Asman Abnur : Perubahan Itu Pasti Dimulai Dari Atas

Denpasar. “Perubahan itu pasti dimulai dari atas, bukan dari bawah. Kita mau berubah, daerah juga pasti akan berubah. Tidak usah melakukan perubahan yang besar-besar, tapi kita bisa mewujudkan apa yang kita inginkan.” Hal tersebut disampaikan Asman Abnur Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN RB) saat memberikan pengarahan di BKN Pusat sekaligus teleconference dengan Kantor Regional BKN di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Asman Abnur  memberikan motivasi untuk bersama-sama  membangun BKN. Satu sama lain punya satu tekad dalam memperbaiki sistem layanan kepegawaian. Jika BKN sudah membangun, maka sistem yang sudah dibangun tersebut harus disambungkan dengan jaringan di daerah, selanjutnya daerah menyesuaikan sistem dan gubernur pun diharapkan akan lebih terpacu. Rencananya Jawa Tengah , Jawa Timur dan Yogyakarta akan dijadikan role model. Ke depan, seluruh propinsi akan mengacu pada role model yang sudah ditunjuk dan orang daerah tidak perlu lagi ke pusat untuk mengurus berkas kenaikan pangkat atau pensiun.

Asman juga mengajak BKN untuk bekerja secara luar biasa. “Khusus utk kepegawaian, kita memang ditantang dalam waktu yang pendek harus membuat proposal, pelayanan yang optimal dan praktis. Untuk itu tidak bisa bekerja seperti biasa, kita harus bekerja luar biasa. Saya berpikir sudah saatnya harus mulai dibenahi. Saya ingin semua yang menjadi halangan kita terobos. Apa yang menjadi keinginan kita realisasikan sampai itu menjadi contoh. Tidak perlu yang besar atau banyak” tegasnya. (IRN)