmi kegiatan donor darah

Sementara itu, Dr. I Putu Winaya selaku salah satu perwakilan dari PMI Provinsi Bali menyampaikan rasa terimakasihnya atas digelarnya kegiatan donor darah yang digelar Kanreg X BKN Denpasar.” Donor darah merupakan suatu kegiatan kemanusiaan karena dapat menolong saudara kita yang sangat membutuhkan darah. Untuk itu, kami mewakili PMI Provinsi Bali mengucapkan banyak terimakasih.”

donor5Donor darah tidak hanya bermanfaat untuk orang yang membutuhkan darah, tetapi juga untuk kesehatan sang pendonor

Sebelum melakukan donor darah, pendonor harus melakukan pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah dan cek darah. Selain itu, pendonor juga harus mengisi formulir seputar penyakit yang pernah diderita.

Antusias peserta dalam kegiatan donor darah kali ini cukup tinggi. Sebelumnya, donor darah yang digelar pada Bulan Mei Tahun 2016 dalam rangka memperingati HUT BKN ke 68 hanya diikuti 28 peserta. Namun  pada donor darah yang digelar Selasa (09/08) kemarin meningkat sejumlah 35 peserta. (IRN)

Read more